Home / Kabar Desa

Sabtu, 11 September 2021 - 11:11 WIB

BUM Desa Binangun Danareja Mandiri Salamrejo Gelar Pelatihan Penjaminan Mutu Produk

Aris Nurkholis - Penulis

TV Desa – Kulon Progo : Kalurahan Salamrejo Kapanewon Sentolo Kabupaten Kulon Progo memiliki produk unggulan desa berupa produksi makanan olahan dari bahan dasar Jagung. Produksi makanan ini di produksi oleh para ibu-ibu yang tergabung dalam Kelompok Wanita Tani (KWT) di setiap Pedukuhan di Kalurahan Salamrejo. Produksi makanan olahan dari jagung tersebut saat ini telah berkembang dan pemasarannya selain pasar lokal juga sudah mulai merambah pasar nasional dan internasional.

Melihat perkembangan produksi makanan olahan dari jagung tersebut, Pemerintah Kalurahan dan Bersama BUM desa Binangun Danarejo Mandiri Menggelar Pelatihan Pengamanan atau Penjaminan Mutu Produk. Pelatihan Pengamanan Mutu Produk bertujuan untuk meningkatkan keamanan dan mutu produk yang akan dipasarkan. Pengamanan dan penjaminan mutu produk penting dilakukan sejak awal proses produksi sampai saluran distribusi untuk meningkatkan kepercayaan konsumen, meningkatkan jaminan keamanan produk, mencegah banyaknya produk yang rusak dan mencegah pemborosan biaya akibat kerugian yang ditimbulkan.

Baca Juga |  Warga Desa Poncowarno Menerima 101 Sertifikat Tanah PTSL

Pelatihan Pengamanan Mutu Produk ini dilakukan dengan sasaran para ibu-ibu yang tergabung dalam kelompok wanita tani (KWT) se-Kalurahan Salamrejo Kapanewon Sentolo Kabupaten Kulon Progo. Pelatihan ini diselenggarakan selama 4 hari mulai tanggal 7-10 September 2021 bertempat di Cafe Bale Langit Salamrejo. Pelatihan ini menghadirkan para narasumber dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kulon Progo tentang jaminan keamanan dan kesehatan produk dengan pengajuan sertifikat tertulis yang diberikan oleh Bupati/Walikota terhadap pangan produksi rumah tangga (PIRT). Narasumber juga menghadirkan dari Dinas Perdagangan dan Perindustrian serta Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Kulon Progo tentang manajemen usaha dan strategi pemasaran produk dari kelompok wanita tani (KWT) Kalurahan Salamrejo ke pasar lokal dengan melakukan kerjasama dengan berbagai stakeholder termasuk toko-toko berjejaring yang ada di Kabupaten Kulon Progo, hingga ke pasar nasional dan mancanegara. Selain itu pelatihan ini juga menghadirkan narasumber dari Perguruan Tinggi yaitu Fakultas Pertanian Kampus UPN Veteran Yogyakarta dan Tim G2RT.

Baca Juga |  31 % PAD Kalurahan Srikayangan, Dari Bagi Hasil Usaha BUM Desa

Dalam kesempatan ini, Sumarsono selaku Direktur BUM Desa Binangun Danareja Mandiri menyampaikan bahwa pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan keamanan dan mutu produk dengan pengajuan Sertifikat Produksi Industri Rumah Tangga (S-PIRT) yang akan difasilitasi dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kulon Progo. Lebih lanjut Sumarsono berharap pasca pelatihan ini para peserta yang tergabung dalam Kelompok Wanita Tani (KWT) se-Kalurahan Salamrejo mampu meningkatkan kualitas dan kuantitas produk sehingga mampu bersaing dan melakukan penetrasi ke pasar-pasar lokal, nasional hingga ke mancanegara.

Diakhir acara pelatihan pengamanan atau mutu produk ini, para peserta yang tergabung dalam Kelompok Wanita Tani (KWT) menampilkan berbagai produk makanan olahan dari bahan dasar jagung. (ANK)

Berita ini 56 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Desa

Gotong Royong, Warga Plabuhan Kembali Gelar Sedekah Desa

Kabar Desa

Tahun 2024, BUM Desa Bersama BSB Temon Mendapatkan Tambahan Modal Sebesar 300 Juta Rupiah

Kabar Desa

Biayai Kegiatan Warga, Kenokorejo Gunakan Reward PBB

Kabar Desa

Pemdes Pattiroang Bentuk Tim RKPDes anggaran 2025

Kabar Desa

LPPM UNAND Berdayakan Masyarakat Kelompok Tani Sukma Jaya dengan Pupuk Organik Ciban

Kabar Desa

Didaulat Jadi PPID Desa, Ini Manfaatnya Bagi Warga Desa Tukum

Kabar Desa

Sosialisasikan Bahaya Narkoba Bagi Anak, Pemdes JerukPurut Kolaborasi Sama BNN

Kabar Desa

HUT Ke-17 BUM Desa Binangun Danareja Mandiri Salurkan Bantuan Kepada Anak-anak Yatim