Home / Kabar Desa

Selasa, 24 Agustus 2021 - 07:26 WIB

BUMDes Desa Randuagung Bentuk Unit Usaha Pengelolaan Sampah

003 Fawaid - Penulis

TV Desa – Lumajang : Badan Usaha Milik Desa Randuagung Kecamatan Randuagung Kabupaten Lumajang Jawa Timur membentuk unit usaha pengelolaan sampah rumah tangga milik warga desa setempat.

Pembentukan unit usaha tersebut ditandai dengan penyerahan secara simbolis satu unit kendaraan roda tiga pengangkut sampah dan pakaian kerja petugas oleh Camat Randuagung, Iskandar di Balai Desa setempat pada Senin (23-08-2021).

Kepala Desa Randuagujg, Achmad Hoeri menyampaikan bahwa unit usaha ini berangkat dari permasalah warga yang mulai kesulitan untuk membuang sampah rumah tangga.

Baca Juga |  Dorong Kemajuan Desa, DPMD Kukar Genjot Kerjasama BPD Dengan BUMDes

“Kami menggandeng Dinas Lingkungan Hidup untuk membina pengurus unit usaha pengelolaan sampah yang kami rekrut dari para pemuda desa yang tergabung dalam anggota karang taruna”, jelasnya.

Ia juga berharap pada Pendamping Desa untuk memfasilitasi dalam proses kelengkapan dokumen maupun pada proses implementasinya sehingga dapat berkembang sesuai dengan peraturan perundangan dan memberikan manfaat pada masyarakat.

“Selain menyediakan peralatan dan operasional, kami juga menyediakan lahan penampungan untuk mengolah sampah yang diambilakan dari sebagian Tanah Kas Desa*, ucap Kepala Desa yang sudah 3 kali menjabat ini.

Baca Juga |  Bumdes Sidosejahtera desa Sidoasri mengembangkan potensi desa

Petugas dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH,) Danar mengatakan bahwa dengan pengelolaan sampah selain bertujuan menjaga kebersihan lingkungan juga dapat menghasilkan banyak keuntungan.

“BUMDes terlebih dahulu melakukan pemilahan sampah. Ada yang dapat didaur ulang dalam bentuk kerajinan, ada pula yang diolah menjadi pupuk organik dan kompos, ada juga yang bisa langsung dijual kembali seperti kertas dan palstik”, jelasnya.

Berita ini 141 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Desa

Usai Lebaran, BUMDes Dapat Tingkatkan Modal Lewat Investasi

Kabar Desa

Kemendes PDTT: Lebih dari 900 BUMDes Sudah Miliki Nomor Induk Berusaha

Kabar Desa

Kegiatan Posyandu Lansia Dusun Branjang Desa Sidokerto Kecamatan Mojowarno Wujudkan Masa Tua Lansia Yang Bahagia, Sehat, Mandiri Dan Berdayaguna

Kabar Desa

Desa Darsono, Rerata Panen Padi Organik 6 Ton Per-Hektar

Kabar Desa

Pemdes Pattiroang Realisasikan Jalan Tani Ma’lete

Kabar Desa

Dibangun Tahun 2023, TPT Desa Teba jawa Jebol Diterjang Banjir Bandang

Kabar Desa

Desa Loa Janan Ulu Fokuskan APBDes Pada Pembangunan Kantor Desa Baru

Kabar Desa

Bappenas Bersama Kementerian/Lembaga Segera Luncurkan Indeks Desa