Home / Kabar Desa

Sabtu, 11 September 2021 - 16:10 WIB

Biro Bermas Setda DIY Lakukan Monev Dana Desa ke Kalurahan Banjarasri

Aris Nurkholis - Penulis

Biro Bermas Setda DIY Lakukan Monev Dana Desa di Kalurahan Banjarasri

Biro Bermas Setda DIY Lakukan Monev Dana Desa di Kalurahan Banjarasri

TV  Desa – Kulon Progo: Biro Bermas Setda Daerah Istimewa Yogyakarta melakukan Monev Penggunaan Dana Desa ke Kapanewon Kalibawang  pada hari Jum’at (10/9/21). Tim Biro Bermas Setda DIY terdiri atas dua tim yaitu tim yang melakukan monev ke Kantor Kapanewon Kalibawang dan tim satu lagi monev ke Kantor Kalurahan Banjarasri.

Suedy, S.sos., M.P.A selaku Kabag Penguatan Kelembagaan dan Sistem Pengembangan Sumber Daya Masyarakat Biro Bermas Setda DIY menyampaikan kedatangannya ke Kalurahan Banjarasri dalam rangka monitoring prioritas penggunaan Dana Desa di Kalurahan Banjarasri. Selain melakukan monev terhadap prioritas penggunaan DD, Biro Bermas juga melakukan monitoring terhadap Bantuan Keuangan Khusus (BKK) Dana Keistimewaan untuk penanganan pandemi Covid-19.

Dalam kesempatan monev tersebut Pj. Lurah Banjarasri Bapak Bakir menyampaikan bahwa Kalurahan Banjarasri tahun 2021 mendapatkan alokasi DD sebesar 1.062.227.000. Sampai dengan akhir Agustus 2021 penyerapan DD sudah mencapai 95% dari total DD yang telah cair sampai dengan tahap 2. Adapun progres pencairan DD sampai saat ini seluruh alokasi DD tersebut telah cair dari RKUN ke Rekening Kas Kalurahan.

Baca Juga |  Sosialisasi Evaluasi Dana Desa di Pali, Ini Kata Kabid DPMD Rahmat Dinata STP

Penggunaan DD di Kalurahan Banjarasri telah digunakan sebagaimana yang menjadi amanat dalam Permendes 13 Tahun 2020 tentang prioritas penggunaan DD tahun 2021. Diantaranya untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) selama 12 bulan untuk 20 keluarga penerima manfaat sebesar Rp.300.000 per bulan. Selain itu DD kalurahan Banjarasri juga digunakan untuk penanganan covid 19, Padat Karya Tunai Desa (PKTD), dan penguatan ketahanan pangan dan penanganan stunting.

Baca Juga |  Tercepat 100 Persen Salurkan Dana Desa, Pemkab Kaimana Raih Penghargaan Ini

Lebih lanjut Bakir yang juga sebagai Staff Kemakmuran Kapanewon Kalibawang menyebutkan bahwa Dana Desa tahun 2021 ini juga digunakan untuk pemulihan ekonomi kalurahan melalui penyertaan modal kepada BUM DESA sebesar 100 juta. Dana tersebut oleh BUM DESA digunakan untuk pembangunan taman desa yang dilengkapi kolam renang dan juga gedung minimarket atau Bumdes mart. Dengan adanya taman desa dengan segala fasilitas pendukungnya tersebut diharapkan mampu menggerakkan perekonomian warga kalurahan Banjarasri Kapanewon Kalibawang Kab. Kulon Progo. (ANK_TAPM)

Berita ini 109 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Desa

Kegiatan Posyandu Lansia Dusun Branjang Desa Sidokerto Kecamatan Mojowarno Wujudkan Masa Tua Lansia Yang Bahagia, Sehat, Mandiri Dan Berdayaguna

Kabar Desa

Desa Darsono, Rerata Panen Padi Organik 6 Ton Per-Hektar

Kabar Desa

Pemdes Pattiroang Realisasikan Jalan Tani Ma’lete

Kabar Desa

Dibangun Tahun 2023, TPT Desa Teba jawa Jebol Diterjang Banjir Bandang

Kabar Desa

Desa Loa Janan Ulu Fokuskan APBDes Pada Pembangunan Kantor Desa Baru

Kabar Desa

Bappenas Bersama Kementerian/Lembaga Segera Luncurkan Indeks Desa

Kabar Desa

Kades Segarajaya Gelar Open House Idul Fitri 1445 H

Kabar Desa

Menolak Punah, Warga Desa Adobala Rawat Tradisi Gemohing