Home / Profil

Selasa, 13 September 2022 - 08:00 WIB

Berawal dari Diskusi Pemuda Desa Mekargalih Kreatif Ubah Limbah Palet Jadi Mebel

@Admin 3 - Penulis

TVDesa – Purwakarta : Dulu, Pemuda Desa Mekargalih, Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, tak terganggu dengan masalah limbah palet kayu yang berserakan.

“Banyak ditemukan limbah palet kayu di Desa Mekargalih, Kecamatan Jatiluhur, tapi masih banyak masyarakat yang belum paham akan diapakan limbah kayu ini,” kata Patriot Desa Mekargalih, Yoedha Wirathama, Senin (12/9/2022).

Masih banyaknya pemuda Desa Mekargalih yang produktif namun belum memiliki pekerjaan yang tetap, membuat Yoedha Wirathama memiliki secercah ide. Apalagi, ada beberapa masyarakat desa yang memiliki keahlian dalam membuat furniture dari kayu.

“Untuk itu akhirnya saya coba mengajak masyarakat khusus para pemuda untuk duduk bersama membahas limbah kayu ini,” ujar Yoedha.

Bersama sejumlah rekan, Yoedha mengumpulkan para pemuda di Desa Mekargalih untuk berdiskusi terkait cara mendapatkan uang dari limbah-limbah kayu mereka sulap menjadi aneka mebel yang bernilai jual.

Baca Juga |  PSSI Dorong Pembinaan Pemain Muda di Desa Untuk Masuk Timnas

“Kita motivasi para pemuda di desa Mekargalih ini mengubah limbah palet kayu untuk dibuat berbagai jenis mebel seperti gantungan baju, meja laptop, kursi dan meja ruang tamu, kafe, taman, mini booth, rak, lemari, wall decoration, lampu hias, kitchen set, ranjang, dan gerobak,” terang Yoedha, seperti dilansir dari Jabarnews.com.

Yoedha menambahkan setelah diskusi terkait cara mengubah limbah palet kayu menjadi barang yang bernilai. Limbah-limbah palet kayu ini diubah menjadi barang woodcraft yang memiliki nilai jual tinggi, para pemuda desa Mekargalih tersebut segera bergerak.

“Hasil diskusi inilah yang memunculkan ide kreatif untuk memanfaatkan limbah palet kayu tersebut menjadi kerajinan bernilai. Baru kemudian dimusyawarahkan kembali bersama Pemuda Karang Taruna, BUMDesa dan Tokoh Masyarakat. Dari hasil musyawarah masyarakat menyetujui inovasi kerajinan furniture sebagai salah satu solusi penanggulangan masalah limbah palet kayu yang ada di desa Mekargalih,” ucap Yoedha.

Baca Juga |  Kuota RPL Desa di Bojonegoro Tersisa 348

Dia menerangkan, melalui program pemberdayaan desa yang digagas Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, para pemuda di desanya terus berupaya berkreasi agar bisa menekan penumpukan limbah.

Bukti hasil dari pemanfaatan limbah bekas kayu palet tersebut itu ada dan sudah ikut bisa mempromosikan karya-karyanya dalam partisipasi di Pasar Cisuren, Desa Mekargalih, Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta.

Berita ini 11 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Profil

Amelia Yani: Tinggal di Desa, Menyembuhkan saya.

Profil

Pernah Kerja Serabutan, Kini Angkat Pertanian Desa

Profil

Pemdes Mulai Siapkan Isoter Desa

Profil

BUMDES ini, Hidup dari Buah Kelengkeng

Profil

Cerita Toleransi dari Desa Balun

Profil

Desa Beji Kedewan, Lokasi Kebun Rambutan Bojonegoro

Profil

2 Tahun, Muhtar Ubah Desa One Pute Jaya Menjadi Maju

Profil

Rekomendasi Desa Wisata Saat Berkunjung ke Mandalika