Home / Kabar Daerah

Selasa, 9 Juli 2024 - 06:15 WIB

Desa Ilung HST Raih Juara II Lomba SDGs Nasional!

@ADMIN 1 - Penulis

TVDesa – Hulu Sungai Tengah : ┬áDesa Ilung di Kecamatan Batang Alai Utara (Batara), Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Kalimantan Selatan (Kalsel), menorehkan prestasi membanggakan dengan meraih Juara II dalam Lomba Sustainable Development Goals (SDGs) tingkat nasional. Capaian gemilang ini diraih pada Senin (8/7/2024), yang diselenggarakan oleh Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendesa PDTT).

Bupati HST, Aulia Oktafiandi, menyambut gembira prestasi Desa Ilung ini. Ia berharap prestasi ini dapat menjadi motivasi bagi desa-desa lain di wilayahnya untuk terus meningkatkan pembangunan demi kesejahteraan masyarakat. “Semoga Desa Ilung dapat menjadi motivasi bagi desa-desa lain di Kabupaten HST untuk terus mengembangkan kemajuan desa yang berdampak positif bagi kesejahteraan masyarakat,” ujar Aulia, dilansir dari Kompas.com pada Senin (6/7/2024).

Apresiasi juga disampaikan Aulia kepada semua pihak yang telah mendukung Desa Ilung dalam upaya mereka membangun desa secara berkelanjutan sesuai dengan tujuan SDGs. Dukungan tersebut mengantarkan Desa Ilung meraih peringkat kedua di tingkat nasional.

Baca Juga |  Wakil Bupati Simalungun Pimpin Rapat Anev Kinerja dan Capaian Vaksin,: "Mari dekatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Alhamdulillah, Desa Ilung menjadi juara II dalam Lomba SDGs Desa Tingkat Nasional 2024,” imbuhnya.

Pencapaian ini sesuai dengan pengumuman dari Badan Pengembangan dan Informasi Desa, Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (BPI-DTT) Kemendesa PDTT Nomor: 264/PRI.05.VII/2024 tentang Penetapan Hasil Seleksi Tahap Lima Lomba SDGs Desa Tahun 2024.

Kerja Keras dan Dukungan Berkelanjutan Membuahkan Hasil

Di kesempatan yang sama, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten HST, Eddy Rahmawan, menyampaikan rasa syukur atas penghargaan tingkat nasional yang diraih oleh Desa Ilung. Ia menyatakan bahwa penghargaan tersebut merupakan hasil dari kerja keras seluruh jajaran pemerintah desa dan masyarakat di Desa Ilung, serta dukungan penuh dari Bupati HST Aulia Oktafiandi dan Gubernur Kalsel Sahbirin Noor.

“Keberhasilan ini juga tak lepas dari dukungan berkelanjutan yang diberikan oleh Gubernur Kalsel Sahbirin Noor, melalui Dinas PMD Provinsi Kalsel. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalsel terus mendorong capaian target pada setiap indikator SDGs,” ujar Eddy.

Baca Juga |  Ruang Kelas PAUD Kurang Layak, Pembelajaran Tetap Dimulai

Sebelum Desa Ilung meraih Juara II Lomba SDGs, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HST mengajukan 21 desa. Setelah melalui proses seleksi yang ketat, dua desa terpilih mewakili Kalimantan, yaitu Desa Pandawan dan Desa Ilung.

“Proses ini berlangsung sekitar enam bulan hingga akhirnya Desa Ilung ditetapkan sebagai Juara II Lomba SDGs Desa Tingkat Nasional 2024,” jelas Eddy.

Prestasi membanggakan ini menjadi bukti nyata komitmen dan kerja keras Desa Ilung dalam mewujudkan pembangunan desa yang berkelanjutan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Desa Ilung patut menjadi contoh dan inspirasi bagi desa-desa lain di Indonesia untuk terus berinovasi dan berkarya demi kemajuan bangsa.

Follow WhatsApp Channel tvdesanews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 3 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Daerah

13 Desa di Nias Utara Jadi Pelopor Perlindungan Jaminan Sosial Perangkat Desa

Kabar Daerah

Perkuat Ukhuwah dan Pencerahan Melalui Safari Dakwah Aswaja di Desa Talumopatu

Kabar Daerah

Mahyeldi : Sumbar Masih Kekurangan Dokter

Kabar Daerah

Botram Hadir di Desa Ciantra: Layanan Publik Makin Dekat dan Intens

Kabar Daerah

Satu Dasawarsa UU Desa, Kades Situbondo Rayakan Perpanjangan Masa Jabatan dengan Syukuran

Kabar Daerah

41 Sekdes di Garut Terima NIPD, Bukti Pengakuan Peran Perangkat Desa

Kabar Daerah

Banyuwangi Ethno Carnival 2024: Memukau dengan Keindahan Desa dan Budaya

Kabar Daerah

Kai Bulang: Inovasi Aplikasi Bantu Asistensi Penyertaan Modal BUMDes di Balangan