Home / Kabar Daerah

Senin, 25 Juli 2022 - 19:06 WIB

Akses Internet di 536 Desa Aceh Masih Terkendala, Kondisi Geografis Jadi Tantangan

#Dian Purnama Putra - Penulis

Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Aceh Marwan Nusuf

Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Aceh Marwan Nusuf

TVDesa – Banda Aceh : Sebanyak 536 dari 6.497 desa di Aceh masih belum memiliki akses internet. Hal ini diungkapkan oleh Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (Diskominfo) Aceh, Marwan Nusuf, didampingi Kabid Layanan e-government Diskominfo Aceh Hendri Dermawan, di Banda Aceh, Senin (25/7/2022).

Kondisi geografis yang berbukit-bukit menjadi faktor utama terhambatnya akses internet di desa-desa tersebut. Sinyal terhalang oleh perbukitan, sehingga meskipun menara pemancar sudah tersedia di beberapa tempat, jangkauannya tidak merata.

“Daerah 3T (tertinggal, terluar, terdepan) memang menjadi fokus utama, namun daerah lain pun perlu diupayakan,” ujar Marwan.

Dari 536 desa yang belum terkoneksi internet, 387 di antaranya sudah memiliki sinyal G/2G, namun belum cukup untuk mengakses internet. Sisanya, 149 desa, termasuk dalam kategori blankspot, sama sekali tidak memiliki sinyal maupun internet.

Baca Juga |  Presiden Jokowi Bertolak Ke Jawa Timur

Kabupaten Simeulue, Aceh Jaya, dan Gayo Lues menjadi daerah dengan jumlah desa terbanyak yang belum memiliki akses internet. Masing-masing 96 desa di Simeulue, 98 desa di Aceh Jaya, dan 77 desa di Gayo Lues masih tertinggal dalam hal ini.

Marwan menjelaskan, untuk daerah 3T, Kementerian Kominfo dapat membantu melalui program Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) dalam menyediakan akses internet cepat.

Sedangkan untuk daerah non-3T, prosesnya lebih panjang karena harus melalui Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI) Kementerian Kominfo.

“Pemerintah daerah perlu proaktif melaporkan kondisi internet di wilayahnya ke Kominfo,” tegas Marwan.

Selain itu, kolaborasi dengan pihak provider juga dapat dilakukan untuk mempercepat penyediaan akses internet di daerah-daerah yang masih tertinggal.

Baca Juga |  Wujudkan Gampong Sehat, Peunyeurat Sosialisasi Penilaian Lomba Dusun Sehat

Hingga saat ini, baru 57 dari 536 desa yang belum terkoneksi internet yang telah melaporkan kondisi mereka ke Pemerintah Aceh.

“Kita dorong pemerintah daerah untuk melaporkan kondisi kualitas jaringan dan sinyal telekomunikasi di wilayahnya,” kata Marwan.

Dengan peran aktif pemerintah daerah dan kolaborasi dengan berbagai pihak, diharapkan permasalahan akses internet di desa-desa di Aceh dapat segera diatasi, sehingga seluruh masyarakat dapat merasakan manfaatnya.

Follow WhatsApp Channel tvdesanews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 1 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Daerah

33 Kepala Desa di Sabu Raijua Emban Masa Jabatan 8 Tahun

Kabar Daerah

Perangi Stunting, TP-PKK dan DWP Buton Bersinergi di Desa Sampuabalo

Kabar Daerah

Tingkatkan Kapasitas, Aparatur Desa dan BPD Aru Tengah Siap Kembangkan Desa

Kabar Daerah

Blora Siap Gelar TMMD Sengkuyung di Desa Bogorejo!

Kabar Daerah

Sabang Genjot Pembentukan Qanun Gampong Bersih Narkoba

Kabar Daerah

Percepat Pembangunan Desa, Morowali Utara Belajar dari Badung

Kabar Daerah

Dana Desa Transparan: Bombana Sosialisasikan Pentingnya Pengawasan

Kabar Daerah

Perang Stunting di Mukomuko: Rp13 Miliar Dana Desa Siap Digunakan