Home / Kabar Desa

Rabu, 11 Agustus 2021 - 13:40 WIB

Desa Biga Salurkan BLT-DD Hingga Bulan Juli

Pena Labuan - Penulis

TV Desa – Biga : Bantuan Langsung Tunai (BLT) melalui program dana desa telah memasuki tahap kedua (periode Juni-Oktober). Dan saat ini pemerintah telah mengeluarkan kebijakan agar BLT-DD disalurkan hingga 3-4 bulan disetiap pencairan ke rekening desa. Kebijakan ini turun disebabkan masih banyak desa yang belum menyelesaikan penyaluran di tahap pertama, diakibatkan banyaknya tahapan proses administrasi yang perlu diselesaikan oleh desa, sebelum mengajukan permohonan dana BLT-DD dibulan berikutnya.

Kemudahan ini disambut baik oleh Dinas PMD Kabupaten Parigi Moutong, sehingga dalam prosesnya Dinas PMD segera menginventarisir desa-desa yang belum menyetor dokumen permohonan BLT-DD agar segera diproses berdasarkan kemudahan administrasi yang telah diberlakukan. Alhasil, sebagian besar desa-desa di Kabupaten Parigi Moutong telah menyalurkan BLT-DD hingga tahap kedua.

Baca Juga |  Kades Sendang Wonogiri Akui, Transaksi NonTunai Lebih Mempermudah

Untuk di kecamatan Tomini sendiri, saat ini desa Biga sudah menyalurkan BLT-DD hingga bulan Juli. BLT-DD disalurkan kepada 45 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang sebelumnya telah dilakukan validasi data. Dikarenakan beberapa KPM BLT-DD ditemukan telah terdaftar pada jaminan program sosial lainnya.

Penyaluran BLT-DD di desa Biga di buka langsung oleh Idrus, selaku Kepala Desa Biga dan di dampingi oleh TPP (PLD) Kecamatan Tomini, Nursia Pettarolla. Sebelum penyaluran, Idrus menyampaikan permohonan maafnya atas keterlambatan penyaluran BLT-DD kepada KPM yang hadir. “Mewakili pemerintah desa Biga, saya memohon maaf sebesar-besarnya atas keterlambatan penyaluran dana (BLT) ini. Hal ini disebabkan karena sebelumnya kami masih menunggu kebijakan dari pemerintah yang belakangan ini banyak hal-hal teknis yang perlu dirubah”, kata Idrus pada agenda pembukaan penyaluran BLT-DD.

Baca Juga |  Bambang Susilo, SAN. Pimpin Rakor TPP Awal Tahun di Wisata Embung Desa Hasil Dari Program Inovasi Desa

Hal senada juga diutarakan oleh PLD desa Biga. “Kami juga selaku pendamping memohon maaf kepada bapak-ibu, meski dana BLT-DD telah masuk ke rekening desa bulan lalu namun kami meminta pihak pemerintah desa agar menunda dulu penyaluran (BLT), sebab harus kami verifikasi kembali data diri bapak-ibu agar tidak tumpang tindih dengan penerima program bantuan lainnya”, kata Nursia Pettarolla di sela-sela sambutannya.

Follow WhatsApp Channel tvdesanews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 102 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Desa

Cipakat Maju Menuju Desa Sadar Hukum: Wujudkan Masyarakat Patuh Hukum

Kabar Desa

Penanggal Rayakan Grebeg Ambengan: Syukur, Budaya, dan Semangat Desa

Kabar Desa

Semangat Gotong Royong Semarum Wujudkan Desa Bersih

Kabar Desa

Siap Hadapi Bencana, Desa Les Bidik Juara ADWI 2024

Kabar Desa

Gunungan Hasil Bumi Diarak, Semarak Sedekah Dusun Gading Jombang

Kabar Desa

Berengkes Ikan: Semangat Ibu Lestarikan Kuliner Khas Batanghari

Kabar Desa

Kembangkan Potensi Desa Cermee, Mahasiswa KKN UNEJ Dirikan Klinik UMKM

Kabar Desa

Kampung Pengawasan Partisipatif Desa Mekarjaya Pilih Kentongan Jadi Ikon