Home / Opini

Selasa, 4 Januari 2022 - 15:29 WIB

Catatan Sarapan SDGs: Membaca Hasil SDGs Desa Tujuan 6. Desa Layak Air Bersih dan Sanitasi | eps 248.

017 Agus Prijadi - Penulis

TV Desa-Pati. Sarapan SDGs dengan Topic : Membaca Hasil SDGs Desa Tujuan 6. Desa Layak Air Bersih dan Sanitasi | eps 248 dilaksanakan secara virtual di zoom meeting dan youtube Selasa (4/1/2021) jam 06.00 sd 07.07 WIB .

Narasumber Kapusdatin  Kemendesa PDTT Dr. Ivanovith Agusta, SP. M.Si:

  1. Membaca metadata SDGs No. 6 Desa Layak Air Bersih dan Sanitasi. Semua warga desa mendapatkan air bersih dan sanitasi layak. Yang dimaksud air bersih saat ini adalah air ledeng atau air yang bisa masuk kedalam rumah.
  2. Contoh capaian SDGs no. 6 Dari Desa Kedungrejo Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo Jawa Timur yang memiki capaian 45,82%. Belum sampai 50% berarti tergolong kurang untuk air bersih dan sanitasi yang layak.
    • 6.1.1. Akses terhadap layanan air minum layak mencapai 100% keluarga. Capaian 14,37% keluarga di Desa Kedungrejo mendapat air minum yang layak. Di data SDGs desa ada 2.457 keluarga dan yang mendapat air minum layak (ledeng, perpipaan sampai dalam rumah) ada 353 (14,37%) keluarga.
    • 6.1.2. Akses terhadap sanitasi layak mencapai 100% keluarga. Capaian Desa Kedungrejo mencapai 94,59%. Kalau di lihat data SDGs ada target 2.457 ada 2.324 yang sudah memiliki jamban sendiri. Tinggal sekitar 100 keluarga yang belum memiliki jamban sendiri.
    • 6.2. Keluarga dan industri yang dilayani air baku mencapai 100%. Air baku termasuk air sumur dan sungai bisa masuk untuk proses industri. Capaian desa ini mencapai 99,63%. Air baku masuk ke capaian SDGs desa karena digunakan untuk proses produksi yang digunakan rumah-rumah tangga di desa. Untuk desa ini masih ada 9 keluarga yang perlu dibantu air baku.
    • 6.3. Keluarga dan industri pengguna fasilitas air limbah dan lumpur tinja mencapai 100%. Khusus untuk desa bahwa keluarga dan industri menyatu untuk perhitungan. Di desa bahwa rumah diperlakukan sebagai alat produksi dan juga alat konsumsi. Capaian di Desa Kedungrejo sebesar 20,63%.
    • 6.4. Kualitas sumber air tidak berwarna, tidak berbau, tidak berasa di seluruh RT. Sudah banyak keluhan dari traveler tentang pengolahan sampah termasuk limbah cair.
    • 6.5. Terdapat perdes/SK kades tentang penggunaan air tanah, tata kelola sumber daya air. Sejak tahun 2014 dirasakan perlunya tata ruang dan tata kelola air sehingga diperlukan regulasi sampai ke desa.
    • 6.7. Tersedianya perdes/SK Kades pelestarian lingkungan di sekitar aliran sungai. Contoh template akan disediakan oleh kemendesa.
    • 6.12. Air danau dan sungai tidak berwarna, tidak berbau, tidak berasa. Ada 32 sumber mata air di Desa Kedungrejo dan ada 27 yang tidak berbau dan tidak berasa. Air sungai yang melewati 17 RT dan ada 9 RT yang air sungainya tidak tercemar. Ada 8 RT air sungainya yang tercemar.
Baca Juga |  Indikasi SDGs Desa dari IDM Tahun 2021

Follow WhatsApp Channel tvdesanews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 239 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Opini

Gamifikasi dalam LMS: Meningkatkan Motivasi dan Engagement Aparatur Desa dalam Pelatihan
Ilustrasi by Ketut Subiyanto | Pexels

Opini

Mengenal Lebih Dekat Metode Baca Cepat dan Manfaatnya dalam Pembelajaran Berbasis LMS

Opini

Tantangan dan Solusi Membangun Desa Tertinggal Melalui Pendampingan Desa

Opini

Pentingnya Sumur Bor Untuk Kebutuhan Air Desa

Opini

Pentingnya TPQ dan Madarasah di Tengah Masyarakat Desa

Opini

BUM Desa Harus Dikelola Dengan Tatakelola yang Baik

Opini

Bergerak Untuk Ummat, Sahabat Da’i Tompobulu Akan Menggelar Konsolidasi

Opini

Kader Posyandu : Perisai Kesehatan Masyarakat di Tengah Ancaman Penyakit Tidak Menular