Home / Profil

Selasa, 19 Maret 2024 - 14:04 WIB

Bangun Kantor Baru, Desa Gunggungan Lor Tingkatkan Layanan

@ADMIN 1 - Penulis

TVDesa – Probolinggo : Pemerintah Desa (Pemdes) Gunggungan Lor, Kecamatan Pakuniran berupaya meningkatkan pelayanan prima terhadap masyarakat dengan memulai pembangunan kantor desa baru.

“Dengan memiliki kantor yang nyaman dan aman, tentu masyarakat tidak enggan untuk datang, mengurusi segala kepentingannya. Sehingga tahun ini kami bangun kantor desanya,” kata Sumiati, Kepala Desa Gunggungan Lor.

Sumiati menyebut, kantor desa sebelumnya, banyak bagian bangunan yang telah rusak, terutama dibagian atapnya, sehingga cukup mengganggu kenyamanan warga saat membutuhkan pelayanan di desa. Kantor desa yang sedang dibangun, memiliki beberapa ruangan yang nantinya difungsikan sebagai ruang pelayanan berbagai bidang.

Kantor Desa Gunggungan Lor yang saat ini masuk masa penggarapan. Kantor desa baru ini dibangun untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.

“Salah satunya juga sebagai kantor Posyandu, akan kumpul dengan kantor desa. Pelayanan bisa tersentralisasi di sana,” ujar Sumiati.

Kantor desa baru ini juga dibangun untuk meningkatkan kinerja aparatur desa. Dengan tempat yang baik, diyakni perangkat desa akan lebih nyaman memberi pelayanan kepada masyarakat.

“Kantor desa menjadi utama sebagai lokasi pelayanan. Sehingga harapan kami, perangkat desa juga dapat lebih semangat melayani masyarakat,” jelas Sumiati.

Baca Juga |  Muda, Mantan Perangkat Desa, Maju Pilkades Serentak 2021
Kades Gunggungan Lor Sumiati (berkerudung) bersama linmas Desa. Seragam yang dikenakan Linmas diberikan melalui anggaran PADes. (Pemdes Gunggungan Lor)

Selain kantor desa, Pemdes Gunggungan Lor juga memiliki beragam pembangunan infrastruktur, mulai dari pembangunan irigasi di Dusun Bungsera dan pembangunan gapura.

“Pembanguan irigasi ini bertujuan melancarkan air ke lahan pertanian warga. Dengan begitu upaya peningkatan hasi pertanian dapat dilakukan. Untuk gapura, agar masyarakat luar maupun dalam daerah bisa mengerti batas desa dan merasa nyaman saat masuk keluar desa,” jelas Sumiati.

 

Bentuk Warga Religius, Bangun Ketahanan Ekonomi

Selain pembangunan infrastruktur, Pemdes Gunggungan Lor juga membangun kesejahteraan masyarakat, melalui pelaksanaan kegiatan keagamaan secara rutin.

“Setiap bulan, kegiatan keagamaan terus kami lakukan. Agar tidak hanya usaha yang nyata dilakukan, namun juga melibatkan Allah SWT dalam segala urusan,” kata Sumiati.

Kegiatan keagamaan ini biasanya dilakukan pada malam Selasa Kliwon, berupa istighosah dan terkadang selawatan, melibatkan sejumlah pihak termasuk masyarakat setempat.

Baca Juga |  Ketahanan Pangan Ala Kadipiro: Ajak Warga Budidaya Lele
Kades Gunggungan Lor Sumiati (berkerudung) saat istigotsah bersama masyarakat dan tokoh agama desa setempat. (Pemdes Gunggungan Lor)

“Secara rutin kami lakukan. Mulai dari lembaga, tokoh agama, sampai tokoh masyarakat ikut di dalamnya,” ujarnya.

Kegiatan ini, sebagai bentuk tawakal kepada Allah untuk mendoakan kesejahteraan desa. Terlebih pada masyarakatnya. Kegiatan ini sebagai upaya menjaga kerukunan masyarakat.

“Kami doakan seluruh masyarakat desa, agar bisa selamat, terjaga keamanannya dan sejahtera.

Ketika kegiatan digelar, seluruh pendahulu kami juga dikirimi doa. Dibaca keseluruhan nama-namanya.

Kades Gunggungan Lor Sumiati (berkerudung) memberikan BLT DD kepada masyarakat penerima. (Pemdes Gunggungan Lor)

Selain upaya tawakal kepada Allah, Pemdes Gunggungan Lor juga memiliki program kegiatan peningkatan ekonomi. Hal ini dilakukan pada program pemberian batuan langsung tunai dana desa (BLT DD).

“Ada 12 KPM (penerima) bantuan ini. Diharapkan dapat menjadi ikhtiar kami dalam membangun masyarakat yang tahan ekonomi dan kesehatannya. Tahun ini melalui PADes, kita juga anggarkan seragam linmas pada pemilu,” jelasnya.

Berita ini 4 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Profil

PMII Rayon Syariah Purwokerto Inisiasi Pesantren Konstitusi Sebagai Upaya Mengembalikan Jati Diri Indonesia Sebagai Negara Hukum

Profil

Desa Loa Duri Ulu, Sudah Miliki Tim Media Sendiri

Profil

Inayati Pejuang Literasi, Pulang Ke Desa Demi Membangun Budaya Baca

Profil

Wae Rebo, Desa Tercantik Dunia 2024 Versi Spectator Index

Profil

Digitalisasi Desa Wisata, Tumbuhkan Pariwisata Lampung

Profil

BUMDes Lumbung Argo Tirto, Desa Gunungronggo Target Bukukan Laba Positif 2024

Profil

Menilik TBM Al-Huda, Seberkas Cahaya Di Ujung Utara Purbalingga

Profil

Habis Sampah dan Penghargaan di Randupitu, Terbitlah Wisata