Home / Kabar Desa

Jumat, 13 Agustus 2021 - 21:00 WIB

Dana Desa, Penyangga Ekonomi Rakyat di Tengah Covid-19

Junaim Laode - Penulis

TV Desa- Muna Barat : Penyaluran BLT Dana Desa tahap 5,6,7 tahun 2021 dilaksananakan di Aula gedung Serbaguna Desa santiri kecamatan Tiworo Utara Kabupaten Muna Barat. Turut hadir Korkab dan Pendamping Desa, Jum’at (13/08/2021) .

Kepala Desa Santiri mengatakan ,Jumlah penerima BLT-DD Desa santiri Kecamatan Tiworo Utara adalah 49 orang berdasarkan jumlah KPM ( Keluarga Penerima Manfaat) yang ditetapkan oleh pemerintah desa, namun realisasi hari ini hanya 47 orang sehingga berkurang Dua orang ,karena 2 orang sudah meninggal dunia. Sehingga jumlah Anggaran yang disalurkan Rp. 42.300.000.

Berdasarkan Surat Edaran Bersama Kemenkeu dan Kementrian Desa PDTT Nomor 08/PK/2021 dan Nomor 02/PDP/2021 Tentang Optimalisasi dan percepatan Pelaksanaan Bantuan Langsung Tunai (BLT DD) Tahun Anggaran 2021 bahwa Dana Desa (DD) TA 2021 Wajib digunakan untuk BLT Desa diberikan Kepada Keluarga Tidak mampu dan Miskin yang diputuskan memalui Musyawarah Desa.

Baca Juga |  TP-PKK Desa Taja Mulya Salurkan Bantuan Kepada 21 Kelompok Dasawisma

Junaim mengatakan bahwa  pemerintah saat ini mendorong percepatan penyaluran BLT dana Desa sebagai menyangga daya beli masyarakat yang terdampak covid 19 melalui penyaluran sekaligus untuk 3 bulan“

“BLT DD desa Santiri ini banyak KPM lansia yang tidak memiliki kemampuan fisik lagi untuk beraktifitas, selain itu ada juga rumah tangga yang betul-betul kehilangan pekerjaannya akibat covid,” terang Arman pendamping Desa Tiworo utara di acara penyerahan BLT desa Santiri.

Baca Juga |  Camat Penukal Gelar Musyawarah Penetapan SDGs Desa

Dengan adanya BLT DD ditengah situasi sekarang ini kami pemerintah desa berharap mencukupi kebutuhan masyarakat desa Santiri ditengah pandemi Covid 19, tutup Kades. Acara  tersebut di mulai sejak pagi pukul 09.00 sampai selesai, semua KPM menggunakan masker.

Berita ini 67 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Desa

Dongkrak Ekonomi Warga, Pemdes Kedondong Gelar PKTD

Kabar Desa

Tips Pencegahan Bullying, Rumah PPAI Berikan Pemahaman

Kabar Desa

Usai Lebaran, BUMDes Dapat Tingkatkan Modal Lewat Investasi

Kabar Desa

Posyandu Lansia Dusun Branjang Desa Sidokerto, Tingkatkan Peran Serta Lansia

Kabar Desa

Desa Darsono, Rerata Panen Padi Organik 6 Ton Per-Hektar

Kabar Desa

Pemdes Pattiroang Realisasikan Jalan Tani Ma’lete

Kabar Desa

Dibangun Tahun 2023, TPT Desa Teba jawa Jebol Diterjang Banjir Bandang

Kabar Desa

Desa Loa Janan Ulu Fokuskan APBDes Pada Pembangunan Kantor Desa Baru