Home / Kabar Daerah

Rabu, 15 Mei 2024 - 11:04 WIB

71 Desa di Kepri Jadi Binaan Imigrasi

@ADMIN 1 - Penulis

Pengukuhan 71 Desa Binaan Imigrasi di Kantor Gubernur Provinsi Kepulauan Riau, Tanjung Pinang, Selasa (14/5/2024). (Image Courtesy: Ditjen Imigrasi)

Pengukuhan 71 Desa Binaan Imigrasi di Kantor Gubernur Provinsi Kepulauan Riau, Tanjung Pinang, Selasa (14/5/2024). (Image Courtesy: Ditjen Imigrasi)

TVDesa – Tanjung Pinang : Sebanyak 71 desa di Kepulauan Riau (Kepri), menjadi lokasi kolaborasi antara perangkat desa setempat dengan Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) RI, untuk secara bersama-sama, berupaya menekan potensi tindak pidana perdagangan orang (TPPO). Kolaborasi tersebut, terbentuk dalam wujud Desa Binaan Imigrasi, yang berupaya untuk menjaga masyarakat tidak terjebak TPPO, khususnya melalui jalur penyaluran Pekerja Migran Indonesia (PMI) non-prosedural.

“Tujuan dari program Desa Binaan Imigrasi adalah memperluas jangkauan akses informasi keimigrasian, khususnya bagi masyarakat yang memiliki keterbatasan jangkauan ke kantor imigrasi dan desa-desa yang menjadi kantong PMI,” kata I Nyoman Gede Surya Mataram, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Kepulauan Riau, saat dikonfirmasi kantor berita Antara di Tanjung Pinang, Kepri, Rabu.

Baca Juga |  Presiden Jokowi Tinjau Pembangunan Tanggul Pengendali Banjir Di Kelurahan Ladang, Kabupaten Sintang

Surya mengatakan, kemudahan akses informasi terkait permohonan paspor melalui program Desa Binaan Imigrasi, diyakini dapat memberi manfaat signifikan bagi siswa sekolah menengah atas dan mahasiswa semester akhir yang akan lulus.

“Masyarakat dalam rentang usia tersebut, berisiko menjadi sasaran eksploitasi oleh pihak yang tidak bertanggung jawab,” papar Surya.

Program Desa Binaan Imigrasi, sebagaimana disampaikan Surya, hadir memberikan edukasi yang diharapkan dapat meminimalisasi perlintasan di wilayah perbatasan tanpa menggunakan dokumen keimigrasian resmi.

Baca Juga |  PORSENI 2022 KKMI se-Kabupaten Demak

“Imigrasi didukung oleh Kantor Wilayah Kemenkumham Kepri dan Pemerintah Daerah Kepri aktif mengupayakan perlindungan bagi dari berbagai modus penipuan yang akan terus dilakukan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab,” ujarnya.

Dia berharap program Desa Binaan Imigrasi, yang tersebar di seluruh kabupaten/kota di Kepri, termasuk di Anambas dan Natuna ini, dapat digencarkan di berbagai daerah agar warga negara Indonesia yang perlu bekerja atau belajar di luar negeri senantiasa aman.

Follow WhatsApp Channel tvdesanews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 5 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Daerah

Bantuan Pembangunan Saluran Pembuangan 1500 Meter Senangkan Petani Dusun Karanganyar

Kabar Daerah

Para Artis Ini Bawa Semangat Baru bagi Desa-Desa di Jawa Tengah dan Jawa Timur

Kabar Daerah

UMKM Desa Plosokerep Naik Kelas dengan Digital Marketing dan Marketplace

Kabar Daerah

Limau Matubu Juarai Marikurubu Cup 2, Taufik Madjid: “Kita Punya Potensi Liga Desa di Maluku Utara!”

Kabar Daerah

Tingkatkan Transparansi dan Akuntabilitas Keuangan Desa: Kapuas Luncurkan Sistem CMS

Kabar Daerah

Hidupkan Kembali Rumah Siti Nurbaya di Depok: Ruang Berkomunitas Budaya Minang

Kabar Daerah

Kepri Bersinar: 57 Desa/Kelurahan Bebas Narkoba

Kabar Daerah

30 Desa di Lembata, Jadi Ajang Mahasiswa Berdaya untuk Kedaulatan Pangan