Home / Kabar Desa

Rabu, 29 September 2021 - 22:33 WIB

Arak-arakan Sanggar Sebarus Sai Sambut Sandiaga Uno

002 Zia Nelwan - Penulis

TV Desa-Lampung Barat : Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Salahudin Uno atau biasa kita kenal Sandiaga Uno, melakukan kunjungan Kerja ke Lampung Barat tepatnya di Kampung Kopi Rigis Jaya Kecamatan Air Hitam, Rabu (29/09/2021).

Kunjungan Sandiaga Uno ke Bumi Skala Bekhak langsung disambut prosesi Acara Adat Arak-arakan (Beharak) dan Silat Pengamanan Lapah Raja oleh Sanggar Sebarus Sai Pekon Sebarus Kecamatan Balik Bukit, kunjungan beliau dalam rangka menindaklanjuti terpilihnya Kampung Kopi Rigis Jaya dalam 50 Besar Desa Wisata Terbaik pada Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021, Yang selanjutnya Dewan Juri ADWI 2021 melakukan peninjauan dan penilaian langsung yang dipimpin langsung bapak Menparekraf Sandiaga Uno.

Baca Juga |  Desa Wisata Serang, Sambut Sandiaga diatas PickUp Terbuka

“Arak-arakan adalah salah satu tradisi asli Masyarakat Adat Saibatin yaitu Mengiringi Raja ataupun para Pejabat, sedangkan Silek Pengamanan Lapah Raja adalah upaya Para Pendekar untuk mengamankan jalannya Raja ataupun Pejabat tersebut agar terhindar dari segala bentuk gangguan dari luar”. Ungkap Edi Jaya Saputra selaku Dewan Penasehat Sanggar Sebarus Sai.

Melki Dafirzata selaku Peratin Pekon Sebarus menerangkan bahwa “anggota arak-arakan (beharak) Sanggar Sebarus Sai yang hadir berjumlah 40 orang yang semuanya adalah anak-anak muda potensial pewaris peradaban dimasa depan, apalagi menghadapi Hegomoni Perdaban Barat maka peran pemuda menjadi ujung tombak dalam menjaga kelestarian budaya maka apabila diarahkan dengan tepat akan menjadi suatu kekuatan dalam pelestarian budaya”.

Baca Juga |  Musrenbangdes Desa Puspo Tahun 2021

Secara terpisah pihak panitia menyampaikan Pemkab Lambar menargetkan Kampung Kopi Rigis Jaya masuk 10 besar program unggulan Kemenparekraf RI yang merupakan satu-satunya desa wisata di Lampung yang masuk dalam kategori ADWI 2021. (z

Berita ini 411 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Desa

Percepat Turunkan Stunting, Pemnag Padang Tarok Baso Gelar FGD

Kabar Desa

Gotong Royong, Warga Plabuhan Kembali Gelar Sedekah Desa

Kabar Desa

Tahun 2024, BUM Desa Bersama BSB Temon Mendapatkan Tambahan Modal Sebesar 300 Juta Rupiah

Kabar Desa

Biayai Kegiatan Warga, Kenokorejo Gunakan Reward PBB

Kabar Desa

Pemdes Pattiroang Bentuk Tim RKPDes anggaran 2025

Kabar Desa

LPPM UNAND Berdayakan Masyarakat Kelompok Tani Sukma Jaya dengan Pupuk Organik Ciban

Kabar Desa

Didaulat Jadi PPID Desa, Ini Manfaatnya Bagi Warga Desa Tukum

Kabar Desa

Sosialisasikan Bahaya Narkoba Bagi Anak, Pemdes JerukPurut Kolaborasi Sama BNN