Home / Kabar Daerah

Senin, 16 Agustus 2021 - 18:10 WIB

Bupati Pesawaran Mengikuti Acara Kenegaraan, Secara Virtual

Syahruddin - Penulis

TV Desa-Pesawaran : Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona Dan Wakil Bupati Marzuki. S, mendengarkan pidato kenegaraan Presiden Republik Indonesia secara virtual di Ruang Sidang DPRD Kabupaten setempat, Senin (16/8/2021).

Kegiatan tersebut dilakukan dengan Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kabupaten Pesawaran dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-76 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2021 yang berlangsung ditengah pandemi corona dengan dihadiri oleh sejumlah unsur Pimpinan yang ada di Bumi Andan Jejama.

Diantaranya adalah beberapa anggota DPRD Kabupaten Pesawaran, Perwakilan Polres Pesawaran, Kodim Lampung Selatan (TNI), Kejaksaan, Sekretaris Daerah (Sekda) Kesuma Dewangsa, Para Asisten, Inspektur, Kepala BPKAD, Kepala BAPPEDA, Kabag Hukum dan Kabag Pembangunan.

Selama satu setengah tahun diterpa pandemi, telah terjadi penguatan yang signifikan dalam perilaku dan infrastruktur kesehatan Indonesia dan sekaligus penguatan kelembagaan nasional.

“Kesadaran, partisipasi dan kegotongroyongan masyarakat menguat luar biasa. Kelembagaan pemerintahan lintas sektor dan lintas lembaga negara, serta antara pusat dan daerah sampai dengan desa, juga mengalami konsolidasi,” kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam Pidato Kenegaraan Dalam Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPD di Gedung Parlemen, Senin (16/08/2021).

Baca Juga |  Buka Musrenbang Kecamatan Tuah Negeri, Ini Harapan Wabup Mura

Kapasitas sektor kesehatan meningkat pesat dan semakin mampu menghadapi ketidakpastian yang tinggi dalam pandemi. Dari sisi masyarakat, kesadaran terhadap kesehatan semakin tinggi. Kebiasaan mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak telah menjadi kesadaran baru. Gaya hidup sehat, menjaga kebersihan lingkungan, berolah raga, dan mengonsumsi makanan yang bernutrisi, terasa semakin membudaya.

Hal ini merupakan modal besar untuk menuju masyarakat yang lebih sehat dan dalam pengembangan SDM yang berkualitas. Apalagi, saat ini kesadaran dan antusiasme masyarakat untuk divaksin semakin tinggi.

“Pandemi telah mengajarkan bahwa kesehatan adalah agenda bersama. Pandemi telah menguatkan institusi sosial di masyarakat, dan semakin memperkuat modal sosial kita,” ujar dia.

Baca Juga |  Presiden Jokowi Resmikan Sirkuit Mandalika  

“Jika ingin sehat, warga yang lain juga harus sehat. Jika ada seseorang yang tertular Covid-19, maka hal ini akan membawa risiko bagi yang lainnya. Penyakit adalah masalah bersama, dan menjadi sehat adalah agenda bersama,” jelasnya.

Kapasitas kelembagaan negara dalam merespons pandemi juga semakin terkonsolidasi dan bekerja semakin responsif. Menurutnya, seluruh pemangku kepentingan mengerti bahwa pandemi harus ditangani dengan cepat.

Usai kegiatan tersebut, Bupati Dendi Ramadhona melanjutkan dengan Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Pesawaran dalam rangka Penandatangan Nota Kesepakatan KUPA dan PPASP APBD Tahun Anggaran 2021 antara Pemerintah Kabupaten Pesawaran Dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten setempat.

Follow WhatsApp Channel tvdesanews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 42 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Daerah

Kepri Bersinar: 57 Desa/Kelurahan Bebas Narkoba

Kabar Daerah

30 Desa di Lembata, Jadi Ajang Mahasiswa Berdaya untuk Kedaulatan Pangan

Kabar Daerah

Semarak Milad IPM Ke-63, PD IPM Kudus Gelar Berbagai Acara Kreatif

Kabar Daerah

Dana Desa Sampang 2024: Kucuran Dana Fantastis untuk Bangun Desa

Kabar Daerah

Percepatan Penanganan Dampak Bencana Sumbar : Misi Gempuran Gubernur Mahyeldi ke BNPB

Kabar Daerah

Jalan Padang Panjang-Sicincin Ruas Lembah Anai Kembali Dibuka, Sistem Buka Tutup diberlakukan

Kabar Daerah

254 Desa di Lombok Timur, Kembangkan Homestay untuk Tingkatkan Kunjungan Wisatawan

Kabar Daerah

BNN Belu Gandeng 30 Kades Bersinar Cegah Narkoba di Perbatasan RI-Timor Leste