Home / Kabar Desa

Kamis, 9 September 2021 - 12:50 WIB

Bupati Garut Resmikan Desa Wisata Puncak Intan Dewata

@ADMIN 2 - Penulis

TV Desa – Garut : Bupati Garut Rudy Gunawan secara resmi telah membuka Desa Wisata bertajuk wisata religi dan spot foto yang bernama Puncak Intan Dewata di Petilasan Makam Puteri Intan Dewata, Desa Mekarjaya, Kabupaten Garut, Selasa (07/09/2021).

Rudy mengatakan, desa wisata yang berlokasi di salah satu puncak Gunung Putri dengan ketinggian 1400 MDPL (Meter Di atas Permukaan Laut) ini memiliki pemandangan indah yang menampilkan panorama Kabupaten Garut dari atas gunung.

“Kami ingin ada sebenarnya 88 desa, satu kecamatan ada dua (desa wisata) nah, tapi kita belum ke arah sana tapi ini ada beberapa desa yang kreatif seperti Kepala Desa Mekarjaya, Pak Asep Rebit ini luar biasa kreativitasnya. Kan ini juga gotong royong ya, nanti kita bantu dari pemerintah daerah,” katanya.

Baca Juga |  Kirab Tumpeng, Upaya Warga Desa Bulu Lestarikan Selamatan Desa

Rudy mengatakan, pihaknya akan menyiapkan rencana anggaran untuk desa wisata pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) di Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2023. Rudy menargetkan agar setiap desa di Kabupaten Garut bisa memiliki potensi-potensi desa yang bisa dijadikan sebagai desa wisata.

“Kami targetnya sebenarnya semua desa itu mempunyai potensi, tapi kami klasifikasikan ada pariwisata kelas dunia, ada pariwisata kelas nasional, ada tingkat Jawa Barat, tingkat kabupaten. Semuanya lah desa di 421 desa,” katanya.

Kepala Desa Mekarjaya Asep Setiawan Rebit mengatakan pihaknya menghabiskan dana sebesar 5 miliar dalam pembangunan desa wisata Puncak Intan Dewata ini. Ia juga menyebutkan, salah satu keunggulan dari desa wisata ini adalah memiliki sisi religi dengan adanya makam Putri Intan Dewata.

Baca Juga |  Ini Dia, Bekal Peterongan Menuju Desa Wisata

“Keunggulannya satu sisi mungkin di sini ada ini salah satu puncak daripada Gunung Putri, karena ada makam, makam ini merupakan sebagai daripada wisata religi, iya artinya karena banyak yang datang juga, terus kedua kita memiliki panorama view yang sangat luar biasa, apalagi dengan terbentangnya Jalan Ibrahim Adjie misalnya termasuk wisata daripada Bagendit akan berhadapan dengan wisata ini,” katanya.

Asep berharap akses jalan menuju desa wisata ini bisa diperbaiki agar memudahkan pengunjung ketika akan berwisata menuju Puncak Intan Dewata, terutama akses jalan yang bisa dilalui roda dua dan empat.

Berita ini 49 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Desa

Kades Segarajaya Gelar Open House Idul Fitri 1445 H

Kabar Desa

Menolak Punah, Warga Desa Adobala Rawat Tradisi Gemohing

Kabar Desa

Jalan Hotmix Desa Rampung, Warga Karangsewu Sujud Syukur

Kabar Desa

Pawai Obor Meriahkan Malam Takbiran Desa Sumber Rejeki

Kabar Desa

Rayakan Idul Fitri, Warga Dusun Pegundalan Pejawaran Banjarnegara Gelar Makan Bersama

Kabar Desa

Arus Mudik Di Perbatasan Nganjuk -JombangTerpantau Lancar Meskipun Dipenuhi Takbir Keliling

Kabar Desa

Pemdes Oehan Kembali Salurkan BLT KPM Lansia dan Disabilitas

Kabar Desa

Door to Door Pemdes Pulau Rajak Salurkan BLT DD Tahap Pertama TA 2024