Home / Kabar Pusat

Rabu, 18 Agustus 2021 - 14:32 WIB

Berpakaian Adat Dayak, Menteri Desa PDTT Hadiri Upacara HUT Kemerdekaan Secara Virtual

Yadi - Redaksi Jakarta - Penulis

TV Desa – Jakarta: Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar menghadiri upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia secara virtual.

Dalam kesempatan itu, Halim Iskandar atau yang biasa disapa Gus Halim tampak mengenakan baju bulang kuurung, yaitu salah satu pakaian tradisional Suku Dayak Kenyak yang mendiami wilayah Kalimantan Timur.

“Mari syukuri dengan mencintai sesama, saling melindungi dan menjaga agar Indonesia segera terbebas dari Covid-19,” demikian pesan Halim Iskandar dalam peringatan HUT ke-76 Kemerdekaan RI, Selasa (17/08/2021).

Baca Juga |  Bagikan Bibit Padi Hibrida, Desa Kareng Kidul Upayakan Hasil Terbaik

Dalam upacara yang digelar secara hybrid itu, Doktor Honoris Causa dari UNY ini didampingi Wamendes PDTT, Budi Arie Setiadi yang mengenakan busana adat Papua; Sekjen Kemendes PDTT, Taufik Madjid dengan baju khas Maluku Utara; dan pejabat lainnya dengan pakaian tradisional.

Pasalnya, mereka sengaja kenakan pakaian tradisional untuk menyesuaikan dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sekaligus sebagai pesan bahwa desa adat menjadi konsen pembangunan di Indonesia.

Gus Halim dan pejabat Eselon I Kemendes PDTT lainnya mengenakan masker mengikuti upacara detik-detik proklamasi di Operation Room Kalibata, Jakarta Selatan.

Baca Juga |  Wapres Ma'ruf Amin Minta 25 Kabupaten Tertinggal Terentaskan di 2024

Para pejabat Kemendes PDTT itu tampak begitu hikmat menyaksikan upacara HUT ke-76 Kemerdekaan RI yang digelar di halaman Istana Merdeka dengan protokol kesehatan yang ketat untuk mencegah penularan virus Covid-19.

Sementara itu, Presiden Jokowi yang menjadi Inspektur Upacara juga menggunakan busana adat dari Lampung yang didominasi dengan warna putih dan dibalut kain songket berwarna merah.

Berita ini 49 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Pusat

Mendes: Jumlah Desa Mandiri Tembus Sebelas Ribu, Lampaui Target RPJMN

Kabar Pusat

Gus Halim : Inovasi Kader Digital Bakal Percepat Pembangunan Desa

Kabar Pusat

Kemendes PDTT Raih Penghargaan Kearsipan Kategori Sangat Memuaskan

Kabar Pusat

Konsep Model Bisnis Sosial Untuk Pengembangan Pariwisata Desa

Kabar Pusat

50 Desa Wisata Terbaik ADWI 2024 Diumumkan

Kabar Pusat

3 Desa Wisata Kabupaten Padang Pariaman Masuk 300 Besar ADWI 2024

Kabar Pusat

34 Desa Wisata di Sumatera Barat Lolos 500 Besar ADWI 2024

Kabar Pusat

Desa dengan Air Bersih Didorong Jadi Kesepakatan Global dalam WWF Bali