Home / Profil

Kamis, 30 September 2021 - 12:05 WIB

Ketum DPN BKNDI: Harus Ada Kebijakan Taktis Selamatkan Desa Dimasa Pandemik

001 Syafridhani - Penulis

TV Desa – Ambon : Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang berulang, berdampak pada mobilitas masyarakat desa. Hal ini mengakibatkan kegiatan ekonomi berjalan tidak sebagaimana mestinya.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Umum DPN BKNDI, Isra Sanaky kepada TV Desa melalui pesan WhatsApp, Rabu (29/09/2021).

Isra Sanaky: “Kekuatan bangsa saat ini berada pada posisi desa karena masih adanya keseimbangan perimbangan perputaran ekonomi disana. Berbeda dibanding di kota-kota besar dalam situasi pandemik ini.”

Desa-desa di Maluku contohnya, menurut Sanaky, mengalami hal yang sama seperti dengan daerah-daerah lain dalam situasi pandemik ini. Itu menjadi tantangan berat bagi masyarakat desa terutama yang berada di daerah terpencil maupun terluar.

Ketum DPN BKNDI, Isra A. Sanaky, S.H.I., M.H. bersama Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo. 

“Olehnya itu Saya berharap ada solusi kebijakan taktis pemerintah untuk menyelamatkan masyarakat desa. Harus dikondisikan aturan tidak sampai mengganggu aktifitas masyarakat desa, terutama di sektor yang menjadi andalan ekonomi warga desa,” Kata Sanaky.

Sanaky mengatakan peran BKNDI sifatnya melakukan komunikasi dengan pemerintah untuk mencari solusi bagaimana desa-desa tidak mengalami pergeseran, termasuk dari sisi pergerakan ekonomi.

BKNDI sendiri dalam masa pandemik ini, kata Sanaky, melakukan transformasi informasi kepada para pengurusnya di daerah. Disamping itu BKNDI juga melakukan kegiatan pemberdayaan maupun menyalurkan Bansos.

Penyaluran Bansos kepada masyarakat oleh BKNDI. 

Sanaky berharap bila pandemik ini berakhir dan pemberlakuan PPKM tidak seketat sebelumnya, pemerintah harus mempercepat kembali kebijakan-kebijakan yang lebih praktis, terutama adalah pemberdayaan desa-desa.

Berbicara persoalan desa-desa di Maluku, kata Sanaky, perlu kajian mendalam dan kebijakan yang berbeda dibandingkan dengan di daerah lain di Indonesia. Secara demografi Maluku terdiri atas ribuan pulau, dimana itu berpengaruh kepada mobilitas masyarakat desa-desa disana. Meski potensi pertanian perkebunan yang begitu besar, namun belum dimaksimalkan.

Agenda prioritas BKNDI, menurut Sanaky, adalah untuk mewujudkan  masyarakat Indonesia yang mandiri, aman, damai, sejahtera, yang mempunyai kepribadian berdasarkan kebersamaan dan gotong royong.

BKNDI diharapkan mampu mendorong percepatan pembangunan di desa-desa, terutama memaksimalkan sumber daya yang ada, yang berujung pada peningkatan kesejahteraan masyarakat desa, pungkas Sanaky.(*)

Berita ini 194 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Profil

PMII Rayon Syariah Purwokerto Inisiasi Pesantren Konstitusi Sebagai Upaya Mengembalikan Jati Diri Indonesia Sebagai Negara Hukum

Profil

Desa Loa Duri Ulu, Sudah Miliki Tim Media Sendiri

Profil

Inayati Pejuang Literasi, Pulang Ke Desa Demi Membangun Budaya Baca

Profil

Bangun Kantor Baru, Desa Gunggungan Lor Tingkatkan Layanan

Profil

Wae Rebo, Desa Tercantik Dunia 2024 Versi Spectator Index

Profil

Digitalisasi Desa Wisata, Tumbuhkan Pariwisata Lampung

Profil

BUMDes Lumbung Argo Tirto, Desa Gunungronggo Target Bukukan Laba Positif 2024

Profil

Menilik TBM Al-Huda, Seberkas Cahaya Di Ujung Utara Purbalingga