Home / Kabar Daerah

Jumat, 3 Mei 2024 - 17:19 WIB

Capai Angka Prevalensi Stunting Dibawah 10 Persen, Kaligondang Beroleh Apresiasi

Nanang Anna Nurani - Penulis

TVDesa – Purbalingga :┬áKecamatan Kaligondang berhasil mencatatkan angka prevalensi stunting pada posisi satu digit saja. Prestasi yang dicapai berkat dukungan multipihak di kaligondang tersebut, menuai apresiasi dari orang nomer satu di Purbalingga.

“Kalau untuk stunting di Puskesmas Kaligondang 5,9%, kemudian di Kalikajar 6,11%. Alhamdulillah kita sudah masuk di satu digit,” ungkap Slamet Riyadi, Camat Kaligondang, di hadapan Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi beserta jajaran Pemerintah Kabupaten Purbalingga, saat menghadiri kegiatan halal bihalal dengan masyarakat di Kecamatan Kaligondang dan Kecamatan Rembang, Jumat (3/5/24).

Slamet juga menyampaikan, bahwa segenap elemen di Kaligondang, akan bahu membahu untuk menekan angka prevalensi stunting tersebut semakin tipis lagi.

Baca Juga |  8 Tahapan Aksi Pencegahan Stunting dan Penanganannya Bersama-sama

“Tadi cukup bagus karena di Kaligondang stuntingnya sudah di bawah 10%,” kata Dyah Hayuning Pratiwi, Bupati Purbalingga.

Selain itu Bupati Tiwi juga memberikan arahan kepada para pejabat terkait, camat, kepala UPT, dan kepala desa yang hadir dalam kegiatan di dua kecamatan tersebut, agar fokus pada target kinerja Pemerintah Daerah, salah satunya dalam sektor pendidikan.

“Kita punya target di sektor pendidikan ini rata-rata lama sekolah, termasuk Anak Usia Sekolah Tidak Sekolah (AUSTS) di Kabupaten Purbalingga,” ungkap Bupati Tiwi.

Baca Juga |  Inilah Kampung Haruan di Indonesia

Bupati Tiwi mengimbau agar seluruh kepala sekolah dan guru untuk memperhatikan lingkungan sekitar sekolah, sehingga bisa mengetahui jumlah AUSTS di lingkungan sekolah masing-masing.

“Saat ini para Kepala Sekolah harus aware dengan lingkungannya, tidak hanya fokus untuk mengejar akreditasi, tidak hanya fokus pada proses belajar mengajar. Akan tetapi juga diperhatikan target-target di sektor pendidikan yang lain salah satunya AUSTS. Karena AUSTS ini merupakan salah satu indikator kinerja yang perlu kita capai,” tegas Bupati Tiwi.***

Follow WhatsApp Channel tvdesanews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 16 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Daerah

Desa Badak Mekar Ditetapkan sebagai Sumber Benih Aren Andalan Kaltim!

Kabar Daerah

13 Desa di Nias Utara Jadi Pelopor Perlindungan Jaminan Sosial Perangkat Desa

Kabar Daerah

Perkuat Ukhuwah dan Pencerahan Melalui Safari Dakwah Aswaja di Desa Talumopatu

Kabar Daerah

Mahyeldi : Sumbar Masih Kekurangan Dokter

Kabar Daerah

Botram Hadir di Desa Ciantra: Layanan Publik Makin Dekat dan Intens

Kabar Daerah

Satu Dasawarsa UU Desa, Kades Situbondo Rayakan Perpanjangan Masa Jabatan dengan Syukuran

Kabar Daerah

41 Sekdes di Garut Terima NIPD, Bukti Pengakuan Peran Perangkat Desa

Kabar Daerah

Banyuwangi Ethno Carnival 2024: Memukau dengan Keindahan Desa dan Budaya