Home / Kabar Daerah

Selasa, 19 September 2023 - 07:14 WIB

Masyarakat Sumbar Terima 10.100 Ha SK TORA

Wawan Hermawan - Penulis

TVDesa – Jakarta : Lahan seluas 10.100 Ha yang menjadi bagian dari Tanah Objek Reformasi Agraria (TORA), diserahterimakan dari negara kepada masyarakat Sumatera Barat (Sumbar), pada acara puncak festival LIKE (Lingkungan – Iklim – Kehutanan – Energi EBT) di Indonesia Arena, Gelora Bung Karno (GBK), Senin (18/09/2023).

“Lahan tersebut akan didistribusikan ke sejumlah daerah di Sumbar, yakni, Kabupaten Pasaman; Pasaman Barat; Limapuluh kota; Sijunjung; Dharmasraya; Tanah Datar; Solok Selatan dan terakhir Kota Sawahlunto,” terang Mahyeldi Ansharullah, Gubernur Sumbar, usai menerima Surat Keputusan (SK) TORA untuk Sumbar dari Presiden RI Joko Widodo.

Lebih lanjut terkait dengan TORA Gubernur mengaku, dirinya mendapat amanah khusus dari Presiden untuk melakukan pendampingan intensif, agar para penerima SK menjadi lebih baik dari segi kapasitas kelembagaan, tata kelola hutan, dan kesempatan berusaha.

Baca Juga |  Kapolrestabes Surabaya bersama PJU Lakukan Pengecekan Gereja dan Stasiun KA jelang Nataru

“Mereka juga diharapkan bisa lebih efektif dalam manajemen usaha kelompok. Supaya tujuan pemerintah untuk menjadikan masyarakat Indonesia lebih produktif melalui Program TORA dapat tercapai,” tambah Mahyeldi.

Secara national, hingga September 2023 ini, program Perhutanan Sosial dari Pemerintah pusat, telah menerbitkan SK untuk lahan seluas 6,37 juta Ha., yang peruntukan smmenjangkau 1,29 juta Kepala Keluarga (KK) yang tergabung dalam 9.642 kelompok perhutanan di Indonesia.

Usai menerima SK tersebut, Gubernur pun menegaskan bahwa upaya rehabilitasi hutan serta pemanfaatan kawasan hutan di Sumbar terus menjadi pokok perhatiannya saat ini.

“Sebagaimana arahan Bapak Presiden, terkait SK-SK yang telah diterima, akan dipantau pemanfaatannya. Sehingga, ada potensi untuk dicabut SK itu kalau tidak dimanfaatkan sesuai peruntukan dan ketentuannya,” ucap Gubernur Mahyeldi.

Sementara itu, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya Bakar dalam laporannya menyampaikan, Festival LIKE merupakan agenda kolektif pembangunan di sektor pembangunan lingkungan hidup dan kehutanan, serta terkait iklim dan energi baru-terbarukan, yang mengusung tema Masyarakat Sejahtera Alam Lestari.

Baca Juga |  Penyuluhan Hukum Salah Satu Sasaran Kegiatan Non Fisik TMMD Ke-116 Kodim 1607/Sumbawa

“Kegiatan ini diikuti oleh kelompok dan komunitas dari segala bidang, mulai dari kelompok perhutanan sosial, kelompok rehabilitasi hutan dan lahan, konservasi, pemulung dan pengelola sampah, pengelola bank sampah, kalangan pendidik, akademisi dan penyuluh, pembina daerah, dunia usaha dan asosiasi, serta artis pendamping dan generasi muda. Tercatat sebanyak 16.233 peserta turut hadir pada puncak acara ini,” ucap Siti Nurbaya.

Mendampingi Gubernur Mahyeldi, nampak Kedishut Prov. Sumbar sekaligus Plt. Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda Prov. Sumbar, Yozawardi dan Kepala Biro Administrasi Pimpinan Setda Prov. Sumbar, Mursalim.

Berita ini 32 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Daerah

Agus Budi Santoso Gelar Karya “Jejak Fotografi Budaya”

Kabar Daerah

Kecamatan Koto Tangah Kota Padang Laksanakan MTQ ke 41

Kabar Daerah

Monev Website Desa Teraju dan Balai Belungai, Ini Hasilnya

Kabar Daerah

Tahun Ini, 109 Desa di Malinau Rampungkan Penataan Batas 

Kabar Daerah

6 Desa di Jatinangor Pamerkan Hasil OVOP

Kabar Daerah

293 Kades se-Banyumas Terima SK Perpanjangan Masa Jabatan

Kabar Daerah

Stakeholder Sumbar Diharapkan Terus Berkolaborasi Menjaga Lingkungan

Kabar Daerah

Gubernur Sumbar Wacanakan Normalisasi Sungai di Ngarai Sianok