Home / Kabar Desa

Senin, 30 Agustus 2021 - 17:04 WIB

Berita Acara SDGs Desa Kecamatan Balik Bukit ditandatangani Camat

002 Zia Nelwan - Penulis

TV Desa-Lampung Barat: Bertempat di Kantor Kecamatan Balik Bukit , dilaksanakan Musyawarah Penetapan Berita Acara SDGs Desa Tingkat Kecamatan Balik Bukit, yang dihadir oleh Pemerintah Kecamatan, PDP/PDTi dan PLD TPP Kecamatan Balik Bukit, Senin (30/08/2021).

Serah Terima BA SDGs Desa Kecamatan Balik Bukit

“Sejak maret hingga juli lalu, Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) menggenjot pendataan berbasis desa. Pendataan yang dikenal dengan Sustaineble Devolopment Goals (pembangunan berkelanjutan) Desa ini bertujuan mengetahui masalah dan potensi desa”. Ungkap Camat Balik Bukit Edi Jaya Saputra, SSTP., M.Si dalam sambutanya.

Pendataan dilakukan oleh kelompok kerja (pokja) tingkat desa yang ada dikecamatan Balik Bukit, untuk tahap awal sudah menyelesaikan 10 untuk survey Pekon, 80 Survey Pemangku, 6.193 Survey keluarga dan 23.540 untuk Survey Individu. Sisaya akan dilanjutkan pada tahap selanjutnya.
Data Sustainable Development Goals (SDGs Desa) ini akan menjadi basis Pemenuhan Hak Warga Desa untuk Sehat, Bersekolah, Bekerja, Lepas dari Kemiskinan, hidup dalam kedamaian dilingkungan yang sehat, hingga dalam budaya desa yang sesuai.

Baca Juga |  Pemdes Grandeng Studi Banding ke Desa Hunuth/Durian Patah

“Data SDGs Desa itu nantinya akan digunakan untuk menentukan Rencana Aksi Desa tahun 2022 hingga 2030, nanti akan kelihatan potret desa sehingga kita sudah bisa melakukan kalkulasi kira-kira sampai 2030 apa yang akan dihasilkan’’. Kata Rahmad Firdaus PDP TPP Balik Bukit.

Merujuk pada Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nomor 13 Tahun 2020 Tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2021, setidaknya ada 18 tujuan dan sasaran pembangunan melalui SDGs Desa tersebut, yaitu : Desa Tampa Kemiskian, Desa Tampa Kelaparan, Desa Sehat Dan Sejahtera, Pendidikan Desa Berkualitas, Desa Berkesetaraan Gender, Desa Layak Air Bersih Dan Sanitasi, Desa Yang Berenergi Bersih Dan Terbarukan, Pekerjaan Dan Pertumbuhan Ekonomi Desa, Inovasi Dan Infrastruktur Desa, Desa Tampa Kesenjangan, Kawasan Desa Pemukiman Berkelanjutan, Konsumsi Dan Produksi Desa Yang Sadar Lingkungan, Pengendalian Dan Perubahan Iklim Oleh Desa, Ekosistem Dan Laut Desa, Ekosistem Daratan Desa, Desa Damai Dan Berkeadilan, Kemitraan Untuk Pembangunan Desa, Kelembagaan Desa Dinamis Dan Budaya Desa Adaftif.

Baca Juga |  Budayawan Gelar Lomba Dakon, Pulihkan Permainan Masyarakat

Upaya pencapaian pencapaian SDGs Desa dalam situasi dan kondisi Pandemi covid-19 tidaklah mudah, karena itulah , penggunaan Dana Desa 2021 diprioritaskan untuk membiayai kegiatan yang mendukung pemulihan ekonomi nasional, program prioritas nasional dan adaptasi kebiasaan baru di desa. (zia)

Berita ini 77 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Desa

Kuta Barat Masuk Tahap Visitasi Apresiasi Keterbukaan Informasi Publik Desa 2023

Kabar Desa

Desa Panaikang Ditetapkan Sebagai Desa Cantik

Kabar Desa

Bincang Dengan Perangkat Desa Binaan, Bhabinkamtibmas Polsek Rembang Kota Serap Informasi & Himbau Kamtibmas

Kabar Desa

MAN Filial Denanyar 97, Adakan Reuni Di Kedai Susu Kandang Sapi

Kabar Desa

Dongkrak Ekonomi Warga, Pemdes Kedondong Gelar PKTD

Kabar Desa

Tips Pencegahan Bullying, Rumah PPAI Berikan Pemahaman

Kabar Desa

Usai Lebaran, BUMDes Dapat Tingkatkan Modal Lewat Investasi

Kabar Desa

Posyandu Lansia Dusun Branjang Desa Sidokerto, Tingkatkan Peran Serta Lansia