Home / Kabar Desa

Kamis, 14 Oktober 2021 - 21:22 WIB

Dana Desa Selabaya, 8% untuk Tangani Covid-19

#Dian Purnama Putra - Penulis

TV Desa – Purbalingga : Tak sia-sia, upaya total Desa Selabaya Kecamatan Kalimanah dalam melawan Pandemi Covid-19 di wilayahnya. Pemkab Purbalingga melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinpermasdes) memberikan apresiasi hadiah berupa Piala dan Uang pembinaan.

“Desa kami sebelumnya mewakili Kecamatan Kalimanah. Alhamdulillah setelah disurvei dan dinilai oleh tim dari Dinpermasdes kami dinyatakan menjadi terbaik. Dan hari ini mendapat hadiah langsung dari Ibu Bupati dan Forkopimda,” ujar Kepala Desa Selabaya Sukarman, Kamis (14/10).

Setelah ditetapkan sebagai juara pertama Pemilihan Posko Desa Tanggap Covid-19 dan Satgas Jogo Tonggo Terbaik tingkat Kabupaten Purbalingga, Sukarman membabarkan resep keberhasilannya.

“Pemdes mendukung pengalokasian 8% anggaran Dana Desa untuk penanganan Covid-19 sekira Rp 76,9 juta. Pemanfaatanya antara lain untuk penyediaan APD, bantuan sembako kepada warga yang isoman, penyemprotan desinfektan dan operasional lainnya,” jelas Sukarman.

Baca Juga |  Panen Raya Desa Suka Mandi Hulu

Selama pandemi covid-19 khususnya sejak 22 Juni hingga 26 Agustus, dalam catatan Sukarman, total kasus konfirmasi covid-19 di Desa Selabaya sebanyak 160 orang. Rincianya, 2 orang dirawat, 8 orang isolasi mandiri dan 7 orang meninggal dunia. Dari total konfirmasi ada sebanyak 143 orang yang lulus karantina. Selain posko desa, lanjut Sukarman dari 7 RW yang ada seluruhnya memiliki satgas jogo tonggo. Diakui Kades, pihaknya sangat terbantu oleh tim relawan Selabaya yang selama ini siaga. Juga ikut mengurus warga yang isoman, termasuk mengawasi warga yang hajatan.

Sementara itu, usai menyerahkan penghargaan, Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi, bersama Satgas tingkat kabupaten menyampaikan selamat kepada desa-desa yang menjadi terbaik.

Penyerahan hadiah dan penghargaan dilakukan bersamaan dengan acara penutupan TMMD Sengkuyung tahap III di Pendapa Dipokusumo. Sebagai terbaik pertama, Desa Selabaya mendapat hadiah uang pembinaan Rp 2,5 juta, Terbaik kedua Desa Pangempon Kecamatan Kejobong Rp 2 juta, Terbaik III Desa Makam Kecamatan Rembang Rp 1.750.000. Sedangkan juara harapan satu sampai dengan tiga adalah Desa Karangcengis (Bukateja) Rp 1.500.000, Karangklesem (Kutasari) Rp 1.250.000 dan Pagerandong (Mrebet) Rp 1 juta.

Follow WhatsApp Channel tvdesanews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 31 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Desa

BUMDES Pucuksari Hadir Unik dengan Lapak Kolongan Merpati!

Kabar Desa

Seblang Olehsari Memukau Ribuan Pengunjung di BEC 2024

Kabar Desa

BUMDes Kerabat Mentebah Berkinerja Positif, Gencarkan Sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan

Kabar Desa

Jalan Santai Dipadati Ribuan Masyarakat Desa Lengkong

Kabar Desa

Mengubah Limbah Sampah Dusun Regek Desa Sambirejo, Menjadi Kreasi Bernilai

Kabar Desa

Wanita Agen Pancasila: Mendidik Keluarga Berkarakter Pancasila di Gondoharum

Kabar Desa

Mahasiswa KKN UIN Surakarta Berikan Semangat Baru Bagi Karang Taruna Dusun Kembang

Kabar Desa

Kampung Londo: Surga Kuliner Baru di Desa Panggungroyom