Home / Kabar Daerah

Kamis, 4 Juli 2024 - 17:15 WIB

Bupati Tabanan Galakkan Transformasi Pembangunan dan Kesejahteraan Masyarakat Melalui “Bungan Desa” di Desa Payangan

#Dian Purnama Putra - Penulis

TVDesa – Tabanan : Bupati Tabanan, I Komang Gede Sanjaya, didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Tabanan, Ny. Rai Wahyuni Sanjaya, mengangkat potensi pertanian Jambu Kristal Desa Payangan, Kecamatan Marga, Tabanan dalam kunjungan Bungan Desa ke-52, Rabu (3/7/2024). Kunjungan kali ini unik karena Bupati Sanjaya menginap di Desa Payangan sehari sebelum kunjungannya.

Bupati Sanjaya mengikuti berbagai kegiatan bersama masyarakat, termasuk sarapan, ngopi, jalan-jalan, dan menghadiri upacara Manusa Yadnya. Hal ini memberikannya kesempatan untuk berinteraksi langsung dengan masyarakat dan memahami tantangan yang mereka hadapi.

Fokus pada Potensi Jambu Kristal dan Kesejahteraan Petani

Bupati Sanjaya menitikberatkan potensi di bidang pertanian Jambu Kristal yang dikelola oleh Kelompok Tani Kristal Sari Mekar Dusun Bunutin, Desa Payangan Marga. Ia memuji keberhasilan para petani dalam mengembangkan jambu kristal dengan tekstur renyah dan rasa manis, yang memiliki potensi pasar besar di tingkat lokal dan nasional.

Baca Juga |  Analisa Siap Lanjutkan Program Pembangunan Desa Bereng Baru

Bupati Sanjaya berharap kebun Jambu Kristal ini dapat menjadi model bagi pengembangan pertanian modern yang berbasis teknologi dan berkelanjutan. Ia juga mengunjungi rumah keluarga stunting di Desa Payangan dan memberikan bantuan paket sembako serta edukasi kepada mereka.

Pelayanan Publik Mudah dan Cepat bagi Masyarakat

Bupati Sanjaya menjelaskan bahwa tujuan Bungan Desa adalah untuk memberikan pelayanan langsung kepada masyarakat. Ia menyebut berbagai pelayanan yang tersedia di Kabupaten Tabanan, seperti perijinan gratis, kacamata gratis, pemeriksaan kesehatan gratis, mobil perpustakaan anak, literasi membaca, pelayanan PBB, dan kependudukan.

“Semua pelayanan kami hadirkan dari pagi sampai sore. Inilah hakekatnya saya dan jajaran berkantor di Desa Payangan,” ujar Bupati Sanjaya.

Apresiasi dari Perbekel dan Masyarakat

Perbekel Desa Payangan, I Nyoman Sudiarsa, mengapresiasi program Bungan Desa dan meyakini bahwa program ini dapat membantu menyelesaikan permasalahan desa. Ketut Pastana, warga Br. Bunutin, juga merasa terbantu dengan pelayanan dari Pemkab Tabanan yang dihadirkan di Desa Payangan, terutama pelayanan yang gratis dan cepat.

Baca Juga |  133 Desa di Tabanan Terima Dana Desa Senilai Rp 114.193.625.000, Ini Rinciannya

Kunjungan Bungan Desa ke-52 di Desa Payangan ini diharapkan dapat menjadi contoh bagi desa-desa lain di Tabanan untuk meningkatkan potensi dan kesejahteraan masyarakat melalui program unggulan “Bungan Desa”.

Follow WhatsApp Channel tvdesanews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 1 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Daerah

Dana Desa Transparan: Bombana Sosialisasikan Pentingnya Pengawasan

Kabar Daerah

Perang Stunting di Mukomuko: Rp13 Miliar Dana Desa Siap Digunakan

Kabar Daerah

HUDA Sumbar Diharapkan Isi Kekurangan Penceramah

Kabar Daerah

Ngopi Literasi: Membaca Dan Menulis Sama Pentingnya

Kabar Daerah

1.500 Pendamping Desa NTT Siap Sukseskan PIN Polio

Kabar Daerah

Pendamping Desa di NTT: Garda Terdepan Sukseskan PIN Polio

Kabar Daerah

Cegah Generasi Lemah, Gubernur Sumbar Minta Orang Tua Penuhi Tanggung Jawab

Kabar Daerah

Bersama Bawaslu, Forum Warga Bone Bolango Pantau Pemilu 2024