Home / Kabar Desa

Jumat, 8 Oktober 2021 - 14:31 WIB

Ketua PKK Kota Makassar Kunjungi Desa Terbersih Ketiga Dunia

#Dian Purnama Putra - Penulis

TV Desa – Bali :  Pengelola desa Penglipuran, Inengah Moneng, nampak sibuk mendampingi serombongan team PKK Kota Makassar berkeliling desa.

“Desa ini terpilih sebagai desa terbersih ke tiga di dunia, dengan peran serta ibu-ibu rumah tangga. Dan, tentunya ilmu ini patut kader-kader PKK Makassar miliki. Kami sengaja mengajak seluruh anggota untuk berkunjung ke sana. Untuk melihat secara langsung, sebagai bekal dalam pembinaan kader,” ujar Indira Jusuf Ismail, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Makassar, Jumat (08/10/2021).

Di Penglipuran, rangkaian study comparative Tim Penggerak PKK Kota Makassar, diberikan kesempatan untuk menyaksikan lebih dekat, bagaimana ibu-ibu rumah tangga desa, mampu menjaga kebersihan lingkungan. Peran para perempuan desa Penglipuran, juga diperlihatkan dalam bentuk upaya aktif mereka memanfaatkan lahan pekarangan sebagai penunjang perekonomian keluarga, dengan menanam berbagai tanaman buah dan sayur-mayur.

Baca Juga |  Kelola Data Desa, Delik Tuntang Semarang Digelari Desa Cantik dari BPS

Selama study comparative, I Nengah Moneng, menjelaskan bahwa desa mereka memiliki lahan hutan bambu seluas 45 hektare. Bambu tersebut digunakan warga, untuk diolah dan dirangkai menjadi kerajinan anyaman. Demikian pula dengan daun-daun kering yang diolah sebagai kompos. Selanjutnya, untuk menjaga kebersihan desa, I Nengah Moneng menceritakan bahwa ibu-ibu rumah tangga telah memisahkan limbah organik dan non organik, sejak dari rumah mereka masing-masing.

Limbah organik, mereka manfaatkan sebagai pupuk, sedangkan limbah non organik, dikumpulkan dalam boks khusus, yang sudah dipersiapkan Dinas Lingkungan Hidup. Sementara untuk sampah plastik, diolah oleh TP PKK Desa Penglipuran bekerja sama dengan bank sampah, untuk menjemput sampah plastik warga.

Baca Juga |  Petani Desa Sibubut Terbantu Adanya Korporasi

Selain itu, ibu-ibu rumah tangga juga melakukan pembibitan berbagai tanaman hias, sebagai salah satu upaya peningkatan perekonomian masyarakat.

Dalam kunjungan kali ini, TP PKK Kota Makassar juga menyerahkan cenderamata hasil kerajinan enceng gondok, dari Makassar.

Berita ini 107 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Desa

Orientasi Tim Pendamping Keluarga Beresiko Stunting Tingkat Kecamatan Suwawa Selatan

Kabar Desa

Keuchik Cot Mane Bagikan Pupuk Gratis Untuk Petani

Kabar Desa

Kediaman Warga di Gurun Panjang Dapatkan Kunjungan Dinkes Pessel

Kabar Desa

Percepat Turunkan Stunting, Pemnag Padang Tarok Baso Gelar FGD

Kabar Desa

Gotong Royong, Warga Plabuhan Kembali Gelar Sedekah Desa

Kabar Desa

Tahun 2024, BUM Desa Bersama BSB Temon Mendapatkan Tambahan Modal Sebesar 300 Juta Rupiah

Kabar Desa

Biayai Kegiatan Warga, Kenokorejo Gunakan Reward PBB

Kabar Desa

Pemdes Pattiroang Bentuk Tim RKPDes anggaran 2025