Home / Kabar Desa

Senin, 4 Oktober 2021 - 22:19 WIB

BSU : Kejarlah Daku Kau Kutangkap

019 Murtado - Penulis

TV Desa – Kebumen : Sudah hampir seminggu ini sebagian besar Perangkat Desa di Kabupaten Kebumen tersenyum. Hal ini disebabkan rekening mereka terisi saldo dari Bantuan Subsidi Upah (BSU).

BSU adalah Bantuan Pemerintah melalui Kementerian Tenaga Kerja (Kemnaker) yang bertujuan untuk melindungi, mempertahankan, dan meningkatkan kemampuan ekonomi pekerja/buruh dalam penanganan dampak COVID 19.

Penyaluran bantuan subsidi ini diberikan kepada pekerja/buruh sebesar 500 ribu per bulan selama dua bulan, yang akan diberikan sekaligus sebesar satu juta rupiah.

“Lumayan untuk mencukupi keperluan.” Ujar Muharif (34) Perangkat Desa Sarwogadung, “Sambil nunggu rapelan Siltap.”

Seperti diketahui bahwa Penghasilan Tetap (Siltap) Perangkat Desa belum bisa rutin per bulan. Tetapi mengikuti alur pencairan Alokasi Dana Desa (ADD). Dengan jumlah pendapatan di bawah Rp. 3.500.000, baik Kepala Desa maupun Perangkat Desa berhak untuk mendapatkan BSU dari Kemnaker.

Baca Juga |  Rapat Terbatas Evaluasi dan Tindak Lanjut PPKM Level 4

Yang menjadi catatan wilayah tempat bekerja adalah wilayah yang masuk ke dalam wilayah yang memberlakukan PPKM level tiga dan level empat. Terdaftar menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan juga menjadi persyaratan yang mutlak. Namun untuk mendaftar menjadi penerima BSU ternyata bukanlah suatu hal yang mudah.

“Lumayan sulit pas ndaftarnya.” Keluh Muharif, “Identifikasi wajahnya nggak berhasil berhasil.”

Sulitnya pendaftaran melalui kemnaker.go.id dimungkinkan karena banyaknya pekerja yang ingin mendaftar. Untuk mengatasi hal ini PPDI Kebumen berusaha meng advokasi kesulitan registrasi ke BPJS ketenagakerjaan. Pekerja yang sudah berhasil terdaftar menjadi penerima BSU,  bisa dilihat di situs https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/.

Baca Juga |  Kapolri Ajak PCNU Banyuwangi Perkuat Penanganan Covid-19

Bagaimana dengan Pendamping Desa (PD) dan Pendamping Lokal Desa (PLD)? Pendaftaran khusus untuk Tenaga Pendamping Profesional (TPP)  terutama PD PLD yang memiliki honor dibawah tiga juta lima ratus ribu, sudah difasilitasi dengan baik oleh TAPM kabupaten.

Kabar baiknya TPP di beberapa daerah,  sudah ada yang menyatakan BSU kemnaker sudah masuk rekening. Untuk daerah-daerah yang belum diharapkan semoga segera menyusul, sehingga bisa menambah anggaran operasional sehari hari. (moer)

Berita ini 107 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Desa

Tips Pencegahan Bullying, Rumah PPAI Berikan Pemahaman

Kabar Desa

Usai Lebaran, BUMDes Dapat Tingkatkan Modal Lewat Investasi

Kabar Desa

Posyandu Lansia Dusun Branjang Desa Sidokerto, Tingkatkan Peran Serta Lansia

Kabar Desa

Desa Darsono, Rerata Panen Padi Organik 6 Ton Per-Hektar

Kabar Desa

Pemdes Pattiroang Realisasikan Jalan Tani Ma’lete

Kabar Desa

Dibangun Tahun 2023, TPT Desa Teba jawa Jebol Diterjang Banjir Bandang

Kabar Desa

Desa Loa Janan Ulu Fokuskan APBDes Pada Pembangunan Kantor Desa Baru

Kabar Desa

Bappenas Bersama Kementerian/Lembaga Segera Luncurkan Indeks Desa