Home / Kabar Desa

Minggu, 28 Agustus 2022 - 16:32 WIB

BKMT Kecamatan Subi Gelar Lomba Sholawat Dalam Rangka Peringatan Tahun Baru Islam 1444 Hijriah

010 Fandi - Penulis

Foto Bersama Peringatan 1 Muharram 1444 H, BKMT dan OPD yang ada di Kecamatan Subi, 📸 Fandi (28/8-22).

Foto Bersama Peringatan 1 Muharram 1444 H, BKMT dan OPD yang ada di Kecamatan Subi, 📸 Fandi (28/8-22).

TV Desa News – Subi : Peringatan Tahun baru Islam merupakan momentum penting untuk diperingati oleh Umat Islam diseluruh Dunia karena Tahun Baru Hijriah menandai peristiwa penting yang terjadi dalam sejarah Islam yaitu memperingati Hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Kota Mekkah ke Madinah pada tahun 622 Masehi. Peristiwa bersejarah tersebut terjadi pada tanggal 1 Muharram bagi kalender Hijriah dan  diambil sebagai awal perhitungan bagi kalender Hijriah.

BKMT Kecamatan Subi Memperingati Tahun Baru Islam 1444 Hijriah, 📸 Fandi (28/8-22).

Perayaan Tahun Baru Islam ini berbeda penetapannya dengan Tahun Baru Masehi. Sebab kalender Islam menggunakan perhitungan berdasarkan sistem peredaran bulan atau Qamariyah, sementara kalender Masehi menggunakan sistem Syamsiyah atau peredaran matahari. Tahun Baru Islam ini tentu memiliki makna yang penuh arti dan merupakan suatu hari yang penting bagi Umat Islam.

Kali ini Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) Kecamatan Subi menggelar Lomba Sholawat Tingkat SD yang diselenggarakan digedung Serbaguna 28/8-2022 yang dihadiri oleh Camat, Kepala KUA, Kepala Desa, POS AL dan unsur masyarakat lainnya dikecamatan Subi.

Baca Juga |  Pemerintah Daerah Perlu Sering Turun ke Desa
BKMT Kecamatan Subi Gelar Lomba Sholawat untuk Peringati Tahun Baru Islam 1444 H, 📸 Fandi (28/8-22).

Ditemui disela-sela kegiatan, Ketua BKMT Kecamatan Subi Ibu Helendri menjelaskan bahwa “Lomba Sholawat ini diselenggarakan dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1444 Hijriah, peserta yang mengikuti perlombaan ini adalah perwakilan anak-anak tingkat SD setiap Desa yang ada di Kecamatan Subi. Selain itu harapan dari Ibu Helen sapaan akrabnya adalah agar Generasi muda Umat Islam dapat mengingat sejarah perjuangan Nabi Besar Muhammad SAW dalam melakukan Syiar Dakwahnya yang begitu berat dari kaum kafir Quraisy. Selain itu juga pesannya dilarang mencela orang lain saat bulan Muharram karena dalam ajaran agama Islam, mencela merupakan perbuatan yang tercela, terlebih diharamkan selama bulan Muharram”.

Fandi yang juga TPP Kemendes PDTT memberi penjelasan bahwa “Kalau dilihat dari kiprah BKMT ini sangat besar untuk dakwah Islam, terutama bagi kaum Ibu dan Wanita Muslim, selama ini dakwah memang merupakan kegiatan BKMT yang menonjol dan paling dirasakan masyarakat. Sangat baik perannya, terutama memang dari kegiatan dakwah Islamnya, berperan meningkatkan peranan Ibu-ibu dan Wanita Muslimah, termasuk dibidang ekonomi kekeluargaan, melihat peran dibidang ekonomi yang ada selama ini seharusnya bisa kembali dihidupkan, sekaligus mengembalikan Ibu-ibu dan Wanita Muslimah aktif lagi dikegiatan ormas-ormas Islam dan BKMT harus bisa meningkatkan perannya sesuai zaman, mengingat tantangan diera globalisasi semakin tinggi, dan BKMT harus bisa menjawab semua tantangan itu. (*Red).

Follow WhatsApp Channel tvdesanews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 211 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Desa

Tenongan : Tradisi Yang Masih Lestari Hingga Saat Ini

Kabar Desa

Empat Desa di Abang Laksanakan Nyepi Adat, Sekolah dan Toko Tutup

Kabar Desa

Cipakat Maju Menuju Desa Sadar Hukum: Wujudkan Masyarakat Patuh Hukum

Kabar Desa

Penanggal Rayakan Grebeg Ambengan: Syukur, Budaya, dan Semangat Desa

Kabar Desa

Semangat Gotong Royong Semarum Wujudkan Desa Bersih

Kabar Desa

Siap Hadapi Bencana, Desa Les Bidik Juara ADWI 2024

Kabar Desa

Gunungan Hasil Bumi Diarak, Semarak Sedekah Dusun Gading Jombang

Kabar Desa

Berengkes Ikan: Semangat Ibu Lestarikan Kuliner Khas Batanghari