Home / Kabar Daerah

Kamis, 27 Oktober 2022 - 08:29 WIB

Batu Putih Sinergikan Bhakti TNI – PLTU Tambora

Olivia Maharani - Penulis

TVDesa – Sumbawa Barat : Dusun Jorok Tiram yang berada di Desa Batu Putih Taliwang Sumbawa Barat, menjadi titik lokasi kesekian kalinya yang berhasil mensinergikan PLTU Tambora dan Kodim 1628/Sumbawa Barat dalam melaksanakan pengabdian dan tanggungjawab moral kepada masyarakat sekitar.

“Terimakasih kepada Pihak PLTU Dan Kodim 1628/SB atas bantuan yang diberikan, dan akan kami manfaatkan semaksimal mungkin,” tutur Hasan Basri, salah satu perwakilan masyarakat Desa Batu Putih penerima manfaat bantuan mesin dan pelatihan produksi paving dan batako dengan program pemanfaatan faba PLTU Tambora di dusun Jorok Tiram Desa Batu Putih Taliwang Sumbawa Barat, Rabu (26/10/22).

Hasan dengan penuh semangat berjanji, akan segera mengoperasionalkan bantuan tersebut, sehingga dapat segera memberikan dampak kepada masyarakat setempat.

Baca Juga |  Dandim 0722/Kudus Beri Kejutan Polres Kudus Ucapan Hari Bhayangkara

“Semoga dapat bermanfaat dalam membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” harapnya.

Sementara, dalam sambutannya, Dandim 1628/Sumbawa Barat Letkol Inf Octavian Englana Partadimaja menyampaikan rasa terima kasih kepada pihak PLTU atas sinerginya dengan Kodim dalam membantu pemberdayaan masyarakat. Bantuan yang diberikan berupa mesin dan pelatihan produksi paving dan batako, dengan memanfaatkan FABA (Fly Ash and Bottom Ash) PLTU Tambora.

Dandim berpesan kepada kelompok masyarakat yang menerima bantuan agar dapat memanfaatkannya dengan sebaik-baiknya, memelihara alat dengan baik, dan mengikuti pelatihan dengan seksama.

“Semoga kerjasama ini dapat terus berjalan dan membawa manfaat langsung bagi masyarakat di wilayah Kab. Sumbawa Barat,” harap Dandim.

Perwakilan dari Manager PLTU, Bayu Ekananda, menjelaskan bahwa FABA yang dihasilkan oleh PLTU Sumbawa Barat telah dikategorikan sebagai non-limbah dan dapat dimanfaatkan sebagai substitusi bahan baku semen dan pasir. Hal ini berdasarkan PP No. 22 Tahun 2021 dan kajian yang telah dilakukan.

Baca Juga |  Bupati Kutim Tinjau Gedung Kantor Desa Persiapan Jabdan

“Beberapa UMKM di Sumbawa Barat sudah memanfaatkan FABA dan merasakan manfaatnya, yaitu biaya produksi yang lebih murah,” jelas Bayu.

Bayu berharap program ini dapat meningkatkan ekonomi sirkular di masyarakat dan mendorong lebih banyak UMKM di Sumbawa Barat untuk memanfaatkan FABA.

Kegiatan Sinergi Bhakti TNI dan PLTU ini dihadiri oleh Dandim 1628/Sumbawa Barat, Kasdim 1628/Sumbawa Barat, Danramil 1628-01/Taliwang, Perwakilan dari PLN UPK Tambora, Kades Batu Putih, Babinsa, Bhabinkamtibmas, dan tamu undangan lainnya.

Follow WhatsApp Channel tvdesanews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 47 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Daerah

Pengurus HUDA Dikukuhkan, Gubernur Mahyeldi Berharap Kekurangan Penceramah di Sumbar Teratasi*

Kabar Daerah

Ngopi Literasi: Membaca Dan Menulis Sama Pentingnya

Kabar Daerah

1.500 Pendamping Desa NTT Siap Sukseskan PIN Polio

Kabar Daerah

Pendamping Desa di NTT: Garda Terdepan Sukseskan PIN Polio

Kabar Daerah

Cegah Generasi Lemah, Gubernur Sumbar Minta Orang Tua Penuhi Tanggung Jawab

Kabar Daerah

Bersama Bawaslu, Forum Warga Bone Bolango Pantau Pemilu 2024

Kabar Daerah

10 Desa Wisata Terbaik Labuan Bajo Ikuti Pelatihan Beti Dewi

Kabar Daerah

Terhambat Geografis dan Keamanan, Dana Desa Tahap I di Tolikara Tetap Sukses Mengalir