Home / Kabar Pusat

Selasa, 14 Mei 2024 - 18:04 WIB

BPI Kemendes : Perpustakaan Membuat Desa Lebih Cepat Maju dan Mandiri

@ADMIN 1 - Penulis

Kepala Badan Pengembangan dan Informasi Desa, Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (BPI Kemendes PDDT) Ivanovich Agusta saat menjadi pembicara dalam acara Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Bidang Perpustakaan Tahun 2024 bertema

Kepala Badan Pengembangan dan Informasi Desa, Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (BPI Kemendes PDDT) Ivanovich Agusta saat menjadi pembicara dalam acara Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Bidang Perpustakaan Tahun 2024 bertema "Menata Ulang Konsep dan Praktik Pembangunan Literasi" di Jakarta, Selasa (14/5/2024). (Image Courtesy: ANTARA)

TVDesa – Jakarta : Kepala Badan Pengembangan dan Informasi Desa, Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (BPI Kemendes PDDT), Ivanovich Agusta menyampaikan bahwa keberadaan perpustakaan desa dapat membuat desa bersangkutan lebih cepat maju dan mandiri.

“Ada korelasi positif ketika desa itu mulai mengembangkan perpustakaan desa, kemudian desa menjadi lebih cepat maju dan mandiri,” kata Ivan, sapaan akrab Ivanovich Agusta saat menjadi pembicara dalam acara Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Bidang Perpustakaan Tahun 2024 bertema “Menata Ulang Konsep dan Praktik Pembangunan Literasi” di Jakarta, Selasa.
Hal itu, kata Ivan, didasarkan pada pengkajian yang dilakukan Kemendes PDTT bersama Bappenas. Kedua instansi tersebut menemukan bahwa salah satu strategi yang ditempuh desa ketika hendak menjadi desa maju dan mandiri adalah membangun perpustakaan desa atau taman bacaan masyarakat ataupun sebutan lain untuk sarana membaca di desa.

Baca Juga |  Kemenag Targetkan Lagi, 5 Daerah Jadi Kampung Zakat

Selain itu, lanjut Ivan, peran penting perpustakaan desa dalam pembangunan desa juga dibuktikan melalui Indeks Pembangunan Desa.
Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Permendes PDTT) Nomor 2 Tahun 2016 tentang Indeks Desa Membangun memberikan kerangka pemikiran mengenai pencapaian sasaran pembangunan desa.

Penyusunan Indeks Desa Membangun bertujuan menyediakan ukuran yang mampu melihat posisi dan status desa serta arah tingkat kemajuan dan kemandirian desa dengan mengukur ke aspek pemenuhan kebutuhan desa.

Ivan menyampaikan melalui Indeks Desa Membangun, diketahui bahwa perpustakaan desa berperan membantu pembangunan desa sebesar 0,8 persen.
Meskipun memiliki beragam keunggulan, saat ini belum seluruh desa memiliki perpustakaan desa ataupun taman baca masyarakat dan sebagainya.

Ivan mengatakan pada tahun 2023, tercatat 33.878 desa yang memiliki perpustakaan desa atau taman bacaan masyarakat, sedangkan 41.387 desa belum.

Baca Juga |  Monumen Pionir Pembangunan Transmigrasi Jadi Tonggak Semangat Pengorbanan
Di momentum Rakornas dan Peringatan HUT Ke-44 Perpusnas pada 17 Mei mendatang, Kemendes PDTT berkolaborasi dengan Perpusnas mengembangkan perpustakaan desa.

Pada 17 Mei, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Perpusnas E Aminudin Azis dan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar akan menandatangani surat edaran bersama terkait dengan pemanfaatan dana desa untuk pembangunan perpustakaan desa, pengembangan sarana dan prasarana perpustakaan desa, serta operasional perpustakaan desa.
Selain itu, ada peluncuran bantuan 10 juta bahan bacaan bermutu ke perpustakaan desa dan daerah serta peluncuran bantuan 28 juta buku ke sekolah-sekolah di Indonesia.

Peringatan HUT Ke-44 Perpusnas juga dimeriahkan dengan pencanangan Gerakan Literasi Desa oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

Follow WhatsApp Channel tvdesanews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 8 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Pusat

UIN Goes Global: 5.500 Mahasiswa Membangun Desa di Nusantara

Kabar Pusat

BUM Desa: Pemetaan Bentang Jadi Kunci Menuju Kesuksesan

Kabar Pusat

Senandung Dewi, Cara Kemenparekraf Kenalkan Sejumlah Desa Wisata

Kabar Pusat

Dongkrak Kapasitas Aparatur Desa Melalui ToT, Tingkatkan Efektivitas 17.000 Desa di Indonesia

Kabar Pusat

Mendes: Jumlah Desa Mandiri Tembus Sebelas Ribu, Lampaui Target RPJMN

Kabar Pusat

Gus Halim : Inovasi Kader Digital Bakal Percepat Pembangunan Desa

Kabar Pusat

Kemendes PDTT Raih Penghargaan Kearsipan Kategori Sangat Memuaskan

Kabar Pusat

Konsep Model Bisnis Sosial Untuk Pengembangan Pariwisata Desa