Home / Kabar Desa

Kamis, 19 Januari 2023 - 10:15 WIB

Desa Jangrana Tetapkan Daftar Penerima BLT Dana Desa Tahun 2023

Ali Mas'adi - Penulis

TV Desa – Cilacap : Percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem merupakan bagian dari prioritas penggunaan dana desa tahun 2023 Desa Jangrana, Kecamatan Kesugihan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 201/PMK.07/2022 tentang Pengelolaan Dana Desa maka anggaran untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) paling sedikit 10 % (sepuluh persen) dan paling banyak 25 % (dua puluh lima persen).

Pemerintah desa Jangrana menindaklanjuti dengan proses verifikasi calon keluarga penerima manfaat BLT menggunakan data keluarga miskin yang berdomisili di Desa dan terdaftar dalam keluarga desil 1 data pensasaran percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem, juga keluarga desil 2 sampai dengan desil 4. Kemudian hasil verifikasinya menjadi bahan dalam Musyawarah Desa.

Baca Juga |  Dana Desa Rp 44,2 Triliun untuk 6.500 Gampong di Aceh, Pj Gubernur Minta Pengelolaan Maksimal

“Kita telah mengadakan MusDes (Musyawarah Desa) Validasi, Finalisasi dan Penetapan KPM BLT DD Tahun 2023 Desa Jangrana bersama dengan Pemerintah Desa Jangrana dan Unsur Masyarakat sesuai dengan peraturan yang berlaku dan tujuannya untuk percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem di desa kami,” papar Khusni Mubarok, Ketua BPD (Badan Permusyawaratan Desa) selaku Pimpinan musyawarah desa, Rabu (18/1/2023).

Suasana Musyawarah Desa

Hasil musyawarah desa, 51 (lima puluh satu) KPM, akan ditindaklanjuti oleh Kepala Desa untuk dituangkan dalam peraturan.

Baca Juga |  Kades Desa Durian Daun Ajak Masyarakatnya Bersatu

“Saya akan menindaklanjuti hasil musyawarah desa penetapan KPM BLT DD Tahun 2023 dengan membuat peraturan kepala desa atau keputusan kepala desa,” tutur Towil Al Baha, Kepala Desa Jangrana.

Pendamping Desa kecamatan Kesugihan, Ali Mas’adi, saat fasilitasi musyawarah desa juga mengingatkan kembali tentang prioritas penggunaan dana desa tahun 2023.

“Penanggulangan kemiskinan ekstrem merupakan salah satu prioritas yang tercantum dalam Peraturan Menteri Desa PDTT Nomor 8 Tahun 2022 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2023,” pungkasnya.

 

Follow WhatsApp Channel tvdesanews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 236 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Desa

Cisaat Masuk 50 Besar ADWI 2024, Siap Menjadi Desa Wisata Edukasi Berkelas Dunia

Kabar Desa

Pasar Simpang Tiga Bangkit Kembali Di Bawah Pengelolaan Desa

Kabar Desa

Kidung Buhun dan Semangat Gotong Royong Warnai Babarit Lembur Desa Cageur

Kabar Desa

Mainai Optimalkan Dana Desa Untuk Benih Jagung dan Pupuk Cair

Kabar Desa

Dana Desa Bawai: Jalan Mulus, MCK Baru, dan Kesejahteraan Meningkat

Kabar Desa

Tenongan : Tradisi Yang Masih Lestari Hingga Saat Ini

Kabar Desa

Empat Desa di Abang Laksanakan Nyepi Adat, Sekolah dan Toko Tutup

Kabar Desa

Cipakat Maju Menuju Desa Sadar Hukum: Wujudkan Masyarakat Patuh Hukum