Home / Kabar Daerah

Kamis, 6 Juni 2024 - 15:43 WIB

293 Kades se-Banyumas Terima SK Perpanjangan Masa Jabatan

Nanang Anna Nurani - Penulis

TVDesa – Banyumas : Sebanyak 293 kepala desa se-kabupaten Banyumas menerima SK perpanjangan masa jabatan, dari sebelumnya 6 tahun menjadi 8 tahun.

“Semoga dengan perpanjangan masa jabatan ini, Kepala Desa se-Kabupaten Banyumas semakin meningkatkan kinerja dan dedikasi dalam membangun serta memajukan desa di wilayahnya masing-masing, terutama dalam pengentasan kemiskinan, peningkatan infra struktur, kesehatan dan lainya,” pesan Hanung Cahyo Saputro S.STP, M.Si, Pj Bupati Banyumas, usai menyerahkan Surat Keputusan Bupati Banyumas tentang Perubahan Masa Jabatan untuk 293 Kepala Desa Di Kabupaten Banyumas, Kamis 6 Juni 2024 di pendopo Si Panji Purwokerto.

Kegiatan tersebut, sebagaimana disampaikan Hanung, merupakan implemantasi Undang-undang nomor 3 tahun 2024 tentang revisi undang-undang desa.

Baca Juga |  Bupati Mubar Kunjungi Korban Kebakaran di Desa Sukadamai

“Dengan bertambahnya masa kerja, para kepala desa dapat meningkatkan kinerja terutama dalam pengentasan kemiskinan, peningkatkan infra setruktur, kesehatan dan lainya,” harap Hanung.

Hanung juga berjanji, akan melakukan pemantauan agar pelaksanaan pembangunan di desa berjalan menjadi lebih baik lagi.

“Dari 301 Desa yang ada di Kabupaten Banyumas, sebanyak 293 Kepala Desa hari ini menerima SK Penambahan Masa Jabatan Kepala Desa. Ada 8 desa tidak dilakukan, karena dijabat oleh Pj, 4 desa kadesnya mengundurkan diri karena maju dalam pemilihan legislatif, 2 orang meninggal dunia dan 2 orang masa jabatan berakhir pada bulan Desember 2023 lalu,” jelas Drs. Nungky Harry Rachmat, M.Si, Asisten Pemerintahan dan Kesra.

Nungky menyebut, penyerahan SK Penambahan Masa Jabatan Kepala Desa tersebut, merupakan implementasi dari Undang-Undang (UU) Nomor 3 tahun 2024, dimana pada pasal 114 menyatakan bahwa masa jabatan kepala desa bertambah, dari 6 tahun menjadi 8 tahun.

Baca Juga |  Desa Lubuk Tampui Tetapkan BLT DD Tahun 2022

“Dari rancangan undang-undang sudah kami kawal dan Alhamdulillah akhirnya keluar juga dan SK kami terima hari ini,” ucap Tuti Irawati, Kepala Desa Linggasari Kecamatan Kembaran, diantara 293 Kades yang menerima SK.

Tuti berkisah, penambahan masa jabatan tersebut, melalui proses panjang yang dilakukan oleh para kepala desa.

“Seluruh kepala desa memanfaatkan masa jabatannya bukan hanya untuk kepentingan pribadi, melainkan untuk kepentingan bersama atau masyarakat luas,” pungkas Tuti.

Follow WhatsApp Channel tvdesanews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 26 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Daerah

Desa Likwatang Gelar Turnamen Sepak Bola U-23 “Likwatang CUP”

Kabar Daerah

Presiden Dan Ibu Iriana Hadiri Peringatan Hari Kebaya Nasional

Kabar Daerah

Tumbang Mangkutup Wakili Kapuas Berlaga di Lomba Desa Tingkat Provinsi

Kabar Daerah

Kudus Kembangkan Desa Antikorupsi, Cegah Penyelewengan Dana Desa

Kabar Daerah

Presiden Dan Ibu Iriana Tinjau Pemberian Vaksin Polio Di Jayapura

Kabar Daerah

33 Kepala Desa di Sabu Raijua Emban Masa Jabatan 8 Tahun

Kabar Daerah

Perangi Stunting, TP-PKK dan DWP Buton Bersinergi di Desa Sampuabalo

Kabar Daerah

Tingkatkan Kapasitas, Aparatur Desa dan BPD Aru Tengah Siap Kembangkan Desa