Home / Kabar Desa

Selasa, 24 Agustus 2021 - 11:11 WIB

BLT DD : Oase Segar

Thomas St - Penulis

TV Desa – Klaten  Bantuan Langsung Tunai ( BLT ) DD merupakan bentuk nyata keberpihakan dari Kementerian Desa PDTT terhadap masyarakat desa, khususnya. Dengan adanya pandemi covid, Kementerian Desa PDTT sigap mengalokasikan anggaran DD untuk jaringan pengaman sosial bagi  masyarakat desa yg terkena dampak pandemi covid. Sebagai mana diketahui bahwa pandemi covid bukan hanya persoalan bidang kesehatan tetapi juga menimbulkan masalah sosial ekonomi. BLT DD benar-benar dirasakan manfaatnya bagi masyarakat desa.

Pagi ini, Selasa tanggal 24 Agustus telah dilangsungkan penyaluran BLT DD bulan ke 8 bagi 26 KPM di desa Sribit. Kegiatan penyaluran ini disaksikan secara langsung oleh anggota BPD, Babinkamtibmas, Babinsa dan Pendamping Desa. Pelaksanaan dilangsungkan dgn mengikuti protokol kesehatan demi mencegah penyebaran covid 19. Di desa Sribit penangangan covid dilakukan dengan baik dan secara gotong royong tanpa melupakan kearifan lokal.

Baca Juga |  Pastikan Layanan JKN, Presiden Joko Widodo Tinjau RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro

Pagi sebelum dimulai, para penerima manfaat sudah berdatangan ke balai desa Sribit. Mereka tampak bersemangat untuk menerima BLT DD bulan ke 8. Bp.Alibi sebagai kepala desa Sribit dalam sambutan singkatnya menghimbau agar uang sebesar 300 ribu ini digunakan sebagaimana semestinya, yaitu : untuk membeli kebutuhan hidup sehari-hari, bukan untuk membeli kebutuhan konsumtif, misalkan ; kuota internet. Juga, para penerima manfaat diminta untuk mempertahankan kondisi covid yg bagus di desa Sribit. Selain itu, tetap diminta untuk saling tolong menolong jika ada masyarakat desa Sribit yg terpapar covid.

Di tengah kesulitan ekonomi selama pandemi covid, BLT DD sebesar 300 ribu sungguh berarti bagi penerima manfaat. Mereka telah diseleksi dalam musyawarah desa khusus bahwa mereka sungguh layak untuk menerima BLT DD. Sebagian besar dari mereka sudah lanjut usia, tidak bekerja lagi dan bahkan ada yg mempunyai penyakit tahunan. Bagi mereka, BLT DD bagaikan oase yg memberikan kesegaran di tengah ekonomi yang sulit.

Baca Juga |  DLas Zoo: Siap Sambut Pengunjung Purbalingga

Pandemi covid yg hampir berlangsung 2 tahun ini benar-benar memukul bidang kesehatan dan ekonomi. Permasalahan ini akan bisa diatasi jika ada tanggung jawab bersama seluruh elemen masyarakat. Semua pihak mengambil peran masing-masing untuk penanganan covid sehingga pandemi covid segera selesai. Jika pandemi covid segera berakhir, roda ekonomi pun akan menggeliat lagi dan tentunya keterpurukan ekonomi bisa cepat teratasi seiring kegiatan ekonomi berjalan sebagaimana sebelum pandemi covid.

Thomas St.

Follow WhatsApp Channel tvdesanews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 73 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Desa

BLT DD di Desa Kiawa Satu Bantu Masyarakat Miskin Ekstrim Penuhi Kebutuhan Pokok

Kabar Desa

Ini, Cara Ibu-ibu PKK Desa Tewah Pupuh Tingkatkan Kepiawaian Mengolah Hasil Perikanan Lokal

Kabar Desa

7 Mahasiswa Unimor Berbakti di Desa Oetulu, Gebyar Program Desa Mandiri

Kabar Desa

Ziarah Makam Para Kepala Desa Warnai Hari Jadi Desa Ciparigi ke-224

Kabar Desa

Babinsa Dampingi Petani Kembangkan Sorgum di Subak Gede, Seririt

Kabar Desa

Dorong Perekonomian Petani, Desa Pasar Ipuh Bagikan Alsintan dan Hewan Ternak

Kabar Desa

Penetapan Batas Desa di Kecamatan Sebangki: Upaya Ciptakan Keteraturan dan Kepastian Hukum

Kabar Desa

Gotong Royong Semarakkan Masjid Jami’ur Rahman Desa Pangkalan Sulampi