Home / Profil

Senin, 27 September 2021 - 19:23 WIB

Asa di sepanjang jalan seribu meter

019 Murtado - Penulis

TVDesa – Kebumen : Lautan awan terlihat menyelimuti area di bawah perbukitan Lokidang Kedungbulu pagi ini. Sebuah pemandangan eksotis di tepian jalan penghubung antara Kebumen-Banjarnegara.

Sebuah potensi wisata yang bisa dikembangkan sebagai Pendapatan Asli Desa (PAD) Giritirto Kecamatan Karanggayam Kabupaten Kebumen.

Di sepanjang jalan ini juga banyak terdapat usaha perekonomian lainnya seperti penambangan galian c, ternak ayam pedaging milik Agus Bahari, dan usaha usaha kecil lainnya.

UKM Peternakan ayam milik Agus Bahari Giritirto

Sejak dahulu, jalan ini adalah akses terdekat yang menghubungkan Kota Kebumen dan Kota Banjarnegara. Bahkan dahulu warga Pagedongan Banjarnegara hanya membutuhkan waktu setengah jam untuk membawa dagangan salaknya ke Kota Kebumen.

Baca Juga |  Pj. Bupati Kampar Hadiri Hari Perpindahan Desa Pulau Gadang Ke-30 serta Festival Mangonang Kampuong Lamo

Memang kondisi jalan ini sebagian besar dalam kondisi baik. Rabat beton tebal dibangun menembus bukit Kedungbulu Lokidang.

“Saat pembangunan tanjakan Kedungbulu,  sampai menelan korban.” Ujar Suyono, warga asli Giritirto, “Truk molen ada yang terperosok ke dalam jurang Kedungbulu, sopirnya meninggal.”

Sulitnya medan dan anggaran yang kurang, menyebabkan pengecoran jalan terhenti. Padahal panjang jalan yang belum terbangun hanya sekitar 1000 m.

Jadilah Dusun Kalipranji dusun yang berada di puncak Kedungbulu, ujung paling utara Desa Giritirto menjadi kesulitan akses jalan.

Jalan Kedungbulu yang belum selesai

Dikarenakan sulitnya akses ke pusat desa Giritirto, sebagian penduduk Dusun Kalipranji menyekolahkan anak-anaknya ke desa-desa di sekitarnya yang masuk wilayah Banjarnegara. Hal ini disebabkan selain lokasi cenderung lebih datar, akses jalan juga lebih baik.

Baca Juga |  Menggapai Matahari, Disela - Selah Taburan bintang di langit

“Tahun ini kami harapkan jalan ini diselesaikan.” Jelas Sugito (52) Kepala Desa Giritirto, “Jalan ini jalan Kabupaten yang menghubungkan dua kabupaten.”

Desa Giritirto sendiri adalah desa yang memiliki potensi luar biasa. Salah satunya sumber daya manusia, dengan adanya beberapa anggota DPRD Kabupaten Kebumen yang berasal dari desa ini. (moer)

Follow WhatsApp Channel tvdesanews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 293 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Profil

Desa Lok Batung: Bukti Nyata Kegigihan Menuju Bebas Stunting

Profil

Semangat Jimpitan Membangun Desa: Kisah Sukses Desa Gunung Makmur

Profil

Water Defender Ponggok: Juru Kunci Keberlangsungan Mata Air

Profil

Pacerakkang: Bukti Nyata Keindahan Kerukunan dan Toleransi

Profil

Desa Wisata Sungai Rangas Tengah: Surga Tersembunyi di Kalimantan Selatan

Profil

Masjid Ikonik Sumbar Resmi Dinamai Syekh Ahmad Khatib Al Minangkabawi

Profil

HUT ke-60 Desa Jonggon : Tandai Enam Dekade Perjalanan Menuju Desa Mandiri

Profil

Miliki Inovasi Mabuk Kepayang, Desa Sungai Payang Mampu Turunkan Kemiskinan