Home / Kabar Daerah

Jumat, 10 Mei 2024 - 10:27 WIB

Desa di Sumbar, Bersiap Menuju Wisata Halal Oktober 2024

Ali Akbar - Penulis

Bimbingan Teknis Sadar Wisata bagi Pengelola Kelompok Sadar Wisata di Sumatera Barat, Kamis (09/05), di Hotel Truntum Padang.

Bimbingan Teknis Sadar Wisata bagi Pengelola Kelompok Sadar Wisata di Sumatera Barat, Kamis (09/05), di Hotel Truntum Padang.

TVDesa – Padang Pariaman : Seluruh Desa Wisata di Sumatera Barat wajib halal pada bulan Oktober 2024.

Demikian penjelasan Drs. Luhur Budianda, SY., M.Si – Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat dalam kegiatan Bimbingan Teknis Sadar Wisata bagi Pengelola Desa Wisata di Sumatera Barat, Kamis (09/05) dimulai sejak pukul 08.30 – 16.30 WIB. Kegiatan ini dilaksanakan di Hotel Truntum, Kota Padang.

Dalam sambutannya, Gubernur Sumatera Barat Buya Mahyeldi Ansyarullah berpesan agar seluruh pengelola pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) memperhatikan kebersihan, keselamatan, kesehatan dan keberlanjutan.

“Wisata Sumatera Barat adalah andalan kita hari ini, hari yang lalu dan juga masa waktu yang akan datang. Karena ini akan menggerakkan ekonomi kita dalam waktu yang cepat dan kemudian juga akan bisa meningkatkan kesejahteraan kita dalam waktu yang pendek.”

Baca Juga |  Polsek Muara Telang Salurkan Sembako Untuk Masyarakat Yang Terpapar Covid -19

Selanjutnya, “Oleh sebab itu kepada seluruh Kelompok Sadar Wisata di Sumatera Barat, mari betul-betul kelola objek wisata yang ada di daerah kita masing-masing yang di bawah kewenangan pokdarwis, kebersihannya, keamanannya, kesehatannya dan kemudian juga keberlanjutan dari pada desa wisata itu,” pungkas Buya Mahyeldi.

Dalam kesempatan ini Buya Mahyeldi mengajak seluruh peserta yang hadir berikrar menuju Desa Wisata Halal pada Oktober 2024.

“Saya Mahyeldi Ansyarullah, Gubernur Sumatera Barat bersama Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Provinsi Sumatera Barat mendukung Program Wajib Halal Oktober 2024.”

Narasumber  yang hadir, diantaranya: Ritno Kurniawan – praktisi pariwisata selaku pengelola Desa Wisata Nyarai. Tema yang diusung, “Aplikasi Sadar Wisata melalui Konsep CBT di Desa Wisata”.

Baca Juga |  Kapolri Resmikan Gedung Baru Ponpes Assalam Sekaligus Tinjau Vaksinasi se-Jawa Barat

Narasumber lainnya, Dr. Ikrar Abdi, S.Ag., M.Ag dengan tema, “Kampanye Halal untuk Pelaku Usaha Pariwisata di Desa Wisata”.

Sedangkan narasumber Vembi  Fernando, ST., dari media infosumbar.net membawakan tema, “Pemanfaatan Media Sosial untuk Memaksimalkan Promosi Desa Wisata”.

Peserta yang hadir sebanyak 500 orang, terdiri dari 144 Desa Wisata di 10 kabupaten/kota Sumatera Barat. Diantaranya: Kabupaten Pesisir Selatan, Kabupaten Solok, Kabupaten Sijunjung, Kabupaten Padang Pariaman, Kabupaten Solok Selatan, Kabupaten Dharmasraya, Kota Padang, Kota Solok, Kota Sawah Lunto dan Kota Pariaman.

Follow WhatsApp Channel tvdesanews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 92 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Daerah

Dana Desa Transparan: Bombana Sosialisasikan Pentingnya Pengawasan

Kabar Daerah

Perang Stunting di Mukomuko: Rp13 Miliar Dana Desa Siap Digunakan

Kabar Daerah

HUDA Sumbar Diharapkan Isi Kekurangan Penceramah

Kabar Daerah

Ngopi Literasi: Membaca Dan Menulis Sama Pentingnya

Kabar Daerah

1.500 Pendamping Desa NTT Siap Sukseskan PIN Polio

Kabar Daerah

Pendamping Desa di NTT: Garda Terdepan Sukseskan PIN Polio

Kabar Daerah

Cegah Generasi Lemah, Gubernur Sumbar Minta Orang Tua Penuhi Tanggung Jawab

Kabar Daerah

Bersama Bawaslu, Forum Warga Bone Bolango Pantau Pemilu 2024