Home / Kabar Desa

Kamis, 9 September 2021 - 21:04 WIB

Cegah Kekerasan Pada Anak Desa Siring Jaha Adakan Pembinaan PATBM

Ari Wijaya - Penulis

TV Desa – Lampung Selatan : Desa Siring Jaha, Kec. Sidomulyo kab. Lampung Selatan, kamis 09 September 2021 mengadakan kegiatan Pembinaan,Pemberdayaan Perempuan  dan Perlindungan anak di aula balai Desa Siring Jaha dengan tema “Perempuan Berdaya, Anak Terlindungi, Indonesia Maju”.

Kegiatan yang dihadiri oleh Camat Sidomulyo, pendamping Desa, babinsa juga babinkantibmas Desa Siring Jaha di ikuti oleh Kader PATBM,Kader Kesehatan, Kader KPM, Kader Posyandu, Kader PKK, juga kepala dusun desa Siring jaha ini diselenggarakan dalam rangka memperkuat dan memberikan edukasi kepada para kader agar dapat menambah wawasan kader dalam melaksanakan tupoksinya serta meningkatkan peran kader PATBM bagi pencegahan kekerasan pada perempuan,anak dan tindak perdagangan orang

Baca Juga |  3 Daya Tarik Wisata Religius Bubohu Desa Bongo

Sebagai narasumber dalam kegiatan ini yaitu Iin Nurhidayati, SKM. Beliau adalah fasilitator PATBM propinsi lampung yang juga menjabat sebagai Ketua Lembaga Konsultasi keluarga (LK3) Kabupaten Lampung Selatan. Adapun yang dimaksud dengan  perlindungan anak terpadu berbasis masyarakat (PATBM) adalah gerakan atau jaringan dari kelompok warga pada tingkat masyarakat yang bekerja secara terkoordinasi untuk mencapai tujuan perlindungan anak.

Metode pembelajaran yang dilakukan dalam kegiatan ini adalah metode pembelajaran orang dewasa, dimana narasumber membagi peserta menjadi tiga kelompok dimana permasing masing kelompok diberikan sebuah kasus,kemudian kelompok tersebut diminta untuk menuliskan tindakan apa yang harus dilakukan ketika masalah itu terjadi,kemudian mempresentasikan nya. Setelah itu narasumber menjelaskan langkah langkah apa yang seharusnya dilakukan ketika terjadi sebuah permasalahan. Terlihat Semua peserta sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut.

Baca Juga |  Kisah Klasik BUMDes di Lampung Selatan

Di akhir kegiatan kepala desa berharap agar semua kader dapat semakin aktif dalam melaksanakan kegiatannya, memberikan edukasi kepada masyarakat sebagai upaya membangun kesadaran masyarakat dalam perubahan sikap dan prilaku yang memberikan perlindungan kepada anak, juga bisa melakukan pencegahan serta lekas tanggap ketika terjadi permasalahan di kemudian hari.

Follow WhatsApp Channel tvdesanews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 131 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Desa

Kenduri Swarnabhumi: Ratusan Ibu di Batanghari Lestarikan Kuliner Tradisional Berengkes Ikan

Kabar Desa

Kembangkan Potensi Desa Cermee, Mahasiswa KKN UNEJ Dirikan Klinik UMKM

Kabar Desa

Kampung Pengawasan Partisipatif Desa Mekarjaya Pilih Kentongan Jadi Ikon

Kabar Desa

Desa Telaga Itar Berikan Beasiswa, Bangkitkan Semangat Belajar 45 Siswa Berprestasi!

Kabar Desa

Desa Wisata Golo Loni Raih Prestasi Nasional, Terhambat Jaringan Internet

Kabar Desa

Petani Jayaputra Beroleh Bantuan Pompa Air, Musim Kemarau Tak Lagi Jadi Kendala

Kabar Desa

Warga Dusun Bunut Bersorak Bahagia, Sumur Bor 110 Meter Atasi Krisis Air Bersih

Kabar Desa

Karang Taruna Bonto Cinde Gelar Latihan Kajian Kontemporer Pengkaderan untuk Tingkatkan Kapasitas Pemuda