Home / Kabar Daerah

Sabtu, 4 Desember 2021 - 10:08 WIB

Buka Bimtek BPD, Ini Pesan Bupati Musi Rawas

012 Joni Karbot - Penulis

TV Desa – Musi Rawas : Bupati Musi Rawas, Hj Ratna Machmud berpesan kepada anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) se-Kabupaten Musi Rawas (Mura) untuk membantu pemerintah desa dalam memajukan desa.

Demikian dikatakan Bupati saat pembukaan Bimbingan Teknis (Bimtek) Kewenangan Lokal Skala Desa dan Fungsi BPD dalam penyelenggaraan Pemerintah Desa Tahun 2021, yang digelar di Balai Pertemuan Umum (BPU) Bagas Raya, pada hariĀ  Jumat (3/12/2021).

Selain itu Hj Ratna Machmud berharap Bimtek ini bisa membawa lebih baik dan bekerjasama dengan kades dan pemerintah desa.

“Namun, tetap diutamakan gotong royong, menempatkan budaya serta memberikan pelayanan kepada masyarakat,” kata Bupati Mura.

Baca Juga |  Green Manueke : Desa Ujung Tombak Pencegahan Stunting

Bupati menjelaskan, BPD ini sama saja dengan DPRD, hanya saja ruang lingkupnya di pedesaan, artinya dituntut untuk selalu bekerja sama untuk memajukan desa.

“Apabila desa maju, otomatis Kabupaten Mura, akan ikut maju. Oleh sebab itu saya tekankan, kepada BPD dan Kades serta pemerintah desa saling bekerjasama. Dan, mohon dukunganya, untuk mewujudkan Mura MANTAB (Maju, Mandiri dan Bermartabat),” jelasnya.

Sementara, Ketua DPC Asosiasi Badan Permusyawaratan Desa Nasional (ABPEDNAS), Kabupaten Mura, Willy Wicaksana dalam sambutannya, sejak dilantik pada 27 Desember 2019, belum mendapatkan bekal apapun, dan baru hari ini diberikan pembekalan dibawah naungan Bupati Mura, Hj Ratna Machmud.

Baca Juga |  Rakor BKAD Persiapan Penguatan dan Peningkatan Kapasitas Perangkat Desa, Kepala Desa Dan BPD Kec. Suwawa Selatan

“Namun, ABPEDNAS akan mendukung program dan visi dan misi bupati Musirawas, dalam mewujudkan Musirawas Mantab,” katanya.

Willy menjelaskan, adapun tujuan bimtek ini antara lain, memberikan pemahaman kapada tugas BPD, mengkoordinasikan dengan UU Pemerintah Desa dan tugas pokok pemerintahan desa.

“Lalu, memberikan pemahaman organisasi BPD serta memberikan pelatihan dan simulasi tugas dan fungsi BPD,” tutupnya.

Follow WhatsApp Channel tvdesanews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 82 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Daerah

Desa Badak Mekar Ditetapkan sebagai Sumber Benih Aren Andalan Kaltim!

Kabar Daerah

13 Desa di Nias Utara Jadi Pelopor Perlindungan Jaminan Sosial Perangkat Desa

Kabar Daerah

Perkuat Ukhuwah dan Pencerahan Melalui Safari Dakwah Aswaja di Desa Talumopatu

Kabar Daerah

Mahyeldi : Sumbar Masih Kekurangan Dokter

Kabar Daerah

Botram Hadir di Desa Ciantra: Layanan Publik Makin Dekat dan Intens

Kabar Daerah

Satu Dasawarsa UU Desa, Kades Situbondo Rayakan Perpanjangan Masa Jabatan dengan Syukuran

Kabar Daerah

41 Sekdes di Garut Terima NIPD, Bukti Pengakuan Peran Perangkat Desa

Kabar Daerah

Banyuwangi Ethno Carnival 2024: Memukau dengan Keindahan Desa dan Budaya