Home / Kabar Desa

Minggu, 9 Juni 2024 - 06:37 WIB

Biayai Kegiatan Warga, Kenokorejo Gunakan Reward PBB

@ADMIN 1 - Penulis

TVDesa – Sukoharjo : Desa Kenokorejo, Kecamatan Polokarto, menggunakan reward pelunasan pembayaran PBB, untuk membiayai kegiatan masyarakat di masing-masing rukun tetangga (RT) di wilayah setempat.

“Jadi kegiatan masyarakat menggunakan dana dari reward pembayaran PBB. Pola ini diterapkan selama beberapa tahun terakhir,” ujar Hendri Purnomo, Kepala Desa Kenokorejo, dilansir dari Solopos.com di kantornya, Kamis (6/6/2024).

Wajib pajak di wilayahnya, disebut Hendri, telah melunasi pembayaran PBB pada Februari 2024.

“Setelah menerima SPPT, perangkat desa segera mensosialisasikan pembayaran PBB kepada masing-masing wajib pajak,” kisah Hendri.

Nantinya, reward berupa dana tersebut, akan dimasukkan terlebih dahulu ke rekening desa, sebelum didistribusikan ke setiap RT/RW.

Kenokorejo sendiri tercatat sebagai satu dari 6 desa di tiga kecamatan Kabupaten Sukoharjo, yang telah melunasi pembayaran pajak bumi dan bangunan (PBB) pada periode Januari-April 2024, jauh sebelum jatuh tempo pada 30 September.

Baca Juga |  Bupati Garut Resmikan Desa Wisata Puncak Intan Dewata

Selain Kenokorejo, mereka adalah Desa Genengsari, Kemasan, dan Bulu di Kecamatan Polokarto, serta Desa Karangasem di Kecamatan Bulu dan Desa Pojok di Kecamatan Tawangsari.

“Januari, ada tiga desa yang telah melunasi pembayaran PBB, yakni Desa Genengsari, Desa Pojok, dan Desa Karangasem. Sementara tiga desa lainnya melunasi pembayaran PBB pada periode Februari-April,” papar Asmaji Budi Prayogo, Kepala Bidang (Kabid) Pendapatan Badan Pengelolaan Keuangan Pendapatan dan Aset Daerah (BPKPAD) Sukoharjo.

Para wajib pajak di desa-desa tersebut segera melunasi pembayaran PBB setelah menerima Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang (SPPT) pada akhir 2023, sehingga bisa disetorkan pada awal 2024.

Baca Juga |  Jelang Pergantian Tahun, Kades Segarajaya Ajak Masyarakat Kerja Bakti

“Jatuh tempo pelunasan pembayaran PBB pada 30 September. Masih empat bulan lagi. Jadi kemungkinan besar, ada desa lain yang menyusul melunasi pembayaran PBB,” ujar Asmaji.

Pria yang akrab disapa Aji ini membenarkan peran perangkat desa, yang aktif mengajak wajib pajak untuk melunasi pembayaran PBB, usai menerima SPPT.

“Biasanya, pemberian reward dilakukan saat tax gathering PBB yang digelar setelah September. Kami mengapresiasi perangkat desa yang telah berkontribusi membantu (mempercepat) dalam pembayaran PBB,” pungkas Asmaji.

Follow WhatsApp Channel tvdesanews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 8 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Desa

Jalan Desa Tugusari Diperbaiki, Warga Gembira, Ekonomi Lancar!

Kabar Desa

Betung Genjot Kesejahteraan: Dana Desa Optimal Lewat Pendampingan

Kabar Desa

Jembatan Merah Putih Pembuka Isolasi Dusun Karangsari

Kabar Desa

Air Hujan Jadi Andalan Warga Muara Pantuan dengan Gama Rain Filter

Kabar Desa

KKNT IPB: Mengubah Resin Jadi Pundi-pundi Ekonomi Desa Tugubandung

Kabar Desa

Cisaat Masuk 50 Besar ADWI 2024, Siap Menjadi Desa Wisata Edukasi Berkelas Dunia

Kabar Desa

Pasar Simpang Tiga Bangkit Kembali Di Bawah Pengelolaan Desa

Kabar Desa

Kidung Buhun dan Semangat Gotong Royong Warnai Babarit Lembur Desa Cageur