Home / Kabar Desa

Sabtu, 11 September 2021 - 16:10 WIB

Biro Bermas Setda DIY Lakukan Monev Dana Desa ke Kalurahan Banjarasri

Aris Nurkholis - Penulis

TV  Desa – Kulon Progo: Biro Bermas Setda Daerah Istimewa Yogyakarta melakukan Monev Penggunaan Dana Desa ke Kapanewon Kalibawang  pada hari Jum’at (10/9/21). Tim Biro Bermas Setda DIY terdiri atas dua tim yaitu tim yang melakukan monev ke Kantor Kapanewon Kalibawang dan tim satu lagi monev ke Kantor Kalurahan Banjarasri.

Suedy, S.sos., M.P.A selaku Kabag Penguatan Kelembagaan dan Sistem Pengembangan Sumber Daya Masyarakat Biro Bermas Setda DIY menyampaikan kedatangannya ke Kalurahan Banjarasri dalam rangka monitoring prioritas penggunaan Dana Desa di Kalurahan Banjarasri. Selain melakukan monev terhadap prioritas penggunaan DD, Biro Bermas juga melakukan monitoring terhadap Bantuan Keuangan Khusus (BKK) Dana Keistimewaan untuk penanganan pandemi Covid-19.

Dalam kesempatan monev tersebut Pj. Lurah Banjarasri Bapak Bakir menyampaikan bahwa Kalurahan Banjarasri tahun 2021 mendapatkan alokasi DD sebesar 1.062.227.000. Sampai dengan akhir Agustus 2021 penyerapan DD sudah mencapai 95% dari total DD yang telah cair sampai dengan tahap 2. Adapun progres pencairan DD sampai saat ini seluruh alokasi DD tersebut telah cair dari RKUN ke Rekening Kas Kalurahan.

Baca Juga |  Pemdes Desa Sedang Salurkan BLT-DD Tahap II

Penggunaan DD di Kalurahan Banjarasri telah digunakan sebagaimana yang menjadi amanat dalam Permendes 13 Tahun 2020 tentang prioritas penggunaan DD tahun 2021. Diantaranya untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) selama 12 bulan untuk 20 keluarga penerima manfaat sebesar Rp.300.000 per bulan. Selain itu DD kalurahan Banjarasri juga digunakan untuk penanganan covid 19, Padat Karya Tunai Desa (PKTD), dan penguatan ketahanan pangan dan penanganan stunting.

Baca Juga |  H-3 Ramadhan, 20 Kepala Keluarga Terima Bantuan

Lebih lanjut Bakir yang juga sebagai Staff Kemakmuran Kapanewon Kalibawang menyebutkan bahwa Dana Desa tahun 2021 ini juga digunakan untuk pemulihan ekonomi kalurahan melalui penyertaan modal kepada BUM DESA sebesar 100 juta. Dana tersebut oleh BUM DESA digunakan untuk pembangunan taman desa yang dilengkapi kolam renang dan juga gedung minimarket atau Bumdes mart. Dengan adanya taman desa dengan segala fasilitas pendukungnya tersebut diharapkan mampu menggerakkan perekonomian warga kalurahan Banjarasri Kapanewon Kalibawang Kab. Kulon Progo. (ANK_TAPM)

Follow WhatsApp Channel tvdesanews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 110 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Desa

Jalan Desa Tugusari Diperbaiki, Warga Gembira, Ekonomi Lancar!

Kabar Desa

Betung Genjot Kesejahteraan: Dana Desa Optimal Lewat Pendampingan

Kabar Desa

Jembatan Merah Putih Pembuka Isolasi Dusun Karangsari

Kabar Desa

Air Hujan Jadi Andalan Warga Muara Pantuan dengan Gama Rain Filter

Kabar Desa

KKNT IPB: Mengubah Resin Jadi Pundi-pundi Ekonomi Desa Tugubandung

Kabar Desa

Cisaat Masuk 50 Besar ADWI 2024, Siap Menjadi Desa Wisata Edukasi Berkelas Dunia

Kabar Desa

Pasar Simpang Tiga Bangkit Kembali Di Bawah Pengelolaan Desa

Kabar Desa

Kidung Buhun dan Semangat Gotong Royong Warnai Babarit Lembur Desa Cageur