Home / Kabar Desa

Rabu, 8 Juni 2022 - 12:22 WIB

3 Desa Sekaligus Ikuti Pembinaan Peningkatan Kapasitas di Kecamatan Selat Penuguan

012 Joni Karbot - Penulis

TV Desa-Banyuasin: Sejumlah peserta dari 3 desa se-Kecamatan Selat Penuguan, Kabupaten Banyuasin, Provinsi Sumatera Selatan, yakni Desa Kelapa Dua, Desa Sumber Rejo, dan Desa Penuguan, secara bersamaan mengikuti kegiatan pembinaan peningkatan kapasitas aparatur pemerintahan desa.

“Demi terwujudnya Pembangunan Nasional yang menyeluruh dengan pengelolaannya, dan melibatkan segenap aparatur pemerintah, baik ditingkat pusat maupun ditingkat daerah sampai ditingkat pemerintah yang paling terendah yaitu desa, mengingat pemerintahan desa merupakan basis pemerintah termasuk dalam struktur pemerintah di Indonesia yang sangat menentukan bagi berhasilnya Pembangunan Nasional yang menyeluruh,” kata Samsudin SPd MM, Camat Selat Penuguan, dalam sambutannya saat membuka kegiatan pembinaan peningkatan kapasitas aparatur pemerintahan desa, di Desa Kelapa Dua, Rabu (08/09/2022).

Baca Juga |  Antusias Warga Perbaiki Akses Jalan Penghubung Kampung Campang Lapan

Kegiatan yang diikuti tiga desa sekaligus ini, bertujuan untuk memperkuat wawasan dan memantapkan penyelenggaraan pemerintahan Desa, serta pembangunan desa di setiap desanya masing-masing, agar sasaran pembangunan lebih terarah, supaya pengelolaan dana desa yang menjadi tanggung jawab desa akan berdampak positif terhadap pembangunan desa.

“Dengan pelatihan diharapkan Pemdes dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mendukung penyelenggaraan pemerintahan Desa,” harap Samsudin.

Lebih lanjut dikatakan orang nomor satu di kecamatan Selat Penuguan ini, bahwa kemampuan dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsi aparatur Pemerintah Desa, dapat mengacu pada Dasar-dasar Hukum atau Undang-undang yang ada. Seperti bidang manejemen pemerintahan Desa, menyusun perencanaan pembangunan Desa, pengelolaan keuangan dan aset Desa.

Baca Juga |  Tim Monev Kunjungi Desa Persiapan Bukit Makmur

“Untuk mengelola dana Desa yang efektif, efisien, akuntabel, dan transparan, diperlukan pembinaan dan pengawasan yang dilakukan oleh pemerintah Kecamatan terhadap aparatur Pemerintah Desa dalam bidang pemerintahan, sehingga perangkat Desa dapat melakukan tugas dan kewajibannya dengan baik dalam melayani masyarakat,” tambah Samsudin.

Adapun Narasumber yang turut hadir yaitu Staff Kecamatan, Kasi PMD Sutopo, H Hadrawi, Sapuan S,sos serta Sekcam Muhammad S,sos.

Follow WhatsApp Channel tvdesanews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 30 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Desa

Desa Wisata Golo Loni Raih Prestasi Nasional, Terhambat Jaringan Internet

Kabar Desa

Petani Jayaputra Beroleh Bantuan Pompa Air, Musim Kemarau Tak Lagi Jadi Kendala

Kabar Desa

Warga Dusun Bunut Bersorak Bahagia, Sumur Bor 110 Meter Atasi Krisis Air Bersih

Kabar Desa

Karang Taruna Bonto Cinde Gelar Latihan Kajian Kontemporer Pengkaderan untuk Tingkatkan Kapasitas Pemuda

Kabar Desa

Lebih Dekat dengan Warga, Babinsa Palmatak Lakukan Komsos dan Gotong Royong

Kabar Desa

Jelang HUT RI ke-79 di Patalassang: Panitia Siapkan Sejumlah Perlombaan Seru!

Kabar Desa

Festival Bubur Suro: Paduan Budaya, Kuliner, dan Ekonomi Kreatif Desa Wisata Bandung

Kabar Desa

Tanam 1.000 Pohon di Desa Karangligar, Upaya Mahasiswa UBP Karawang untuk Cegah Banjir