Home / Kabar Daerah

Senin, 11 Desember 2023 - 08:56 WIB

12 Desa Ring 1 Blok Cepu, Latih Operator Siskeudes di Malang

Yadi - Redaksi Jakarta - Penulis

TVDesa – Bojonegoro : Sebanyak 12 desa yang berada di ring satu ladang minyak Banyu Urip, Blok Cepu, yakni Desa Gayam, Mojodelik, Bonorejo, Beged, Sudu, Manukan, Ngraho, Cengungklung, Katur, Ringintunggal, Begadon, dan Brabowan, masing-masing mengirimkan seorang operator Siskeudes (Sistem Keuangan Desa) untuk mengikuti pelatihan di Kota Malang selama dua hari, Sabtu-Minggu (09-10/12/2023)..

“Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan perangkat desa dalam pengelolaan keuangan desa dengan aplikasi Siskeudes,” terang Sumantri, Supervisor Kecamatan Gayam, mewakili Camat Gayam, seperti dilansir dari SuaraBanyuurip.com, Sabtu (09/12/2023).

Para operator dari masing-masing desa di Kecamatan Gayam tersebut, didampingi oleh Supervisor Kecamatan Gayam dan Supervisor Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bojonegoro. Dengan narasumber Drs. Khamim, MM dan Anyreza selaku Supervisor Siskeudes Kabupaten.

Baca Juga |  Desa Balawa Barito Timur Panen Singkong Tumpang Sari 7,44 Ton per Hektare

“Umumnya operator desa yang melaksanakan administrasi desa antara lain membuat perencanaan, penganggaran, penatausahaan, pertanggungjawaban dan pelaporan. Metode pendekatan yang ditawarkan untuk mencapai target luaran adalah pelatihan SISKEUDES bagi perangkat desa,” papar Sumantri.

Aplikasi Siskeudes rilis terbaru 2.0.6 merupakan aplikasi yang dikembangkan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dalam rangka meningkatkan kualitas tata kelola keuangan desa. Fitur-fitur yang ada dalam Siskeudes dibuat sederhana dan user friendly, sehingga memudahkan pengguna dalam mengoperasikan. Misalnya saja dengan proses penginputan sekali sesuai dengan transaksi yang ada, dapat menghasilkan output berupa dokumen penatausahaan dan laporan-laporan yang sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.

“Kelebihan dari aplikasi Siskeudes yaitu sesuai peraturan, memudahkan tata kelola keuangan desa, kemudahan dalam penggunaan aplikasi, dilengkapi dengan sistem pengendalian intern (built-in internal control) dan kelebihan yang terakhir yaitu didukung dengan petunjuk pelaksanaan implementasi serta manual aplikasi,” tandasnya.

Baca Juga |  Pemkab Malang Minta Kepala Desa Gali Potensi Ekonomi Wilayahnya

Menu-menu yang ada di aplikasi Siskeudes yaitu menu file, menu parameter, menu data entri, menu laporan, menu tools dan menu help. Nantinya yang akan sering digunakan oleh operator Siskeudes di desa yaitu menu data entri dan menu laporan.

“Aplikasi Siskeudes ini ada tambahan tool dan lebih mudah dalam pengoperasiannya,” sambung operator Siskeudes Ngraho, Abidin.

Follow WhatsApp Channel tvdesanews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 8 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Daerah

Desa Badak Mekar Ditetapkan sebagai Sumber Benih Aren Andalan Kaltim!

Kabar Daerah

13 Desa di Nias Utara Jadi Pelopor Perlindungan Jaminan Sosial Perangkat Desa

Kabar Daerah

Perkuat Ukhuwah dan Pencerahan Melalui Safari Dakwah Aswaja di Desa Talumopatu

Kabar Daerah

Mahyeldi : Sumbar Masih Kekurangan Dokter

Kabar Daerah

Botram Hadir di Desa Ciantra: Layanan Publik Makin Dekat dan Intens

Kabar Daerah

Satu Dasawarsa UU Desa, Kades Situbondo Rayakan Perpanjangan Masa Jabatan dengan Syukuran

Kabar Daerah

41 Sekdes di Garut Terima NIPD, Bukti Pengakuan Peran Perangkat Desa

Kabar Daerah

Banyuwangi Ethno Carnival 2024: Memukau dengan Keindahan Desa dan Budaya