Home / Kabar Desa

Selasa, 21 September 2021 - 17:49 WIB

300 Juta “Diglontorkan” Untuk Penyertaan Modal BUMDes Desa Jubelan

Ahmad Ghufron, ST. - Penulis

TV desa – Semarang : Pemerintah Desa Jubelan menganggarkan penyertaan modal Badan Usaha Milik desa (BUMDes) Jubelan Karya Bersama (JKB) sebesar Rp300 Juta yang bersumber dari Dana Desa (DD).

Hal ini di bahas dan disepakati dalam acara Musyawarah Rencan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) tahun anggran2022, yang bertempat di Balai Desa Jubelan, Kecamatan Sumowono, Kabupaten Semarang. (16/09).

Kepala Desa Jubelan Gunawan Catur Nugroho dalam Sambutannya menyampaikan, penyertaan modal ini merupakan tindak lanjut Musyawarah Desa tentang Pembentukan BUMDes, yang menyepakati tentang Perdes BUMDes dan Anggaran Dasarnya (AD), adapun untuk realisasinya akan menyesuaikan dengan kemampuan keuangan desa.

“Di tahun – tahun lalu, Dana Desa banyak terserap pada pembangunan  infrastruktur, dan saat ini hampir tidak ada, maka sesuai visi misi saya, selanjutnya Dana Desa diprioritaskan untuk pengembangan ekonomi desa melalui BUMDes,” ungkapnya.

Baca Juga |  Kalurahan Kebonharjo Samigaluh Adakan Pelatihan Penguatan Peran Kalurahan Dalam Keistimewaan DIY

Gunawan mengungkapkan, dengan adanya penyertaan modal ini, diharapkan PADes Desa Jubelan dapat meningkat. Karena, dengan suntikan permodalan, tentunya bisa mengembangkan potensi ekonomi dan hasilnya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Suasana Musrenbagdes Desa Jubelan yang Berlangsung Hangat

Sementara itu Kasifi, Pengelola BUMDes JKB dalam diskusi menyampaikan, ada lima (5) unit usaha yang akan dilaksanakan yaitu, Persewaan, Catering, Pengelolaan Lapangan Sepak Bola, Pembayaran online dan Retail.

“Dari Hasil Analisa Usaha dan Program kerja anggaran tersebut akan digunakan untuk penunjang, operasional dan modal pada Kegiatan BUMDes,” Jelas Kasifi.

Agus Sri Zaemanto selaku Ketua Tim Penyusun RKPDes 2022 sekaligus Sekretaris Desa Jubelan dalam Paparannya menyampaikan, Dana Desa tahun 2022 dikunci pada  kegiatan yang telah di atur dalam  Permendesa nomor 7 tahun 2021 tentang Prioritas penggunaan Dana Desa 2022, diantaranya selain untuk BUMDes juga untuk Konvergensi stunting, Penanggulangan Covid 19 senilai delapan persen (8%) dari Dana Desa, dan Bantuan Langsung Tunai (BLT DD).

Baca Juga |  Percepat Pengisian Monev DD, TA Kab. Semarang Kumpulkan Korcam

“Jika Mengacu pada Pagu tahun 2021, DD Desa Jubelan sebesar 795 juta, maka penyertaan modal untuk bumdes yang senilai 300 juta, merupakan angka yang signifikan yaitu sekitar 37% dari total DD,” jelas Agus.

Follow WhatsApp Channel tvdesanews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 317 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Desa

IMP Nanggalo Gelar Gebyar Kader: Perkuat Peran Kader dalam Penurunan Stunting

Kabar Desa

Likwatang Cup 2024: Lebih dari Sekedar Turnamen Sepak Bola Desa

Kabar Desa

Harga Terbang, Sembako di Pasar Murah Gulinggang Jadi Incaran Warga!

Kabar Desa

Desa Gondosuli Terang Benderang dengan PLTS Besutan Tim Pengabdian Universitas Negeri Malang

Kabar Desa

BLT DD di Desa Kiawa Satu Bantu Masyarakat Miskin Ekstrim Penuhi Kebutuhan Pokok

Kabar Desa

Ini, Cara Ibu-ibu PKK Desa Tewah Pupuh Tingkatkan Kepiawaian Mengolah Hasil Perikanan Lokal

Kabar Desa

7 Mahasiswa Unimor Berbakti di Desa Oetulu, Gebyar Program Desa Mandiri

Kabar Desa

Ziarah Makam Para Kepala Desa Warnai Hari Jadi Desa Ciparigi ke-224