Home / Kabar Daerah

Selasa, 14 September 2021 - 10:40 WIB

Desa Digital, Sekar Biru lebih dulu percepatan Digitalisasi

Dwi Aprianto - Penulis

TV News –  Bangka Barat : Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kab. Bangka Barat melaksanakan kegiatan Percepatan Digitaliasi Desa Digital/Desa Online di Operasional Room II (OR II) Setda Kab. Bangka Barat, (14/9/2021).

Dalam paparannya,”Desa dituntut berpartisipasi mengikuti kemajuan teknologi dengan mengurangi kesenjangan digital melalui pengembangan desa digital,” tutur Winda selaku Kabid Pemberdayaan Masyarakatdan Desa Dinas Sosial PMD Kab. Bangka Barat.

Di era digital seperti saat ini, desa dituntut untuk mempu beradaptasi dengan berbagai aplikasi. Misalkan, Sistem Informasi Desa (SID), Website desa dengan domain, Sistem Keuangan Desa (Siskeudes), Sistem Akutansi dengan Teknologi Informasi (SAKTI), pemetaan digital, Aplikasi e – Commerce dan lain sebagainya.

Baca Juga |  Ridwan Kamil: Ini Cara Tinggal di desa, Rezeki Kota
Suasana Kegiatan Percepatan Desa Digital Kab. Bangka Barat

Desa Sekar Biru Kec. Parit Tiga, merupakan desa yang menerapkan desa digital dengan promosi potensi desa melalui website. Melalui Desa Digital, Pusdatin Kemendes PDTT menobatkan PAUD Gratis Desa Sekar Biru sebagai Inovasi Desa (2018). Peraih BI Award, promosi Petani Desa melalui website (2019). Dana Stimulan Pendanaan oleh BI kepada Kelompok Wanita Tani senilai Rp.100.000.000,- (2020). Digaet stakeholder oleh PT.Timah penyusunan masterplan untuk UMKM dan Penobatan Nominasi Desa CANTIK (Cinta Statistik) oleh BPS (2021). “Kedepannya, Desa Sekar Biru akan terus mengembangkan Desa Digital.” Ujar Erwin, Kepala Desa Sekar Biru sebagai narasumber.

Baca Juga |  Pemkab Nias Selatan Gelar Serbuan Vaksin Massal

Arah komunikasi desa di era digital, harus mampu memberikan kemudahan akses informasi dan komunikasi. Kehadiran internet dengan basis digital mengubah pola tersebut, sehingga masyarakat mudah mengakses kapan pun dan dimana pun.

Akses internet juga diharapkan dapat mendorong Badan Usaha Milik Desa(BUMDes) dalam mempromosikan produk-produk unggulannya menggunakan saluran e-commerce atau market place.

“Pada gilirannya kesejahteraan masyarakat akan meningkat melalui inovasi digital. diharapkan semua pelayanan informasi dan kependudukan akan dapat dilayani dengan mudah.” diakhir paparan Kabid Pemberdayaan Masyarakat dan Desa.

 

 

Berita ini 93 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Daerah

293 Kepala Desa se-Banyumas Menerima SK Perpanjangan Masa Jabatan dari Pj Bupati Banyumas

Kabar Daerah

Stakeholder Sumbar Diharapkan Terus Berkolaborasi Menjaga Lingkungan

Kabar Daerah

Gubernur Sumbar Wacanakan Normalisasi Sungai di Ngarai Sianok

Kabar Daerah

Libatkan Warga Desa Pugaan, Tabalong Kembangkan Benih Ikan Gabus

Kabar Daerah

Pj Bupati Barito Utara Lantik Pj Kepala Desa Muara Wakat

Kabar Daerah

Pemkab Banjar Tingkatkan Kapasitas Aparatur Desa

Kabar Daerah

Bupati Demak Serahkan SK Perpanjangan Masa Jabatan Kepala Desa

Kabar Daerah

Kerjasama TNI-Pemda, Ribuan RTLH di Kabupaten Bangka Segera Direhab