Home / Kabar Desa

Senin, 6 September 2021 - 08:49 WIB

Bantuan Langsung Tunai Dana Desa Memberikan Senyuman Indah Bagi Masyarakat Desa

Fadjar Setiawan - Penulis

TV Desa – Ponorogo : Pandemi Covid-19 belum berakhir, masyarakat kesulitan memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga. Pemerintah Desa Sraten Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo terhitung mulai  tahun 2020 hingga bulan Agustus Tahun 2021 telah melaksanakan penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) bagi warga miskin terdampak covid-19, sebagai bentuk kebijakan pemerintah desa dengan berdasarkan PermenDesaPDTT_No_13_Thn_2020_ttg_Prioritas_Penggunaan_DD_Thn_2021 dan Peraturan Bupati Nomor 142 Tahun 2020 tentang  Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun Anggaran 2021.

“Sejumlah Enam Puluh Juta Rupiah telah kami salurkan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) diantaranya warga miskin terdampak covid-19 itu berasal dari buruh tani, keluarga mempunyai penyakit kronis/menahun dan lain sebaginya” ujar Bapak Edi Purnomo (Kepala Desa Sraten). Saat kami temui dalam penyaluran BLT-DD di Balai Desa Sraten pada tanggal 2 Agustus 2021.

Baca Juga |  Sinergritas RPH Sumberagung bersama, pemdes, dan kelompok masyrakat di sekitar hutan desa Sitiarjo

Salah satu keluarga penerima manfaat (KPM) Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) berasal dari desa Sraten Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo bernama Marjuki (54Th). Dulu untuk menghidupi dua anak dan satu istrinya beliau rela bekerja menjadi buruh bangunan didesanya hingga  dokter memvonisnya  menderita Gagal Ginjal, disebabkan penyakit kronis/menahun yang dideritanya yaitu sudah hampir 6 tahun penyakit yang dideritanya memaksanya untuk melakukan cuci darah rutin setiap dua minggu sekali,  pulang pergi kerumah sakit telah dijalaninya, kekuatan fisiknyapun tak lagi kuat mencangkul di ladang. Hari demi hari ia jalani dengan penuh kesabaran dan ketabahan serta semangat untuk hidup terus ia gelorakan.

Baca Juga |  Menakar Visi dan Misi Calon Lurah dengan SDGs Desa

Pada bulan mei  2020 terdapat virus covid-19 yang mengharuskan semua warga masyarakat untuk melakukan aktifitas dirumah saja demi kebaikan dan kesehatan bersama, disebabkan virus ini sangat menular. Itupun berlaku bagi pak Marjuki, sehingga ia tidak mampu untuk mencukupi kebutuhan keluarganya dan untuk biaya berobat kerumah sakit. Beruntunglah ia mendapatkan BLT-DD yang telah ditetapkan keluarga penerimanya oleh pemerintah desa Sraten melalui musyawarah desa khusus. Setiap kali menerima BLT-DD iapun tak henti – hentinya mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Desa dan Kementerian Desa PDTT melalui Dana Desa yang sangat bermanfaat bagi keluarganya.

Berita ini 155 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Desa

Didaulat Jadi PPID Desa, Ini Manfaatnya Bagi Warga Desa Tukum

Kabar Desa

Sosialisasikan Bahaya Narkoba Bagi Anak, Pemdes JerukPurut Kolaborasi Sama BNN

Kabar Desa

HUT Ke-17 BUM Desa Binangun Danareja Mandiri Salurkan Bantuan Kepada Anak-anak Yatim

Kabar Desa

Peringati Hari Lahir Pancasila, Desa Wonosari Gelar Upacara dan Gelar Seni Budaya

Kabar Desa

Pemdes Sungai Ulak Salurkan Bansos Beras 10 Kg

Kabar Desa

Gaya Randupitu Kelola Sampah, Tuai Pujian Anggota DPRD Kota Batu

Kabar Daerah

Pembersihan Gorong Aliran Sungai di Desa Lagan Bungin

Kabar Desa

Dukung Warganya Bisa Menulis, Nagari Kurai Taji Adakan Pelatihan Jurnalistik