Home / Kabar Desa

Selasa, 21 September 2021 - 17:49 WIB

300 Juta “Diglontorkan” Untuk Penyertaan Modal BUMDes Desa Jubelan

Ahmad Ghufron, ST. - Penulis

Camat Sumowono Asep Mulyana dalam sambutannya Memamerkan Kopi Prodak unggulan Desa Jubelan

Camat Sumowono Asep Mulyana dalam sambutannya Memamerkan Kopi Prodak unggulan Desa Jubelan

TV desa – Semarang : Pemerintah Desa Jubelan menganggarkan penyertaan modal Badan Usaha Milik desa (BUMDes) Jubelan Karya Bersama (JKB) sebesar Rp300 Juta yang bersumber dari Dana Desa (DD).

Hal ini di bahas dan disepakati dalam acara Musyawarah Rencan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) tahun anggran2022, yang bertempat di Balai Desa Jubelan, Kecamatan Sumowono, Kabupaten Semarang. (16/09).

Kepala Desa Jubelan Gunawan Catur Nugroho dalam Sambutannya menyampaikan, penyertaan modal ini merupakan tindak lanjut Musyawarah Desa tentang Pembentukan BUMDes, yang menyepakati tentang Perdes BUMDes dan Anggaran Dasarnya (AD), adapun untuk realisasinya akan menyesuaikan dengan kemampuan keuangan desa.

“Di tahun – tahun lalu, Dana Desa banyak terserap pada pembangunan  infrastruktur, dan saat ini hampir tidak ada, maka sesuai visi misi saya, selanjutnya Dana Desa diprioritaskan untuk pengembangan ekonomi desa melalui BUMDes,” ungkapnya.

Baca Juga |  MerDesa Di Malam 1 Suro

Gunawan mengungkapkan, dengan adanya penyertaan modal ini, diharapkan PADes Desa Jubelan dapat meningkat. Karena, dengan suntikan permodalan, tentunya bisa mengembangkan potensi ekonomi dan hasilnya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Suasana Musrenbagdes Desa Jubelan yang Berlangsung Hangat

Sementara itu Kasifi, Pengelola BUMDes JKB dalam diskusi menyampaikan, ada lima (5) unit usaha yang akan dilaksanakan yaitu, Persewaan, Catering, Pengelolaan Lapangan Sepak Bola, Pembayaran online dan Retail.

“Dari Hasil Analisa Usaha dan Program kerja anggaran tersebut akan digunakan untuk penunjang, operasional dan modal pada Kegiatan BUMDes,” Jelas Kasifi.

Agus Sri Zaemanto selaku Ketua Tim Penyusun RKPDes 2022 sekaligus Sekretaris Desa Jubelan dalam Paparannya menyampaikan, Dana Desa tahun 2022 dikunci pada  kegiatan yang telah di atur dalam  Permendesa nomor 7 tahun 2021 tentang Prioritas penggunaan Dana Desa 2022, diantaranya selain untuk BUMDes juga untuk Konvergensi stunting, Penanggulangan Covid 19 senilai delapan persen (8%) dari Dana Desa, dan Bantuan Langsung Tunai (BLT DD).

Baca Juga |  PEMDES Wajib Mengetahui Pelaku UMKM di Desanya

“Jika Mengacu pada Pagu tahun 2021, DD Desa Jubelan sebesar 795 juta, maka penyertaan modal untuk bumdes yang senilai 300 juta, merupakan angka yang signifikan yaitu sekitar 37% dari total DD,” jelas Agus.

Berita ini 315 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Desa

Kades Segarajaya Gelar Open House Idul Fitri 1445 H

Kabar Desa

Menolak Punah, Warga Desa Adobala Rawat Tradisi Gemohing

Kabar Desa

Jalan Hotmix Desa Rampung, Warga Karangsewu Sujud Syukur

Kabar Desa

Pawai Obor Meriahkan Malam Takbiran Desa Sumber Rejeki

Kabar Desa

Rayakan Idul Fitri, Warga Dusun Pegundalan Pejawaran Banjarnegara Gelar Makan Bersama

Kabar Desa

Arus Mudik Di Perbatasan Nganjuk -JombangTerpantau Lancar Meskipun Dipenuhi Takbir Keliling

Kabar Desa

Pemdes Oehan Kembali Salurkan BLT KPM Lansia dan Disabilitas

Kabar Desa

Door to Door Pemdes Pulau Rajak Salurkan BLT DD Tahap Pertama TA 2024