Home / Kabar Desa

Jumat, 24 September 2021 - 07:57 WIB

BUMDes Binangun Cipta Makmur, Buka Unit Usaha Pertashop

Aris Nurkholis - Penulis

Unit Usaha Pertashop BUM Des Cipta Makmur Sidomulyo Mulai Beroperasi. Kamis (23/9/21)

Unit Usaha Pertashop BUM Des Cipta Makmur Sidomulyo Mulai Beroperasi. Kamis (23/9/21)

TVDesa-Kulon Progo: Pendirian Unit Usaha Pertashop BUMDes Cipta Makmur Kalurahan Sidomulyo Kapanewon Pengasih dilatarbelakangi oleh kecilnya pendapatan asli Kalurahan. Hal tersebut disampaikan oleh Bapak Kabul Lurah Sidomulyo dalam kesempatan monitoring yang dilakukan Tenaga Ahli P3MD Kabupaten Kulon Progo ke BUMDes Cipta Makmur Sidomulyo, Kamis (23/9/21).

Lebih lanjut Kabul yang juga sebagai penasehat BUMDes Cipta Makmur Sidomulyo menambahkan bahwa pendirian unit usaha Pertashop ini juga bermula dari belum adanya SPBU di wilayah Kalurahan Sidomulyo dan jauhnya akses warga masyarakat ke SPBU. “Pertashop ini diharapkan dapat menambah pendapatan asli kalurahan, mempermudah warga masyarakat pada umumnya maupun pengecer dalam mengakses bahan bakar minyak (BBM) dengan harga yang terjangkau, dan membuka kesempatan kerja warga setempat sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat,” jelas Kabul.

Pada suatu kesempatan musyawarah kalurahan yang diselenggarakan diakhir tahun 2020 dibahaslah ide pendirian Pertashop ini yang nantinya akan dikelola oleh Bumdes Cipta Makmur Sidomulyo. Pada musyawarah tersebut disepakatilah rencana pendirian unit Usaha Pertashop dengan modal awal dari penyertaan modal kalurahan Sidomulyo yang bersumber dari Dana Desa sebesar 300 juta. Selain itu dari pihak BUMDes Cipta Makmur juga menambahkan modal sebesar 150 juta. Sehingga total modal yang digunakan untuk pendirian unit Usaha Pertashop sebesar 450 juta.

Baca Juga |  Ini Strategi Pemprov Jatim Kembangkan BUMdes

Berdasarkan hasil musyawarah tersebut Basuki selaku Direktur Bumdes Binangun Cipta Mangun Sidomulyo menindaklanjuti dengan melakukan analisa pasar, identifikasi ketepatan usaha, analisa konsumen yang meliputi jumlah keluarga yang memiliki kendaraan bermotor, warga pengecer BBM, akses orang yang melewati jalan dimana pertashop akan didirikan.

Selanjutnya persiapan yang dilakukan adalah mengurus perijinan usaha meliputi ijin tata ruang, pengurusan badan hukum perseroan komanditer atau lebih dikenal dengan nama CV. Perseroan tersebut merupakan unit usaha yang akan mengoperasikan usaha Pertashop. Akhirnya pada 21 Juni 2021 Pertashop tersebut telah berdiri dan mulai beroperasi.

Baca Juga |  Nagari Tanjung Bingkung Lakukan Sosialisasi PP No 11 Tahun 2021,Masyarakatnya Siap Mendukung Penuh

Diawal beroperasinya pertashop tersebut, BUMDes Cipta Makmur Sidomulyo menggunakan strategi pemasaran dengan melakukan jemput bola kepada para pengecer dengan membebaskan biaya/ongkos kirim.

Berdasarkan data penjualan yang telah berjalan, BUMDes Cipta Makmur Sidomulyo mendapatkan pendapatan per bulan berkisar 16 juta sampai dengan 17 juta. Pendapatan tersebut setelah dikurangi biaya operasional dan penyusutan bisa menghasilkan laba bersih sebesar 6 juta sampai dengan 7 juta per bulan.

Pasca keberhasilan pendirian unit Usaha Pertashop ini, BUMDes Cipta Makmur Sidomulyo berencana melakukan pengembangan usaha dengan melakukan penjualan minyak pelumas. Berdasarkan analisa usaha yang dilakukan, rencana pengembangan usaha ini diprediksikan dapat menghasilkan keuntungan yang cukup menjanjikan.

Berita ini 82 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Desa

Kades Segarajaya Gelar Open House Idul Fitri 1445 H

Kabar Desa

Menolak Punah, Warga Desa Adobala Rawat Tradisi Gemohing

Kabar Desa

Jalan Hotmix Desa Rampung, Warga Karangsewu Sujud Syukur

Kabar Desa

Pawai Obor Meriahkan Malam Takbiran Desa Sumber Rejeki

Kabar Desa

Rayakan Idul Fitri, Warga Dusun Pegundalan Pejawaran Banjarnegara Gelar Makan Bersama

Kabar Desa

Arus Mudik Di Perbatasan Nganjuk -JombangTerpantau Lancar Meskipun Dipenuhi Takbir Keliling

Kabar Desa

Pemdes Oehan Kembali Salurkan BLT KPM Lansia dan Disabilitas

Kabar Desa

Door to Door Pemdes Pulau Rajak Salurkan BLT DD Tahap Pertama TA 2024