Home / Kabar Daerah

Sabtu, 6 Juli 2024 - 20:09 WIB

Dana Desa Rp 44,2 Triliun untuk 6.500 Gampong di Aceh, Pj Gubernur Minta Pengelolaan Maksimal

@ADMIN 1 - Penulis

Penjabat (Pj) Gubernur Aceh, Bustami, SE, M.Si, saat membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Penguatan Pemerintah Gampong Seluruh Aceh di Gedung Serbaguna Setda Aceh, Banda Aceh, Jum’at, (5/7/2024).

Penjabat (Pj) Gubernur Aceh, Bustami, SE, M.Si, saat membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Penguatan Pemerintah Gampong Seluruh Aceh di Gedung Serbaguna Setda Aceh, Banda Aceh, Jum’at, (5/7/2024).

TVDesa – Banda Aceh : Penjabat Gubernur Aceh, Bustami Hamzah, mengungkapkan bahwa Aceh telah menerima dana desa sebesar Rp 44,2 triliun selama satu dekade terakhir. Anggaran ini menjadikan Aceh sebagai penerima terbesar keempat di Indonesia setelah Jawa Tengah, seiring dengan jumlah gampong (desa) di Aceh yang mencapai 6.500.

“Dana Desa merupakan anugerah yang harus kita syukuri dan kelola dengan sebaik-baiknya. Oleh karena itu, tugas para aparatur gampong, terutama keuchik atau kepala desa, sangatlah berat,” jelas Bustami dalam rapat koordinasi penguatan pemerintah gampong se-Aceh di Gedung Serbaguna Setda Aceh, Jumat (5/7/2024).

Baca Juga |  Lomba Jalan Sehat, Meriahkan Agustusan RW XIII Perumdam 1 & 2 Steba Padang

Bustami menekankan pentingnya perencanaan, pendayagunaan, dan pertanggungjawaban penggunaan dana desa oleh pemerintah gampong dan para keuchik. Hal ini dilakukan untuk menghasilkan berbagai capaian sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Mengingat tanggung jawab besar mereka, sudah sepantasnya para aparatur gampong mendapatkan perhatian khusus berupa penguatan dan pembinaan dalam penyelenggaraan pemerintahan gampong,” ujar Bustami.

Pembinaan dan pembinaan ini akan dilakukan oleh berbagai pihak, mulai dari pembina gampong di kecamatan, bupati/walikota, gubernur, hingga Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Pemerintah, dalam hal ini, bertanggung jawab untuk menyediakan regulasi yang jelas dan kepastian hukum guna menjamin kenyamanan para aparatur gampong dalam melayani masyarakat.

Baca Juga |  Laksanakan Pelantikan Kades Terpilih, Diharapkan Ajak Warga Lansia untuk Divaksin

“Saya harap para bupati dan walikota dapat meningkatkan perhatian dalam pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan pemerintahan gampong. Kunjungi, dampingi, dan berikan motivasi kepada para aparatur gampong,” pesan Bustami.

Bustami meyakini bahwa peran bupati/walikota, camat, keuchik, dan seluruh masyarakat sangatlah strategis untuk kesuksesan agenda ini, demi mewujudkan Aceh yang lebih baik dan bermartabat.

Follow WhatsApp Channel tvdesanews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 3 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Daerah

Dana Desa Transparan: Bombana Sosialisasikan Pentingnya Pengawasan

Kabar Daerah

Perang Stunting di Mukomuko: Rp13 Miliar Dana Desa Siap Digunakan

Kabar Daerah

Pengurus HUDA Dikukuhkan, Gubernur Mahyeldi Berharap Kekurangan Penceramah di Sumbar Teratasi*

Kabar Daerah

Ngopi Literasi: Membaca Dan Menulis Sama Pentingnya

Kabar Daerah

1.500 Pendamping Desa NTT Siap Sukseskan PIN Polio

Kabar Daerah

Pendamping Desa di NTT: Garda Terdepan Sukseskan PIN Polio

Kabar Daerah

Cegah Generasi Lemah, Gubernur Sumbar Minta Orang Tua Penuhi Tanggung Jawab

Kabar Daerah

Bersama Bawaslu, Forum Warga Bone Bolango Pantau Pemilu 2024