Home / Kabar Daerah

Jumat, 17 September 2021 - 10:12 WIB

Bratayudha Jadi Kampung Pelopor Donor Darah di Way Kanan

Dani Mustofa - Penulis

TV Desa – Way Kanan : Kampung Bratayudha yang terletak di kecamatan Umpu Semenguk Kabupaten Way Kanan menjadi kampung pelopor program Donor Darah di Kabupaten Way Kanan.

Tercatat selama 2 tahun terahir ini, kampung Bratayudha telah melakukan 5 kali program donor darah dan menjadi kampung pendonor terbanyak sekabupaten Way Kanan.

Ratusan kantong darah telah disumbangkan warga Bratayudha untuk pasien yang membutuhkan di RS Zaenal Abidin Pagar Alam Way Kanan.

Program donor darah di kampung Bratayudha ini memang sudah menjadi program kampung Bratayudha. Awalnya program ini dimotori oleh ibu-ibu PKK dan Karangtaruna Kampung Bratayudha.

Hernawati selaku Kepala Kampung Bratayudha menyampaikan bahwa program donor darah ini dilakukan untuk membantu Rumah Sakit Zapa dalam menyediakan stok darah untuk Pasien, karena memang ketersediaan darah di RS ZAPA belum mencukupi. ” Alhamdulillah kesadaran warga Bratayudha untuk donor darah dan membantu sesama sangat tinggi, sehingga mereka sangat antusias deng program ini, dan bersedia menjadi pendonor aktif. Hingga saat ini tercatat, sekitar 50 orang warga Bratayudha yang bersedia menjadi pendonor aktif “. Ucap kepala kampung yang akrab disapa Bu Erna.

Baca Juga |  Dorong Pembangunan Desa Pemekaran

Dr. Desi selaku kepala UTDRS ZAPA sangat menyambut baik program donor darah yang di inisiasi oleh kampung Bratayudha. “Rata-rata setiap bulan jumlah pasien yang membutuhkan tranfusi darah 60-70 orang, dan rata-rata pasien membutuhkan 2-3 kantong darah. Jadi kebutuhan setiap bulan 120-200 kantong darah. Kalau untuk bulan September ini dengan di bantu donor darah dari kampung Bratayudha kemarin, stok terpenuhi hingga dua minggu yang akan datang”. Ucapnya.

Baca Juga |  Pelatihan Kader Dasar PMII Rayon Syariah Komisariat Sunan Kudus

Semoga program ini terus berlanjut dan menjadi inspirasi bagi kampung-kampung lain di Way Kanan. Sehingga kebutuhan darah di RS ZAPA dapat terpenuhi, dan tidak ada pasien yang meninggal akibat kekurangan darah.

Follow WhatsApp Channel tvdesanews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 44 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Daerah

Beri Tausiyah Subuh di Masjid Baiturrahmah Agam, Mahyeldi Ingatkan Orang Tua Jangan Tinggalkan Generasi Lemah

Kabar Daerah

Bawaslu Bone Bolango ; Forum Warga Wadah Pengawasan Partisipatif Masyarakat dalam Pemilukada Serentak 2024

Kabar Daerah

10 Desa Wisata Terbaik Labuan Bajo Ikuti Pelatihan Beti Dewi

Kabar Daerah

Gubernur Mahyeldi Hadiri Pelantikan Rektor Baru Universitas Metamedia*

Kabar Daerah

Terhambat Geografis dan Keamanan, Dana Desa Tahap I di Tolikara Tetap Sukses Mengalir

Kabar Daerah

Bantuan Pembangunan Saluran Pembuangan 1500 Meter Senangkan Petani Dusun Karanganyar

Kabar Daerah

Para Artis Ini Bawa Semangat Baru bagi Desa-Desa di Jawa Tengah dan Jawa Timur

Kabar Daerah

UMKM Desa Plosokerep Naik Kelas dengan Digital Marketing dan Marketplace