Home / Kabar Desa

Kamis, 23 September 2021 - 22:53 WIB

Cegah Banjir, Gampong Kuta Bahagia Abdya Bakal Lanjut Bangun Talud

Salman Syarif - Penulis

TV Desa – Abdya : Menjadi wilayah langganan banjir setiap tahun, warga Gampong Kuta Bahagia, Kecamatan Blangpidie, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Aceh kembali mengusung program lanjutan pembangunan talud penahan banjir di gampong setempat.

Pembangunan talud yang dimaksud bertujuan untuk mengatasi agar tidak meluapnya air sungai Krueng Susoh ke pemukiman warga yang berada di sepanjang gampong tersebut.

Hal itu disampaikan oleh Pj. Keuchik Gampong Kuta Bahagia, Muhammad Nasir, Kamis (23/9/2021) di Blangpidie.

“Lanjutan pembangunan talud penahan banjir sangat dibutuhkan masyarakat, karena selama ini jika intensitas hujan lebat, maka debit air sungai krung susoh tinggi, sehingga berpotensi meluap ke pemukiman warga,” ujarnya.

Baca Juga |  Hasil ikan melimpah, nelayan Desa Rowo mengadakan sedekah laut

Nasir mengatakan, lanjutan pembangunan talud tersebut menjadi prioritas dalam musrenbang tahun 2022 yang digelar di Mushalla Quba pada Selasa (14/9/2021) malam lalu.

Ia mengungkapkan, pihaknya telah membangun talud penahan banjir pada tahun 2020 lalu dari dana desa sepanjang 320 meter.

Sedangkan tahun 2021 ini, kata dia, pemerintah gampong Kuta Bahagia juga sedang membangun talud sepanjang 412 meter dengan sumber dana desa.

“Jadi, total talud penahan banjir yang sudah dan sedang kita bangun dari dana desa sepanjang 732 meter. Sementara, masih ada sisa sekitar 350 meter lagi yang sudah diusulkan masyarakat melalui musrenbang tahun ini,” jelasnya.

Dikatakannya, untuk pembangunan infrastruktur, pemerintah gampong juga akan melihat ketersediaan pagu anggaran dana desa pada tahun mendatang.

Baca Juga |  Bojongemas Awali Tahapan Pelaksanaan DD 2022 di Kabupaten Bandung

Lanjut Nasir, disamping talud penahan banjir, para peserta musrenbang juga menyampaikan beberapa usulan lain di bidang infrastruktur diantaranya, pembangunan jalan rabat beton, pembuatan saluran pembuang limbah RT, pembukaan jalan baru, penerangan lampu jalan, dan jambanisasi sehat bagi keluarga miskin, serta pemasangan kanopi dan palang nama Poksesdes.

Sedangkan bidang pemberdayaan masyarakat, peserta musyawarah mengusulkan program beasiswa kuliah dan santri mondok, serta sarana penunjang pelayanan kesehatan masyarakat di Poskesdes.

“Mudah-mudahan saja pagu dana desa tahun 2022 akan datang bisa mengkafer kebutuhan masyarakat kita ini,” pintanya. (*)

Follow WhatsApp Channel tvdesanews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 217 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Desa

Literasi Digital Dorong BUMDes Ki Ageng Pajaran Berkembang Pesat di Era 4.0

Kabar Desa

BUMDes Pangkalan Buton Sewakan Mesin Pemanen Padi Murah

Kabar Desa

Ini, Cara Kejaksaan dan Pemdes Purwasaba Hindarkan Generasi Muda Dari Narkoba

Kabar Desa

Jatimulyo Desa Sadar Kerukunan: Kemenag Kulon Progo Gelar FGD KUB

Kabar Desa

Bersatu Membangun Desa: Musdes Balingasal Rumuskan Visi Bersama

Kabar Desa

Sidomekar Maju: Kinerja Semester I Memuaskan

Kabar Desa

Natar Fair 2024: Inspirasi Baru untuk Desa Bedaro Rampak

Kabar Desa

Menangkal Kemiskinan Ekstrem: Harapan Baru bagi Anak-Anak Tambakrejo