Home / Kabar Daerah

Senin, 27 Mei 2024 - 19:57 WIB

Blora Bangga! Desa Wisata Bangowan Melaju ke 50 Besar Anugerah Desa Wisata Indonesia 2024

@ADMIN 1 - Penulis

Desa Wisata Bangowan, Kecamatan Jiken, Blora masuk dalam 50 besar desa terbaik dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2024. (Image courtesy: Humas Pemkab Blora)

Desa Wisata Bangowan, Kecamatan Jiken, Blora masuk dalam 50 besar desa terbaik dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2024. (Image courtesy: Humas Pemkab Blora)

TVDesa – Blora : Kabar membanggakan datang dari Kabupaten Blora. Desa Wisata Bangowan, Kecamatan Jiken, berhasil lolos ke dalam 50 desa wisata terbaik dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2024. Prestasi ini disambut antusias oleh Bupati Blora, Arief Rohman, dan menjadi cambuk semangat bagi para pengelola desa wisata untuk terus berinovasi dan meningkatkan kualitas.

“Bangowan luar biasa bisa masuk 50 desa wisata terbaik se-Indonesia. Ini sudah top, luar biasa. Tinggal nanti bagaimana bisa berkelanjutan dan berkesinambungan,” kata Arief Rohman dalam siaran pers, Senin (27/5/2024).

Bagi Arief, pengembangan desa wisata bukan hanya tentang meraih juara, tetapi yang terpenting adalah keberlanjutan pengelolaan desa wisata dan dampaknya terhadap pemberdayaan ekonomi masyarakat desa. Oleh karena itu, ia mendorong sinergi antar berbagai pihak dan terus menggali potensi lokal untuk meningkatkan daya tarik wisata.

“Sinergi dengan berbagai sektor harus terus dibangun. Terus gali potensi lokal untuk daya tarik wisata,” ungkapnya.

Baca Juga |  Desa Wisata Serang, Sambut Sandiaga diatas PickUp Terbuka

Arief juga mengapresiasi kerja keras para pengelola Desa Wisata Bangowan dan berharap mereka terus berkarya dan menggali potensi wisata yang ada, seperti budaya wayang, sawo organik, dan keindahan alam.

“Beberapa kali saya ke sana dan memang bagus. Ada beberapa potensi, seperti budaya wayang yang masih ada, sawo organik yang enak, dan pemandangan alam yang terus dijaga,” imbuhnya.

Sementara itu, salah satu pengelola Desa Wisata Bangowan, Hanif Masadini, mengaku bersyukur atas capaian ini. Menurutnya, lolosnya Desa Bangowan ke 50 besar merupakan hasil kerja keras dan dedikasi para pengelola, mengingat persaingan di ADWI 2024 sangat ketat.

“Masuk 100 besar kemarin sudah luar biasa. Di Jawa Tengah (Jateng) persaingan juga sangat ketat. Sejumlah desa wisata, seperti, Lerep, Paranggupito, Magelang, dan sejumlah desa wisata lain yang ikut berkompetisi sangat luar biasa. Ini pencapaian yang membuat kami bangga,” katanya, Minggu (26/05/2024).

Baca Juga |  Gali Potensi Desa, Wabup Bengkalis Ikut Mancing Ikan Kolam Bekas Galian Batu Bata

Hanif menambahkan, ini bukan kali pertama Desa Wisata Bangowan mengikuti ADWI. Sejak tiga tahun terakhir, mereka terus berbenah dan mengembangkan potensi wisata desa dengan fokus pada pelestarian alam dan budaya.

“Ini tahun ketiga. Sebelumnya pernah ikut, tetapi hanya di 300 besar. Ini Alhamdulillah bisa masuk 50 besar,” ujarnya.

Keberhasilan Desa Wisata Bangowan melaju ke 50 besar ADWI 2024 diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi desa-desa wisata lain di Blora untuk terus berinovasi dan meningkatkan kualitas. Dengan dukungan pemerintah dan sinergi antar pihak, desa wisata di Blora berpotensi menjadi lokomotif ekonomi kreatif dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa.

Follow WhatsApp Channel tvdesanews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 4 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Daerah

Dana Desa Transparan: Bombana Sosialisasikan Pentingnya Pengawasan

Kabar Daerah

Perang Stunting di Mukomuko: Rp13 Miliar Dana Desa Siap Digunakan

Kabar Daerah

HUDA Sumbar Diharapkan Isi Kekurangan Penceramah

Kabar Daerah

Ngopi Literasi: Membaca dan Menulis Kunci Menuju Masa Depan Gemilang

Kabar Daerah

1.500 Pendamping Desa NTT Siap Sukseskan PIN Polio

Kabar Daerah

Pendamping Desa di NTT: Garda Terdepan Sukseskan PIN Polio

Kabar Daerah

Cegah Generasi Lemah, Gubernur Sumbar Minta Orang Tua Penuhi Tanggung Jawab

Kabar Daerah

Bersama Bawaslu, Forum Warga Bone Bolango Pantau Pemilu 2024