Home / Kabar Daerah

Jumat, 13 Agustus 2021 - 09:40 WIB

Bupati Pekalongan Fadia Arafiq, S.E., M.M Berharap Dengan Program Desa Digital Potensi Kabupaten Pekalongan Akan Terangkat

M Bagus Pamuji - Penulis

TV Desa – Pekalongan : Menindaklanjuti Peraturan Menteri Keuangan tentang pengelolaan dana desa dan Peraturan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi tentang prioritas penggunaan dana desa tahun 2021, disebutkan bahwa salah satu prioritas penggunaan dana desa tahun 2021 diarahkan untuk pengembangan teknologi informasi dan komunikasi.

Berkaitan dengan hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Pekalongan mengadakan Sosialisasi Pengembangan Desa Digital dan Desa Wisata Melalui Pemberdayaan Kader dan Penyeragaman Sistem bagi para Camat, Kepala Desa, BPD, Pengelola Bumdesa se Kabupaten Pekalongan, yang dilangsungkan pada Kamis (12/8/2021) pagi di Aula Lantai 1 Setda.

Bupati Pekalongan Fadia Arafiq S.E., M.M menyampaikan pihaknya sangat mendukung penerapan sistem digital di desa-desa di Kabupaten Pekalongan.

“Berbicara digital tidak ada batasnya. Ini adalah mimpi yang harus kita wujudkan menjadi nyata di Kabupaten Pekalongan. Saya sangat mendukung dan saya harap dari sistem informasi desa yang sudah kita punya ini nanti bisa disinergikan dengan sistem yang akan dibangun nanti. Kalau ada beberapa desa yang saat ini masih tidak ada signal/blank spot, nanti mudah-mudahan tidak ada lagi. Jadi dengan digitalisasi ini banyak desa yang berpotensi besar di Kabupaten Pekalongan ini akan terangkat,“ ucap Fadia.

Baca Juga |  Tingkatkan Kualitas Lulusan SMK, Pemprov Sumbar Optimalkan Diklat Vokasi

Dengan digital pula, Fadia optimis potensi yang dimiliki Kabupaten Pekalongan akan lebih berkembang pesat. Untuk itu ia berharap  semua wilayah Kabupaten Pekalongan sampai wilayah pelosok sudah berbasis digital.

“Jika semua desa sudah berbasis digital akan mudah potensi desa tersebut berkembang. Baik potensi UMKM, Bumdes, apalagi potensi wisatanya. Potensi wisata bisa berkembang secara nasional maupun internasional dengan cara digital ini,” ujar Fadia.

Dengan sistem digital ini Fadia juga berharap nantinya masyarakat Pekalongan  bisa mengakses informasi dengan sangat mudah. Contohnya informasi  berapa tempat tidur yang tersedia di rumah sakit, sudah berapa persen dana desa yang digunakan dan untuk apa dan informasi publik lainnya.

“Saya mengajak semua pihak terutama para Camat untuk mensupport desa-desanya, tidak ada lagi desa di Kabupaten Pekalongan yang tidak ada akses internetnya, yang tidak bisa mengembangkan potensi desanya. Pokoknya semua dengan digital ini, semua mimpi kita bisa jadi kenyataan. Karena digital tidak ada batasnya,” tegasnya.

Sementara itu  Plt. Kepala Dinas PMD P3A PPKB Subagyo,SH.,MM dalam laporannya  mengatakan dengan sosialisasi ini diharapkan akan terjadi penyetaraan pola kehidupan berbasis digital masyarakat desa dan masyarakat kota, sehingga bisa menghapus kesenjangan gaya hidup tradisional dan modern, menghapus keinginan urbanisasi masyarakat desa dan mampu mendorong pertumbuhan ekonomi yang berbasis pertanian, perkebunan, perikanan, peternakan dan pariwisata.

Baca Juga |  Pj Gubernur Sulsel: Dana Desa Cegah Migrasi ke Kota

Sosialisasi ini dihadiri secara virtual oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Tampak hadir secara langsung di Aula Lantai I Setda yakni Pj. Sekda beserta para Asisten, para Kepala OPD. Dan diiikuti oleh para Camat, perwakilan Kades dan BPD, Ketua Asosiasi Bumdes serta tenaga ahli pendamping desa.

Kegiatan menghadirkan narasumber yang berkompeten di bidangnya yaitu Agus Kuncoro S.Sos.,M.Si (Kepala Pusat Pengembangan Kebijakan Desa DT dan Transmigrasi ), Danny Yanuar Ismawan ST (Direktur layanan telekomunikasi dan informasi Kominfo), Ditjen Bina Pemdes, Kemendagri, Ditjen DJPK  KemenKeu, serta Ir Sukandar MM (Koordinator Kebijakan Ekonomi dan Investasi Badan Pengembangan dan Informasi Kemendes).

Berita ini 102 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Daerah

Kukuhkan Pengurus Hipermi, Gubernur Mahyeldi Yakin Industri Randang Sumbar Makin Berdaya Saing*

Kabar Daerah

Erupsi Gunungapi Ruang, Evakuasi Warga Terus Dilakukan

Kabar Daerah

Rakor TPP Pesawaran, Reka Putra Tegaskan Jangan Ada Permasalahan Dalam Pengelolaan Dana Desa

Kabar Daerah

Upaya Pemprov Sumbar Bersama Kabupaten Kota Berbuah Manis, Setengah Triliun Dana Pusat Dikucurkan untuk Membangun Jalan di Sumbar*

Kabar Daerah

Lahar Dingin Gunung Semeru, Lumpuhkan 9 Kecamatan

Kabar Daerah

Siapa Juara Festival Seni SD Baturetno? Bakat Tersembunyi Mengejutkan Terbuka!

Kabar Daerah

Gubernur Sumbar : Festival Rakyat Muaro Padang, Kembangkan Pariwisata dan UMKM

Kabar Daerah

Ponpes Modern Al-Bukhari, Nagari Padang Laweh, Rahim Ulama Besar Masa Depan