Home / Kabar Desa

Minggu, 11 September 2022 - 02:15 WIB

BPD dan Pemdes Pisangan Jaya Bersinergi Bangun Desa Sejahtera

Hermansyah - Penulis

TVDesa – Kabupaten Tangerang : Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan Pemerintah Desa (Pemdes) Pisangan Jaya berkomitmen untuk selalu berkolaborasi dan bersinergi dalam menjalankan roda pemerintahan desa. Hal ini ditegaskan oleh Ketua BPD Desa Pisangan Jaya, Syarifudin.SE, saat ditemui di sela-sela kegiatan Pekan Olahraga Desa (Pordes) dalam rangka memeriahkan HUT RI Ke 77 Desa Pisangan Jaya Kecamatan Sepatan, Sabtu (10/09/2022).

Syarifudin menjelaskan bahwa sinergi antara BPD dan Pemdes Pisangan Jaya sangatlah penting untuk memastikan kelancaran pelaksanaan tugas dan fungsi masing-masing. “Kolaborasi dan kekompakan menjadi kunci utama dalam mewujudkan pembangunan desa yang tepat sasaran dan bermanfaat bagi seluruh masyarakat,” ujarnya.

Ia juga menekankan pentingnya peran BPD dalam memahami penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) yang selanjutnya ditetapkan menjadi Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes). “Dengan pemahaman yang baik terhadap RKPDes dan APBDes, BPD dapat mengawasi dan mengevaluasi pelaksanaan pembangunan desa agar sesuai dengan yang diharapkan oleh masyarakat,” jelasnya.

Baca Juga |  Gampong Baharu Blangpidie Gelar Musrenbang Desa TA 2022

Lebih lanjut, Syarifudin mengapresiasi kinerja Kepala Desa Pisangan Jaya, BPD, dan seluruh lembaga desa yang selama ini bekerja secara profesional dan mengedepankan musyawarah. Ia yakin bahwa dengan kolaborasi dan sinergi yang solid, desa Pisangan Jaya akan semakin maju dan sejahtera.

“Semoga dengan kolaborasi dan sinergi yang selalu terjaga, BPD dan Pemdes Pisangan Jaya dapat terus memberikan manfaat bagi masyarakat melalui pembangunan desa yang berkualitas,” tutupnya.

Pentingnya Sinergi BPD dan Pemdes

Sinergi antara BPD dan Pemdes merupakan hal yang sangat penting dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan desa yang baik dan efektif. BPD sebagai lembaga perwakilan rakyat desa memiliki tugas dan fungsi untuk mengawasi dan mengevaluasi kinerja Pemdes dalam menjalankan roda pemerintahan. Sedangkan Pemdes memiliki tugas dan fungsi untuk melaksanakan pembangunan desa sesuai dengan aspirasi masyarakat.

Baca Juga |  Kades Pisangan Jaya Berikan Penghargaan Kepada Ketua RT dan RW Berprestasi Pengumpulan Zakat Fitrah

Dengan bersinergi, BPD dan Pemdes dapat saling bahu membahu untuk mencapai tujuan bersama, yaitu mewujudkan desa yang maju, sejahtera, dan mandiri. Kolaborasi dan kekompakan menjadi kunci utama dalam mewujudkan sinergi yang efektif.

Manfaat Sinergi BPD dan Pemdes

Sinergi antara BPD dan Pemdes memiliki banyak manfaat bagi masyarakat desa, antara lain:

  • Pembangunan desa yang lebih tepat sasaran dan bermanfaat bagi seluruh masyarakat
  • Peningkatan akuntabilitas dan transparansi pemerintahan desa
  • Peningkatan partisipasi masyarakat dalam pembangunan desa
  • Terciptanya suasana yang kondusif dan harmonis di desa

Oleh karena itu, penting bagi BPD dan Pemdes untuk selalu menjalin komunikasi dan koordinasi yang baik agar tercipta sinergi yang efektif dalam membangun desa yang sejahtera.

Follow WhatsApp Channel tvdesanews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 73 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Desa

Kembangkan Potensi Desa Cermee, Mahasiswa KKN UNEJ Dirikan Klinik UMKM

Kabar Desa

Sosialisasi Pilkada Serentak 2024: Menuju Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Selatan serta Bupati dan Wakil Bupati Jeneponto di Desa Bontomanai”

Kabar Desa

Kampung Pengawasan Partisipatif Desa Mekarjaya Pilih Kentongan Jadi Ikon

Kabar Desa

Desa Telaga Itar Berikan Beasiswa, Bangkitkan Semangat Belajar 45 Siswa Berprestasi!

Kabar Desa

Desa Wisata Golo Loni Raih Prestasi Nasional, Terhambat Jaringan Internet

Kabar Desa

Petani Jayaputra Beroleh Bantuan Pompa Air, Musim Kemarau Tak Lagi Jadi Kendala

Kabar Desa

Warga Dusun Bunut Bersorak Bahagia, Sumur Bor 110 Meter Atasi Krisis Air Bersih

Kabar Desa

Karang Taruna Bonto Cinde Gelar Latihan Kajian Kontemporer Pengkaderan untuk Tingkatkan Kapasitas Pemuda