Home / Kabar Daerah

Jumat, 8 Juli 2022 - 09:17 WIB

Cegah Tangkal Penularan PMK Koramil Jajaran Kodim 1628/SB Bersama Steakholder Terkait, Adakan Pengecekan Hewan Ternak Di Sumbawa Barat

Olivia Maharani - Penulis

TV Desa – SUMBAWA BARAT : Penularan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) meluas dan mengancam banyak hewan ternak di sejumlah wilayah Indonesia termasuk salah satunya di Provinsi NTB khususnya di Pulau Lombok yang sudah dilaporkan terpapar kasus PMK.

Hal tersebut disampaikan Dandim 1628/SB Lektol Inf Octavian Englana Partadimaja disela sela mengikuti Vicon terkait Percepatan penanganan wabah PMK diruang vicon Makodim jalan lintas Taliwang Balad No. 3 Kelurahan Bugis Taliwang Sumbawa Barat, Kamis (7/7/2022).

“Terkait hal tersebut karena cukup meresahkan pemerintah dan peternak. Apalagi, situasi ini terjadi jelang Hari Raya IdulAdha atau kurban yang jelas membuat banyak pihak, utamanya peternak merasa khawatir akan kelangsungan hidup hewan ternak milik mereka,” ungkap Dandim.

Baca Juga |  Gotong Royong, Pilihan Pemdes Taja Indah Peringati HUT Banyuasin ke 20

“Untuk itu walau di wilayah Pulau Sumbawa khususnya di Sumbawa Barat belum ada kasus PMK Kodim 1628/SB bersama steakholder terkait, dalam hal ini pihak kepolisian, Dinas Pertanian serta dari keswan Kepala desa, masyarakat peternak turun bersama melaksanakan pendataan populasi hewan ternak sebagai langkah awal dalam pencegahan, penyemprotan disinfektan termasuk pembatasan lalu lintas hewan di titik titik pintu masuk wilayah sumbawa barat,” jelasnya.

“Karena penyebaran virus ini bisa melalui udara dan cairan, kami harapkan agar masyarakat khususnya para peternak agar benar benar mengikuti arahan dari pihak2 yang berkompeten seperti Dinas Pertanian, Dokter Hewan serta pejabat otoritas veteriner (POV) hal itu untuk menjaga agar penularan PMK ini bisa segera di cegah tangkal sejak dini agar diwilayah Sumbawa Barat terbebas dari penularan PMK,” Imbau Dandim.

Baca Juga |  Hari Santri, Ganjar Ngantor Pakai Sarung dan Baju Koko

Sementara itu, dari pendataan dan pengecekan yang dilakukan dibeberapa tempat di delapan kecematan di Sumbawa Barat oleh jajaran Koramil Kodim 1628 SB tidak ditemukan penularan atau indikasi PMK di wilayah Kodim 1628 SB

“Dengan pengecekan dan pendataan yang dilakukan oleh jajaran Koramil Kodim 1628 SB dan Stakeholder terkait, kami harapkan bisa menenangkan masyarakat dalam melaksanakan ibadah Kurban pada Idul Adha tahun ini namun tetap mengikuti prosedur sebelum diadakan pemotongan hewan qurban tetap didampingi tim kesehatan hewan,”ungkap Dandim.

Follow WhatsApp Channel tvdesanews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 23 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Daerah

Dana Desa Transparan: Bombana Sosialisasikan Pentingnya Pengawasan

Kabar Daerah

Perang Stunting di Mukomuko: Rp13 Miliar Dana Desa Siap Digunakan

Kabar Daerah

HUDA Sumbar Diharapkan Isi Kekurangan Penceramah

Kabar Daerah

Ngopi Literasi: Membaca Dan Menulis Sama Pentingnya

Kabar Daerah

1.500 Pendamping Desa NTT Siap Sukseskan PIN Polio

Kabar Daerah

Pendamping Desa di NTT: Garda Terdepan Sukseskan PIN Polio

Kabar Daerah

Cegah Generasi Lemah, Gubernur Sumbar Minta Orang Tua Penuhi Tanggung Jawab

Kabar Daerah

Bersama Bawaslu, Forum Warga Bone Bolango Pantau Pemilu 2024