Home / Kabar Desa

Rabu, 1 September 2021 - 22:25 WIB

Penjaringan Ibu Hamil Desa Madegondo

008 Gieyono - Penulis

TV Desa – Sukoharjo: Pemdes Madegondo mengadakan penjaringan ibu hamil yang dilakukan pada tanggal 01 September 2021 bertempat di Balai Desa Madegondo. Kades Madegondo beserta perangkat desanya, Bidan Desa, Puskesmas Kec Grogol dan semua Kader Kesehatan desa Madegondo mengikuti acara ini. Penjaringan ini bertujuan untuk mendata ibu hamil yang ada di Desa Madegondo. Dengan adanya data tersebut bisa lebih mudah untuk memantau dan memberi pelayanan yang terbaik kepada semua ibu hamil di Desa Madegondo, ungkap Ibu Hesti selaku Bidan Desa Madegondo. Bapak H.Marzuki,SPd.,MPd menambahkan semua ibu hamil wajib mendapatkan asupan gizi yang cukup dan seimbang agar bayi serta ibunya tetap sehat.

Baca Juga |  Pemerintah Desa Bondaraya Optimis Raih Juara Lomba PHBS Tingkat Provinsi Gorontalo.

 

Penjaringan ibu hamil ini bertujuan untuk meminimalisir kematian ibu hamil dan bayinya, serta untuk mencegah Stunting. Dengan terdatanya ibu hamil secara dini maka pihak Pemdes akan selalu memantau dan memberikan informasi maupun PMT kepada ibu hamil tersebut. Karena informasi tentang kehamilan dan Stunting sangat penting bagi ibu hamil terutama yang baru pertama kali hamil.

Pelaksanaan penjaringan ibu hamil ini dilakukan oleh Bidan Desa dengan dibantu oleh semua Kader kesehatan Desa Madegondo. Bidan Desa melakukan pemantaun kepada ibu hamil setiap satu bulan sekali, sekaligus memberikan PMT. Pemantaun ini melibatkan pihak Puskesmas Kec Grogol, sehingga apabila ada sesuatu hal yang darurat bisa langsung dirujuk ke Puskesmas. Keterlibatan Kader Kesehatan Desa Madegondo ini merupakan salah satu kunci keberhasilan dalam penjaringan ini, karena merekalah yang selalu berinteraksi dengan mesayarakat di setiap saat. Kader Kesehatan yang terlibat ini antara lain, Ibu Darti, Ibu Suzana dan Ibu Ari.

Baca Juga |  Nagari di Solok, Miliki Peran Aktif Tangani Stunting

Dengan adanya penjaringan ibu hamil Pemdes berharap angka kematian ibu hamil 0% dan angka Stunting turun. Sehingga bisa mewujudkan Desa Madegondo menjadi Desa yang ramah terhadap Ibu Hamil.

 

Follow WhatsApp Channel tvdesanews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 223 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Desa

BLT DD di Desa Kiawa Satu Bantu Masyarakat Miskin Ekstrim Penuhi Kebutuhan Pokok

Kabar Desa

Ini, Cara Ibu-ibu PKK Desa Tewah Pupuh Tingkatkan Kepiawaian Mengolah Hasil Perikanan Lokal

Kabar Desa

7 Mahasiswa Unimor Berbakti di Desa Oetulu, Gebyar Program Desa Mandiri

Kabar Desa

Ziarah Makam Para Kepala Desa Warnai Hari Jadi Desa Ciparigi ke-224

Kabar Desa

Babinsa Dampingi Petani Kembangkan Sorgum di Subak Gede, Seririt

Kabar Desa

Dorong Perekonomian Petani, Desa Pasar Ipuh Bagikan Alsintan dan Hewan Ternak

Kabar Desa

Penetapan Batas Desa di Kecamatan Sebangki: Upaya Ciptakan Keteraturan dan Kepastian Hukum

Kabar Desa

Gotong Royong Semarakkan Masjid Jami’ur Rahman Desa Pangkalan Sulampi