Home / Kabar Desa

Senin, 12 September 2022 - 12:07 WIB

Bimtek SDGs di Gelar dalam Percepatan Pencapaian Pembangunan Berkelanjutan

012 Joni Karbot - Penulis

TV Desa-Banyuasin: Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi para operator atau Petugas Pendata SDGs (Tujuan Pembangunan Berkelanjutan) di Desa Bukit, Desa Sri Kembang dan Desa Suka Mulya serta Desa Taja Indah yang dilaksanakan serentak. SDGs merupakan program rujukan para pemimpin dunia termasuk Indonesia dalam melakukan aksi global, SDGs berisi 17 Tujuan dan 169 target yang diharapkan dapat dicapai pada tahun 2030 sedangkan SDGs Desa berisi 18 tujuan.

 

Selain petugas operator yang disebut enemurator, bimtek hari ini dihadiri oleh Tenaga Ahli Kabupaten Nurawati SH, Rismarini S.Pd, Indra Faisal ST, Camat Betung M.Sobir S.Sos, Kepala Desa (Kades) Taja Indah Alpikar M.Pd, Kades Bukit Ivan Juniaryah SH, Kades Sri Kembang Hadi Saputra, Kades Suka Mulya Eko Susanto beserta Perangkat Desa, Pendamping Desa dan Pendamping Lokal Desa

Baca Juga |  Ecotik yang Eksotik....

Dalam Sambutan sekaligus membuka acara Camat Betung M Sobir S.Sos menghimbau agar para enemurator dapat memahami dan melaksanakan pendataan setelah bimtek hari ini.

Ditambahakan oleh M Sobir. Bahwa para enemurator harus bekerja dengan teliti sesuai data di lapangan yaitu Kartu Keluarga (KK) dan kondisi riil di lapangan.

Dalam kesempatan ini Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat (TAPM) Kabupaten Banyuasin sekaligus Korkab Nurahwati, SH bahwa SDGs program percepatan pembangunan Nasional karena SDGs masuk ke dalam program Kementerian Desa (Kemendes) sesuai Instruksi Presiden. Dana untuk operasional kegiatannyapun didanai dari Dana Desa dan bertujuan untuk melihat kondisi riil masyarakat, guna perencanaan program pemulihan kondisi sosial ekonomi masyarakat, terutama pasca pandemi Covid-19.

Baca Juga |  Desa Ini Menyediakan Wisata Arung Jeram

Lanjut pada teknis bimbingan penginputan data pada aplikasi SDGs, melalui Handphone android/ letop masing-masing enemurator dipandu langsung oleh Narasumber dan difasilitasi Arnita ST, Lina Susanti S.Pd.I Selaku Pendamping Desa Serta Joni, Sugianto

Follow WhatsApp Channel tvdesanews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 45 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Desa

Cipakat Maju Menuju Desa Sadar Hukum: Wujudkan Masyarakat Patuh Hukum

Kabar Desa

Penanggal Rayakan Grebeg Ambengan: Syukur, Budaya, dan Semangat Desa

Kabar Desa

Semangat Gotong Royong Semarum Wujudkan Desa Bersih

Kabar Desa

Siap Hadapi Bencana, Desa Les Bidik Juara ADWI 2024

Kabar Desa

Gunungan Hasil Bumi Diarak, Semarak Sedekah Dusun Gading Jombang

Kabar Desa

Berengkes Ikan: Semangat Ibu Lestarikan Kuliner Khas Batanghari

Kabar Desa

Kembangkan Potensi Desa Cermee, Mahasiswa KKN UNEJ Dirikan Klinik UMKM

Kabar Desa

Kampung Pengawasan Partisipatif Desa Mekarjaya Pilih Kentongan Jadi Ikon