Home / Kabar Daerah

Jumat, 17 September 2021 - 10:12 WIB

Bratayudha Jadi Kampung Pelopor Donor Darah di Way Kanan

Dani Mustofa - Penulis

TV Desa – Way Kanan : Kampung Bratayudha yang terletak di kecamatan Umpu Semenguk Kabupaten Way Kanan menjadi kampung pelopor program Donor Darah di Kabupaten Way Kanan.

Tercatat selama 2 tahun terahir ini, kampung Bratayudha telah melakukan 5 kali program donor darah dan menjadi kampung pendonor terbanyak sekabupaten Way Kanan.

Ratusan kantong darah telah disumbangkan warga Bratayudha untuk pasien yang membutuhkan di RS Zaenal Abidin Pagar Alam Way Kanan.

Program donor darah di kampung Bratayudha ini memang sudah menjadi program kampung Bratayudha. Awalnya program ini dimotori oleh ibu-ibu PKK dan Karangtaruna Kampung Bratayudha.

Hernawati selaku Kepala Kampung Bratayudha menyampaikan bahwa program donor darah ini dilakukan untuk membantu Rumah Sakit Zapa dalam menyediakan stok darah untuk Pasien, karena memang ketersediaan darah di RS ZAPA belum mencukupi. ” Alhamdulillah kesadaran warga Bratayudha untuk donor darah dan membantu sesama sangat tinggi, sehingga mereka sangat antusias deng program ini, dan bersedia menjadi pendonor aktif. Hingga saat ini tercatat, sekitar 50 orang warga Bratayudha yang bersedia menjadi pendonor aktif “. Ucap kepala kampung yang akrab disapa Bu Erna.

Baca Juga |  Momentum Peringati HUT Ke - 77 Persit Kartika Candra Kirana cabang XXVI/Kodim Sumbawa Gelar Bhakti Sosial Donor Darah

Dr. Desi selaku kepala UTDRS ZAPA sangat menyambut baik program donor darah yang di inisiasi oleh kampung Bratayudha. “Rata-rata setiap bulan jumlah pasien yang membutuhkan tranfusi darah 60-70 orang, dan rata-rata pasien membutuhkan 2-3 kantong darah. Jadi kebutuhan setiap bulan 120-200 kantong darah. Kalau untuk bulan September ini dengan di bantu donor darah dari kampung Bratayudha kemarin, stok terpenuhi hingga dua minggu yang akan datang”. Ucapnya.

Baca Juga |  Laksanakan Donor Darah, Pemdes Bangsalsari Bagikan Souvenir Minyak Goreng

Semoga program ini terus berlanjut dan menjadi inspirasi bagi kampung-kampung lain di Way Kanan. Sehingga kebutuhan darah di RS ZAPA dapat terpenuhi, dan tidak ada pasien yang meninggal akibat kekurangan darah.

Berita ini 44 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Daerah

Sumbar Siap Jadi Tuan Rumah Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional

Kabar Daerah

Hipermi Terbentuk, Industri Randang Sumbar Makin Berdaya Saing

Kabar Daerah

Erupsi Gunungapi Ruang, Evakuasi Warga Terus Dilakukan

Kabar Daerah

Rakor TPP Pesawaran, Pastikan Tak Ada Salah Kelola Dana Desa

Kabar Daerah

Upaya Pemprov Sumbar Bersama Kabupaten Kota Berbuah Manis, Setengah Triliun Dana Pusat Dikucurkan untuk Membangun Jalan di Sumbar*

Kabar Daerah

Lahar Dingin Gunung Semeru, Lumpuhkan 9 Kecamatan

Kabar Daerah

Siapa Juara Festival Seni SD Baturetno? Bakat Tersembunyi Mengejutkan Terbuka!

Kabar Daerah

Gubernur Sumbar : Festival Rakyat Muaro Padang, Kembangkan Pariwisata dan UMKM