Home / Kabar Daerah

Sabtu, 14 Agustus 2021 - 14:07 WIB

Dapat Bantuan Oksigen, Gubernur Jatim Optimalkan Layanan Isoter

Yadi - Redaksi Jakarta - Penulis

TV Desa Surabaya :  Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menyerahkan bantuan kepada Pemprov Jatim berupa 41 ton oksigen cair, 500 tabung oksigen 6 m3 dan 200 regulator. Gubernur Khofifah Indar Parawansa mengatakan, bantuan itu akan didistribusikan untuk layanan isolasi terpusat (isoter).

“Layanan isoter ini tidak boleh kekurangan oksigen. Karenanya bantuan ini sangat penting bagi supply terhadap layanan isoter di Jatim,” ujar Khofifah di Gedung Negara Grahadi, Jumat (13/8/2021).

Khofifah menjelaskan, salah satu fokus Pemprov Jatim saat ini yakni penanganan pasien yang sedang melakukan isolasi mandiri (isoman) untuk dapat dievakuasi ke isoter. Sebab dikhawatirkan jika pasien terkonfirmasi COVID-19 melakukan isoman, tidak ter-supply kebutuhan layanan kesehatannya. Utamanya, terkait kebutuhan oksigen dan layanan medik lainnya.

Baca Juga |  100 Desa Ditarget Terapkan Sistem Pertanian Organik

Untuk itu, lanjut Khofifah, keberadaan layanan isoter diharapkan dapat memenuhi supply yang lebih komprehensif. Baik dari sisi kebutuhan oksigen, obat, tenaga kesehatan (nakes), dan terkoneksi dengan RS rujukan COVID-19 jika membutuhkan layanan lanjutan. Dengan demikian akan bisa menaikkan tingkat kesembuhan, serta menurunkan angka kematian di Jatim akibat COVID-19.

Lebih lanjut Khofifah menambahkan, isi ulang oksigen gratis tidak lagi bersifat stasioner. Saat ini Pemprov telah meluncurkan mobile reaksi cepat untuk memberikan layanan gratis oksigen isi ulang yang saat ini di-stand by-kan di wilayah Madiun Raya. Kemungkinan Minggu (15/8) selain stasioner, akan disiapkan mobile isi ulang oksigen gratis di wilayah Kediri Raya.

“Jadi format-format untuk bisa jemput bola pada layanan-layanan isi ulang oksigen gratis akan terus kami lakukan. Sementara yang stasioner juga akan tetap disiapkan. Terima kasih kepada Kadin Indonesia atas support-nya yang luar biasa dalam memberikan bantuan oksigen kepada masyarakat Jatim melalui Pemprov. Saat ini oksigen dan silinder oksigen menjadi hal yang penting dalam penanganan COVID-19,” imbuhnya.

Baca Juga |  7 Desa Wisata Penyangga Borobudur Highland, dapatkan Pelatihan Khusus dari BOB

Dalam acara tersebut, bantuan dari Kadin diserahkan oleh Wakil Ketua Umum Bidang Kelautan dan Perikanan Kadin Indonesia Joseph Pangalila, yang mewakili Ketum Kadin Indonesia. Tampak dua truk tangki besar mengangkut isotank berisi oksigen cair dan satu kontainer mengangkut tabung oksigen dan regulator.

Follow WhatsApp Channel tvdesanews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 25 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Daerah

Beri Tausiyah Subuh di Masjid Baiturrahmah Agam, Mahyeldi Ingatkan Orang Tua Jangan Tinggalkan Generasi Lemah

Kabar Daerah

Bawaslu Bone Bolango ; Forum Warga Wadah Pengawasan Partisipatif Masyarakat dalam Pemilukada Serentak 2024

Kabar Daerah

10 Desa Wisata Terbaik Labuan Bajo Ikuti Pelatihan Beti Dewi

Kabar Daerah

Gubernur Mahyeldi Hadiri Pelantikan Rektor Baru Universitas Metamedia*

Kabar Daerah

Terhambat Geografis dan Keamanan, Dana Desa Tahap I di Tolikara Tetap Sukses Mengalir

Kabar Daerah

Bantuan Pembangunan Saluran Pembuangan 1500 Meter Senangkan Petani Dusun Karanganyar

Kabar Daerah

Para Artis Ini Bawa Semangat Baru bagi Desa-Desa di Jawa Tengah dan Jawa Timur

Kabar Daerah

UMKM Desa Plosokerep Naik Kelas dengan Digital Marketing dan Marketplace